Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Merenggangkan Hubunganmu dengan Keluarga

Menjaga hubungan baik dengan keluarga itu wajib!

Memiliki hubungan baik dengan keluarga merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan. Namun dalam sebuah keluarga, terkadang pasti ada beberapa pertentangan yang bisa saja membuat satu sama lain bertengkar. Ketika hal itu terjadi, alhasil hubungan keluarga pun menjadi renggang dan akan timbul sebuah rasa canggung saat sedang berinteraksi.

Namun hubungan keluarga yang renggang itu tidak hanya disebabkan oleh permasalahan berat saja, kok! Sebenarnya ada beberapa tindakan sepele yang bisa membuat hubunganmu dan keluarga menjadi tidak harmonis. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal apa saja yang dimaksud, simak pembahasan ini baik-baik!

1. Jika sedang makan, kamu lebih senang menyendiri di kamar daripada bersama keluarga

5 Hal yang Bisa Merenggangkan Hubunganmu dengan KeluargaIlustrasi makan (pexels.com/andrea piacquadio)

Siapa nih yang sering banget memilih untuk menyendiri ketika sedang makan di rumah? Meskipun kelihatannya sepele, namun kegiatan makan bersama keluarga dapat mengeratkan hubungan. Namun jika kamu cenderung menghindari hal tersebut, maka tidak akan ada sesi berbagi cerita dengan keluarga sehingga hubungan menjadi renggang.

Ingatlah bahwa terkadang kamu perlu memaksakan diri untuk tetap menjaga hubungan baik dengan cara mempertahankan kegiatan makan bersama. Oleh karena itu mulai sekarang coba deh ajak ayah, ibu, ataupun saudara kandungmu untuk terbiasa makan bersama di satu meja.

2. Kamu lebih banyak menghabiskan waktu bermain gawai ketika di rumah

5 Hal yang Bisa Merenggangkan Hubunganmu dengan KeluargaIlustrasi bermain gawai (pexels.com/RODNAE Productions)

Untuk mengisi kekosongan jadwal, terkadang kamu pasti menghabiskan sisa-sisa waktu dengan bermain gawai. Entah itu bermain game ataupun berselancar di media sosial, kedua hal tersebut bisa membuatmu menatap layar HP sampai lupa waktu.

Jika hal itu diteruskan, maka kamu pasti akan melupakan waktu bersama keluarga. Alhasil kamu pun akan jarang mengobrol sebab terlalu sibuk dengan gawai. Coba kurangi penggunaan gawaimu dan mulai bangun kembali hubungan baik dengan keluarga.

Baca Juga: Gak Susah Kok! 5 Hal Ini Justru Kunci Harmonisnya Hubungan Keluarga

3. Ketika hari libur, kamu hanya berfokus untuk mengistirahatkan tubuh ketika weekend

5 Hal yang Bisa Merenggangkan Hubunganmu dengan KeluargaIlustrasi tidur (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Setelah hampir seminggu bekerja ataupun kuliah, kamu pasti berpikiran untuk menghabiskan waktu di weekend dengan bersantai. Hal itu ditujukan agar energi dan pikiranmu bisa segar kembali. Namun ingatlah bahwa sebenarnya weekend merupakan waktu untuk keluarga.

Seharusnya kamu harus menghabiskan waktu weekend-mu untuk melakukan hal-hal yang menarik bersama keluarga agar chemistry bisa terbangun. Oleh karena itu mulai sekarang ketika weekend, coba deh sempatkan untuk melakukan quality time bareng keluarga selagi mereka masih bersamamu.

4. Kamu sudah jarang bercerita terkait permasalahan hidupmu kepada orang-orang rumah

5 Hal yang Bisa Merenggangkan Hubunganmu dengan KeluargaIlustrasi merenung (pexels.com/william choquette)

Bagi sebagian orang, menceritakan permasalahan hidup kepada keluarga adalah hal yang rumit. Biasanya orang semacam itu akan beralasan untuk tidak menambah beban keluarga sehingga tak ingin berbagi cerita. Namun ingatlah bahwa sejatinya keluarga merupakan satu-satunya tempatmu untuk kembali.

Jangan pernah gengsi untuk menceritakan semua permasalahan hidupmu kepada mereka agar rasa empati satu sama lain bisa terbangun. Jika terbiasa bercerita, kamu pasti menganggap bahwa keluarga adalah satu-satunya tempat ternyaman untuk pulang ketika hidup terasa berat.

5. Ketika sedang merantau, kamu jarang menghubungi orang-orang rumah dengan alasan sibuk

5 Hal yang Bisa Merenggangkan Hubunganmu dengan KeluargaIlustrasi sibuk (pexels.com/anna shvets)

Bagi seorang anak yang ingin meraih kesuksesan, kamu pun memutuskan untuk merantau sehingga berada jauh dari rumah dan keluarga. Ketika hal itu terjadi, kamu terkadang merasa sangat senang karena bisa bebas melakukan apa saja sebab tidak ada orang tua yang melarang.

Meskipun hal itu memang benar adanya, terkadang kamu perlu memberi batasan kepada diri sendiri agar tetap berfokus pada tujuan awal. Salah satu caranya adalah tetap rutin menghubungi orang-orang rumah meskipun sekadar menanyakan kabar. Hal itu juga ditujukan agar hubunganmu dengan keluarga tetap terjaga meskipun saling berjauhan.

Selagi masih memiliki keluarga yang utuh, sebisa mungkin cobalah untuk menjaga keharmonisan terhadap sesama. Mulai sekarang yuk buang kelima kebiasaan di atas agar kamu dan keluarga bisa akrab satu sama lain!

Baca Juga: 7 Cara Agar Romantisme Pernikahan & Hubungan Keluarga Tetap Seimbang

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya