Comscore Tracker

5 Tips Penting untuk Kamu yang Baru Saja Menjadi Sosok Ayah

Mengurus bayi itu menyenangkan! #IDNTimesLife

Kehadiran sosok buah hati kerap menjadi momen yang paling ditunggu oleh setiap pasangan. Bagi mayoritas para ayah muda yang sedang menunggu kelahiran anak pertamanya tentu saja masih minim pengalaman. Tidak semua hal nantinya setelah buah hati lahir semua urusan diserahkan kepada istri, karena para suami juga harus tahu beberapa hal yang dapat membantu untuk berbagi tugas di dalam rumah. 

Berikut beberapa tips yang dapat membantumu mempersiapkan diri untuk menjalani peran baru sebagai seorang ayah

1. Persiapkan mental dan fisik

5 Tips Penting untuk Kamu yang Baru Saja Menjadi Sosok Ayahilustrasi ayah dan anak (unsplash/heike mintel)

Pada minggu-minggu pertama paska kelahiran, suami harus berinisiatif untuk membantu istri yang kondisinya masih lemah. Kamu bisa membantu dengan meringankan pekerjaan domestik yang biasa dilakukan istri untuk meringankan tugasnya. 

Urusan bersih-bersih peralatan makan atau sekedar mencuci pakaian bayi bisa kamu lakukan sementara istri fokus pada menjaga anak. Ini akan sangat melelahkan apabila tidak terbiasa tapi kamu akan mendapat kepuasan demi merawat sang buah hati. 

2. Jaga kebersihan badan

5 Tips Penting untuk Kamu yang Baru Saja Menjadi Sosok Ayahilustrasi membersihkan diri (unsplash/nathan dumlao)

Bagi para ayah yang bekerja dan tidak bisa mengambil cuti dari pekerjaan ketika anak baru lahir harus lebih memperhatikan kebersihan badan. Terlebih dengan banyak berinteraksi di luar rumah sehingga akan membawa banyak debu dan kotoran yang menempel di baju atau anggota badan. 

Segeralah untuk membersihkan badan dan mengganti pakaian yang bersih ketika sampai di rumah. Jangan langsung berinteraksi dengan anak baik itu mencium atau sekedar menyentuhnya. Setelah semua bersih barulah berinteraksi atau bermain dengan anak dengan kondisi badan yang bersih karena niscaya anak akan merasa nyaman di dekat kita. 

Baca Juga: Gejala-gejala Anak yang Mengalami Stres Berat, Orangtua Wajib Tahu!

3. Perhatikan kondisi pasangan

5 Tips Penting untuk Kamu yang Baru Saja Menjadi Sosok Ayahilustrasi sebuah pasangan (unsplash/joshu michel)

Merawat bayi yang baru lahir tentu sangat menguras tenaga dan perhatian. Mulai dari kurang tidur dan pola makan yang tidak teratur akan sangat mengganggu jadwal jam biologis istri. Ini bisa menjadi pemicu stress bagi mereka. 

Kepekaan suami dituntut untuk lebih bisa memperhatikan kondisi istri selain juga bayi. Ada kalanya istri mendapati suami lebih memperhatikan anak. Pastikan istri juga mendapat atensi dan perhatian yang hangat dari suami untuk meringankan hari-harinya dalam mengurus anak. 

4. Waspadai sindrom baby blues

5 Tips Penting untuk Kamu yang Baru Saja Menjadi Sosok Ayahilustrasi ibu dan bayi (unsplash/kelly sikkema)

Pada tips sebelumnya di jelaskan di atas bahwa ibu paska melahirkan akan mengalami perubahan hormon. Ada sindrom yang di kenal bernama baby blues yang biasa menyerang para ibu. 

Dirinya adalah ibu mudah marah, gelisah, sulit berkonsentrasi, uring-uringan atau sedih. Tidak ada gejala pasti penyebabnya. Satu contohnya adalah ketika ibu sedang memberi ASI eksklusif kepada buah hati namun setelah itu buah hati malah muntah dan ini terjadi berulang. Kondisi ini membuat ibu merasa dirinya gagal untuk merawat. Tugas suami lah untuk memberi dukungan, perhatian dan membesarkan mental kepada istri untuk sama-sama mengambil peran dalam membesarkan anak. 

5. Tetapkan jam tidur bayi seiring bertambah usia

5 Tips Penting untuk Kamu yang Baru Saja Menjadi Sosok Ayahilustrasi bayi sedang tidur (unsplash/minnie zhou)

Bayi yang baru lahir secara alamiah memang belum mempunyai jam tidur yang pasti. Kadang terjaga sepanjang malam diselingi tidur yang hanya sebentar. Tentu hal ini akan sangat merepotkan bagi para ayah dan ibu yang harus bekerja keesokan harinya yang membuat resiko kelelahan semakin besar. 

Hal ini tidak berlangsung lama apabila kamu mengetahui tipsnya. Memang pada bulan-bulan pertama kelahiran cenderung akan berjalan seperti itu. Tapi seiring bertambahnya usia hitungan bulan kamu perlu membuat suasana kamar ketika malam hari di buat gelap minim penerangan seperti suasana di luar rumah. Ini memberi pengertian kepada bayi bahwa malam adalah waktunya dia tidur. Kedengarannya sepele tapi ini akan membuat hidupmu jauh lebih mudah untuk mengurus dan bagus bagi perkembangan bayi karena waktu istirahat yang cukup serta memberikan banyak energi bagi orang tua keesokan harinya. 

Proses mengasuh bayi harusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan dalam fase kehidupan berumah tangga dan suatu saat kamu akan merindukan momen itu dalam hidupmu. Praktikan tips ini dalam hidupmu ya! 

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Dikhawatirkan Orangtua tentang Anak, Kamu Gini Juga?

Yudha Setyawan Photo Writer Yudha Setyawan

Penggemar budaya pop

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya