Comscore Tracker

5 Tips Persiapkan Budget untuk Liburan Bareng Keluarga, Gak Wacana!

Sesuaikan dengan kemampuan finansialmu, ya

Sebagian orang menggemari liburan sebagai bentuk melepas penat setelah lelah bekerja. Beragam destinasi wisata dapat dipilih untuk berlibur. Tergantung kemampuan finansial masing-masing orang.

Tak hanya berlibur bersama teman, kamu juga bisa mulai liburan dengan keluarga. Biaya liburan bareng keluarga jelas berbeda dari segi perencanaan.

Supaya liburanmu bareng keluarga aman dan lancar, kamu bisa mencoba tips perencanaan berikut ini, nih. Gak bikin kantong kering, liburan malah makin asyik!

1. Tentukan lokasi berlibur yang tepat

5 Tips Persiapkan Budget untuk Liburan Bareng Keluarga, Gak Wacana!Ilustrasi perempuan sedang berlibur (Pexels/Te lensFix)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan lokasi berlibur. Alasannya tentu saja karena lokasi yang ditentukan dapat memengaruhi biaya yang dikeluarkan.

Kamu bisa mendiskusikannya terlebih dahulu dengan keluarga mengenai lokasi berlibur yang akan dipilih. Melalui cara tersebut, perencanaan dan pembiayaannya juga bisa lebih terarah. Sesuaikan pula dengan bujet yang kamu miliki, ya.

2. Gunakan pendapatan di luar gaji utama

5 Tips Persiapkan Budget untuk Liburan Bareng Keluarga, Gak Wacana!Ilustrasi keuangan (Unsplash.com/Markus Spiske)

Berlibur bersama keluarga sejatinya adalah opsi yang tidak wajib. Meski tak wajib, namun kamu bisa melakukan liburan bersama mereka sesekali.

Untuk menabung, sebaiknya kamu menggunakan pendapatan di luar gaji utama. Dengan demikian, kebutuhan penting yang harus dipenuhi dari gaji utama tidak akan terganggu. Ingat, selalu rajin untuk menabung, agar liburanmu segera terealisasi.

3. Menghitung biaya liburan dengan cermat

5 Tips Persiapkan Budget untuk Liburan Bareng Keluarga, Gak Wacana!Ilustrasi manajemen keuangan (Unsplash.com/Estée Janssens)

Apabila kamu dan keluarga sudah menentukan lokasi berlibur, langkah selanjutnya adalah menghitung total biaya yang diperlukan. Tentunya hal ini harus dilakukan secara terperinci, agar semua tampak lebih jelas.

Melalui perencanaan total biaya liburan yang matang, kamu dan keluarga bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansial yang dimiliki. Dengan begitu, jumlah biaya yang dianggarkan dan yang akan dikeluarkan tidak selisih banyak.

Baca Juga: 6 Negara Ramah Anak yang Cocok untuk Destinasi Liburan Keluarga

4. Mencari tambahan bujet dengan ikut arisan

5 Tips Persiapkan Budget untuk Liburan Bareng Keluarga, Gak Wacana!Ilustrasi menghitung uang (Unsplash/Sharon McCutcheon)

Ada orang yang mudah menabung, namun ada pula yang kesulitan melakukan hal tersebut. Cara terbaik untuk mengakalinya adalah dengan mencari bujet tambahan. Salah satunya dengan ikut arisan.

Menabung dengan arisan bisa menjadi tips cermat untuk menyimpan uang dengan mudah. Dengan demikian, kamu dapat mengumpulkan bujet  liburan tanpa khawatir uangnya terpakai.

5. Kurangi membeli hal yang tak penting

5 Tips Persiapkan Budget untuk Liburan Bareng Keluarga, Gak Wacana!Ilustrasi berbelanja (Pexels/freestocks.org)

Saat menabung untuk berlibur bersama keluarga, terkadang kamu perlu mengikis ego untuk tidak boros. Hindari hal semacam ini kalau kamu tak ingin mengalami kesulitan dalam menabung.

Salah satu cara terhindar dari boros adalah dengan mengurangi keinginan untuk membeli barang yang tidak penting. Jika dirasa masih belum butuh, sebaiknya jangan dibeli. Atur keuanganmu sebaik mungkin agar tujuan berlibur bersama keluarga tercapai.

Semua tips di atas dapat kamu lakukan secara cermat agar dapat mewujudkan keinginan untuk berlibur bersama keluarga. Kalau sudah tahu caranya, atur keuangan sebaik mungkin, yuk!

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Atur Keuangan di Awal Bulan, Patut Diterapkan! 

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya