Comscore Tracker

5 Tantangan yang Akan Diperoleh apabila Tinggal Serumah dengan Ipar

Penting untuk mampu mengatasi kesulitan yang mungkin terjadi

Memutuskan untuk berumah tangga memang bukanlah suatu keputusan yang mudah. Pasalnya, nyatanya ada banyak sekali pertimbangan yang harus siap untuk dipikirkan lagi sehingga tidak menimbukakn penyesalahan dan kesalahan di masa mendatangkan.
Salah satunya bila kamu menikah dengan kondisi finansial yang belum stabil.

Hal ini bisa saja mungkin membuatmu harus terpaksa menempatkan rumah masa kecil dan berbagi tempat tersebut dengan saudara ipar. Namun, hal itu ternyata dapat mendatangkan beberapa tantangan berikut ini dalam melakukannya.

1. Egoisme satu sama lain

5 Tantangan yang Akan Diperoleh apabila Tinggal Serumah dengan Iparilustrasi perselisihan (pexels.com/@liza-summer)

Hal pertama yang harus siap untuk dihadapi adalah mengenai keegoisan satu sama lain, entah dari dirimu atau ipar. Nyatanya kamu dan ipar pasti memiliki karakter tersendiri dan hal inilah yang juga membuatmu mudah mengalami konfliknya tersendiri.

Sikap egois tersebut nyatanya tak akan mengubah apa pun dari hidup, justru hanya akan menimbulkan ketidaknyamanan atas perbuatan sendiri. Komunikasi adalah hal yang akan membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah untuk diatasi sendiri.

2. Privasi tiap-tiap anggota keluarga

5 Tantangan yang Akan Diperoleh apabila Tinggal Serumah dengan Iparilustrasi berpose intim (unsplash.com/@sinileunen)

Kamu dan ipar memang merupakan saudara, namun bukan berarti tak sama-sama memiliki privasi. Privasilah yang justru menjadi poin terpenting dalam memberikan batasan yang jelas apabila terpaksa harus tinggal bersama saudara ipar.

Sayangnya, privasi inu sering kali terlanggar oleh salah satunya. Tentu saja ini yang kemudian akan mendatangkan konflik dan permasalahan di masa depan.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Privasi Satu Sama Lain dengan Saudara Ipar

3. Selera dalam urusan memasak

5 Tantangan yang Akan Diperoleh apabila Tinggal Serumah dengan Iparilustrasi memasak (unsplash.com/@jimmydean)

Ketika tinggal satu rumah dengan ipar, sering kali untuk kebutuhan memasak juga akan disatukan agar tak repot. Sayangnya, tidak semua orang memiliki selera yang sama dalam urusan makanan sehingga bisa menimbulkan masalah.

Perbedaan selera makan inilah yang bisa berisiko mendatangkan masalah meski terkesan hanya permasalahan sepele. Komunikasi menjadi kunci utama dalam nenyelesaikannya.

4. Permasalahan finansial

5 Tantangan yang Akan Diperoleh apabila Tinggal Serumah dengan Iparilustrasi uang (unsplash.com/@Jp_Valery)

Setiap orang memiliki kemampuan finansial yang berbeda-beda, termasuk antara dirimu dan ipar. Kemampuan finansial tersebutlah yang kemudian bisa menjadi bumerang tersendiri dalam berkonflik, apalagi jika didukung dengan posisi serumah bersama ipar sendiri.

Tak cukup sampai di situ, perbedaan finansial juga turut mendatangkan rasa egoisme, iri hati, hingga banyak hal lain yang bermuara pada konflik. Hal inilah yang kemudian memberikan tantangan tersendiri bagi banyak orang dalam menghadapinya.

5. Kebersihan rumah yang berbeda

5 Tantangan yang Akan Diperoleh apabila Tinggal Serumah dengan Iparilustrasi pembersih rumah (unsplash.com/@kellysikkema)

Pada saat tinggal satu rumah dengan ipar sendiri, sering kali banyak perbedaan hal yang bisa menjadi konflik. Salah satunya adalah mengenai kebersihan rumah dan tanggung jawab dalam menjaganya.

Hal ini mungkin tidak masalah apabila kamu dan ipar memiliki preferensi yang sama soal kebersihan, namun bisa jadi masalah bila preferensinya berbeda. Itulah mengapa sebaiknya hal tersebut dapat dikomunikasikan terlebih dahulu.

 

Ternyata tinggal serumah dengan saudara ipar sendiri memang tidak mengenakan. Bukan hanya karena rentan konflik, melainkan juga kamu jadi tak bisa berekspresi secara bebas. Sebaiknya tinggal di rumah sendiri, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Konflik dengan Saudara Ipar, Jaga Keharmonisan!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya