Comscore Tracker

5 Tips Jaga Privasi Satu Sama Lain dengan Saudara Ipar

Privasi adalah hal terpenting yang harus dijaga dengan baik

Ketika memutuskan untuk menjalani rumah tangga, maka urusan yang dimiliki kamu ternyata tak berhenti pada pasangannya saja. Namun, ternyata kamu juga memiliki urusan penting untuk dapat menjalin hubungan yang baik dengan keluarganya, termasuk saudara ipar.

Tak dapat dimungkiri bahwa hubungan dengan saudara ipar kerap kali dianggap sebagai hal yang sulit untuk diakurkan. Padahal kamu dan saudara ipar tentu saja bisa saling erat dan akur dengan menjaga privasi satu sama lain. Berikut tips jaga privasi dengan saudara ipar satu sama lain.

1. Memahami batasan yang dimiliki

5 Tips Jaga Privasi Satu Sama Lain dengan Saudara Iparilustrasi berpikir (unsplash.com/@anthonytran)

Hal pertama yang perlu diketahui adalah mengenai batasan yang dimiliki olehmu dan saudara ipar. Batasan ini sebenarnya cukup jelas, sebab menjadi tanda untuk tak saling melewatinya.

Dengan adanya batasan tersebut, maka segala tindakan dan ucapan yang dilakukan tentu tidak melewati aturan yang ada. Dengan demikian, maka kamu dan saudara ipar juga akan minim risiko untuk terlibat konflik hingga bertengkar.

2. Tidak ikut campur urusan pribadi masing-masing

5 Tips Jaga Privasi Satu Sama Lain dengan Saudara Iparilustrasi para saudara ipar (pexels.com/@Hannah_Nelson)

Antara kamu dan saudara ipar tentunya masing-masing memiliki urusan pribadi tersendiri. Urusan personal ini bisa berkaitan dengan finansial hingga kualitas hubungan keluarga yang dimiliki.

Meski mungkin tak selalu berjalan baik dan kerap menemukan masalah, namun sebaiknya tak perlu ikut campur mengenai urusan personal masing-masing. Jika terlalu ikut campur, maka justru hanya akan membuat hubungan antara dirimu dan saudara ipar semakin berantakan.

3. Menghormati keberadaan satu sama lain

5 Tips Jaga Privasi Satu Sama Lain dengan Saudara Iparilustrasi keluarga (unsplash.com/@Clayton_Cardinalli)

Apa pun perbedaan karakteristik dan pendapat yang dimiliki olehmu, serta saudara ipar, namun rasa hormat tetap harus senantiasa ditanamkan. Bagaimana pun juga, statusmu dan ipar adalah keluarga, sehingga keberadaan satu sama lain tetap terasa penting.

Dengan menghormati keberadaan satu sama lain, maka nantinya akan ada kemudahan untuk menjalani hubungan kekeluargaan yang lebih baik. Jangan sampai kamu justru acuh dan seakan membuat hubungan keluarga jadi terasa sulit akur.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Konflik dengan Saudara Ipar, Jaga Keharmonisan!

4. Tidak tinggal dalam satu rumah

5 Tips Jaga Privasi Satu Sama Lain dengan Saudara Iparilustrasi saudara ipar (pexels.com/@Jeff_Vinluan)

Entah dipercaya atau tidak, nyatanya tinggal satu rumah dengan saudara ipar jelas memiliki risiko. Hal ini semakin sulit apabila antara kamu dan saudara ipar saling bertolak belakang untuk urusan sifat, serta karakter.

Jika disatukan dengan cara tinggal dalam satu rumah, rasanya akan sangat sulit untuk senantiasa akur. Hal ini justru hanya akan membuat suasana rumah menjadi tak menyenangkan.

5. Tidak usil mengomentari satu sama lain

5 Tips Jaga Privasi Satu Sama Lain dengan Saudara Iparilustrasi mengobrol (unsplash.com/@Kate_Kalvach)

Antara kehidupanmu dan saudara ipar tentu memiliki masalah tersendiri. Rasanya sulit jika sampai tak memiliki persoalan sama sekali, sehingga tentunya hal ini bisa disimpan sebagai urusan personal.

Sayangnya justru akan sangat sulit jika memiliki saudara ipar yang justru usil mengomentari urusan personal satu sama lain. Dampaknya jelas akan membuat hubunganmu dan saudara ipar jadi berantakan, serta mudah terlibat cek cok.

Ternyata memang ada banyak hal penting yang harus diperhatikan jika ingin memiliki hubungan akur dengan saudara ipar. Jangan sampai antara kamu dan saudara ipar justru mengalami kesulitan tersendiri untuk sekadar dekat dan menjalani hubungan baik. Terapkan tips jaga privasi dengan saudara ipar seperti di atas, ya.

Baca Juga: 5 Penyebab Kamu Sulit Akur dengan Saudara Ipar, Perbaiki Hubungannya!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya