Comscore Tracker

5 Tips Atasi Konflik Saat Gaji Istri Lebih Besar dari Suami

Tetap jalin komunikasi yang baik agar tak jadi pertengkaran

Urusan rumah tangga memang memiliki banyak hal kompleks yang melingkupinya. Tak hanya berkaitan dengan pembagian tugas saja, melainkan juga dengan urusan keuangan satu sama lain.

Seorang suami tentunya memiliki peran yang kuat untuk bertanggung jawab atas kebutuhan keluarganya. Namun, hal yang berbeda justru bisa saja terjadi apabila pendapatan istri justru lebih besar dibandingkan suami.

Untuk menghindari konflik yang mungkin saja terjadi karena hal ini, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan oleh pasangan.

1. Keterbukaan akan finansial satu sama lain

5 Tips Atasi Konflik Saat Gaji Istri Lebih Besar dari SuamiIlustrasi menghitung uang (Unsplash/Sharon McCutcheon)

Keterbukaan dalam komunikasi mejadi poin terpenting yang harus dijaga satu sama lain. Sebaiknya hindari kerahasiaan antara dirimu dengan pasangan.

Salah satu hal yang harus penuh keterbukaan adalah urusan finansial. Kamu dan pasangan juga tak ada salahnya untuk saling mengetahui pendapatan masing-masing. Hal ini untuk menghindari adanya kecurigaan.

2. Menjaga harga diri suami agar tetap percaya diri

5 Tips Atasi Konflik Saat Gaji Istri Lebih Besar dari SuamiIlustrasi pasangan muda tersenyum (Unsplash/Shawn Tung)

Kadang kala tak semua suami memiliki hati yang besar untuk menerima fakta bahwa sang istri memiliki pendapatan yang lebih besar darinya. Disini lah istri harus ikut berperan dalam memastikan bahwa hal ini tidak sampai menimbulkan konflik.

Istri juga perlu menjaga harga diri suami dengan memberikannya kepercayaan diri yang kuat. Tidak bersikap seenaknya karena merasa memiliki pendapatan yang lebih besar.

Baca Juga: 5 Sudut Pandang yang Kurang Tepat soal Gaji, Coba Diubah, Yuk!

3. Tidak saling meremehkan

5 Tips Atasi Konflik Saat Gaji Istri Lebih Besar dari SuamiIlustrasi pasangan bertengkar (Pexels/Alex Green)

Suami dan istri pada dasarnya memiliki peranan yang berbeda-beda dalam urusan rumah tangga. Meskipun penghasilan suami mungkin lebih kecil dibandingkan istri, namun tetap saja status kepala keluarga akan tetap dipegang oleh suami.

Jangan sampai saling memandang sebelah mata terhadap satu sama lain. Sikap meremehkan tidak akan memberikan rasa tentram pada hubungan pernikahan. Oleh sebab itu, hormatilah pasanganmu dengan baik.

4. Membagi pengeluaran sesuai kesepakatan dengan bijak

5 Tips Atasi Konflik Saat Gaji Istri Lebih Besar dari SuamiIlustrasi menghitung uang (Pexels/Karolina Grabowska)

Dalam urusan rumah tangga tentunya komunikasi menjadi hal paling dasar yang harus dijaga. Tanpa adanya komunikasi yang baik, tentu saja hubungan tidak akan berjalan dengan baik.

Meskipun mungkin pendapatan istri jauh lebih besar dari suami, namun komunikasikan lah mengenai keputusan untuk saling membagi pengeluaran. Jangan saling memaksa dan mendorong satu sama lain. Carilah solusi yang terbaik dan bijak untuk hal ini.

5. Berdiskusi bersama untuk keputusan penggunaan finansial

5 Tips Atasi Konflik Saat Gaji Istri Lebih Besar dari SuamiIlustrasi pasangan sedang duduk (Pexels/Ketut Subiyanto)

Kadang kala banyak istri yang menganggap uangnya tak memiliki hubungan sama sekali dengan suami, sehingga dapat digunakan sesuka hati. Hal seperti ini keliru sebab semua penggunaan keuangan sebaiknya dibicarakan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Cobalah untuk saling berdiskusi apabila salah satu ingin menggunakan uang dalam jumlah besar untuk sesuatu. Saling libatkan satu sama lain untuk membuat keputusan penggunaan finansial dengan bijak, sehingga tidak saling curiga.

Tak ada yang salah bila pendapatan istri lebih besar dibandingkan suami. Hal yang terpenting adalah saling terbuka, menjaga komunikasi, dan menghormati satu sama lain. Jangan jadikan sebagai konflik, ya!

Baca Juga: 5 Ciri Istri yang Jadi Penentram Hati Suami, Bikin Suami Betah!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya