Comscore Tracker

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan pada Perkembangan Anak Usia Dini

Tumbuh kembang anak jadi bisa terus dipantau dengan baik

Memperhatikan tumbuh kembang anak tentu menjadi kewajiban yang perlu dilakukan oleh semua orang. Hal ini bahkan dimulai sejak anak lahir hingga nanti tumbuh dewasa.
Meski demikian, namun pertumbuhan anak akan terlihat secara pesat saat berusia dini.

Pada saat ini lah orangtua perlu memerhatikan bagaimana perkembangan anak. Untuk tetap berperan aktif dalam memperhatikan tumbuh kembang si kecil, maka orangtua dapat melihat beberapa hal penting berikut ini dari perkembangan anak di usia dini.

1. Perkembangan kemampuan komunikasi anak

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan pada Perkembangan Anak Usia DiniIlustrasi kemampuan komunikasi (Pexels/Trinity Kubassek)

Komunikasi anak biasanya akan sangat terlihat perbedaannya apabila dimulai dari usia dini. Hal ini dapat terlihat dari sejak anak memulai kata-kata pertamanya, hingga sering mengoceh.

Tentu saja hal penting ini tidak boleh terlewat dari orangtua untuk memastikan perkembangan komunikasi anak secara baik. Jangan sampai orangtua tidak menyadari bila anak memiliki masalah dalam cara berkomunikasinya.

2. Karakter anak dalam merespon orang lain

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan pada Perkembangan Anak Usia DiniIlustrasi ibu mengajarkan anak (Pexels/Pixabay)

Karakter anak bisa terbentuk melalui beragam cara yang berbeda, salah satunya berkaitan dengan lingkungan dan pola didik orangtua. Karakter ini lah yang nantinya akan terbawa bahkan hingga anak dewasa.

Orangtua tentu perlu memerhatikan perkembangan karakter anak, khususnya pada saat merespon orang lain. Cara ini untuk memastikan tidak ada hal keliru di dalamnya.

Baca Juga: 5 Tips Membeli Pakaian untuk Anak-Anak Jangan Sampai Gak Muat!

3. Cara anak bersosialisasi

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan pada Perkembangan Anak Usia DiniIlustrasi kehidupan sosial anak (Pexels/Archie Binamira)

Tiap anak memiliki cara yang berbeda-beda untuk dapat bersosialisasi dengan orang di sekitarnya. Ada anak yang cenderung mudah berbaur, namun ada pula yang sering menutup diri.

Memperhatikan cara bersosialisasi anak tentu sangat penting untuk memastikan tidak ada yang salah di dalamnya. Dengan cara sosialisasi yang tepat, maka anak jadi dapat mengenal lingkungan sosialnya dengan baik.

4. Kemampuan kognitif anak dalam mempelajari sesuatu

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan pada Perkembangan Anak Usia DiniIlustrasi kemampuan kognitif anak (Pexels/mentatdgt)

Kognitif anak akan berperan cepat dalam usianya yang masih kecil. Pada saat itu lah biasanya anak-anak akan mulai diajarkan untuk mengenal berbagai hal baru di sekitarnya.

Kemampuan kognitif ini juga tidak boleh terlewat dari fokus orangtua. Hal tersebut untuk memastikan anak tetap mampu belajar dengan baik.

5. Keterampilan dan bakat anak

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan pada Perkembangan Anak Usia DiniIlustrasi bakat dan keterampilan (Pexels/Sharon McCutcheon)

Bakat biasanya selalu dimiliki anak sejak kecil dan hal tersebut akan terus berkembang. Sayangnya tidak semua orangtua memahami dan mendukung bakat yang dimiliki anak.

Memperhatikan bakat dan keterampilan anak secara seksama akan membantunya dalam mempelajari hal baru dan meraih impiannya. Dampaknya tentu akan sangat baik bagi masa depan anak.

Ternyata ada banyak hal penting yang harus orangtua perhatikan dalam proses perkembangan anak. Oleh sebab itu, jangan sampai acuh dengan tumbuh kembang anak, ya!

Baca Juga: 5 Tanda yang Tunjukkan Anak sedang Stres, Orangtua Harus Tahu!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya