Comscore Tracker

5 Tips Menanamkan Nilai Nasionalisme pada Anak

Jangan sampai anak tumbuh tanpa rasa nasionalisme

Nasionalisme merupakan rasa bangga terhadap negara yang ditunjukan dengan beragam hal. Memiliki sikap nasionalisme yang tinggi sejatinya menjadi hal wajib bagi setiap warga negara yang ada, sebab rasa tersebut akan menentukan cara kita dalam menghormati setiap perjuangan yang pernah terjadi di negeri tercinta.

Sikap nasionalisme sejatinya harus diajarkan dan dibiasakan khususnya pada anak sejak mereka masih kecil. Cara ini dilakukan agar anak-anak dapat memahami esensi dari nasionalisme dan dapat menerapkannya dengan baik dalam keseharian mereka. Untuk menanamkan sikap nasionalisme pada anak, orangtua dapat mencoba beberapa cara penting yang berikut ini.

1. Mengajarkan cerita rakyat pada anak

5 Tips Menanamkan Nilai Nasionalisme pada Anakilustrasi anak dan ibu (pexels.com/@wildlittlethingsphoto)

Anak-anak berada pada usia yang sedang gelar mendengar berbagai cerita, entah itu mengenai fabel hingga fiksi. Orangtua dapat mencoba mengganti bacaan cerita anak dengan kisah-kisah rakyat yang berkembang di masyarakat dan tentu saja dengan nilai-nilai penting yang dapat dipetik di dalamnya.

Dengan membiasakan anak untuk mendengarkan cerita rakyat, maka akan membuat anak semakin mengenal negaranya dengan baik. Hal ini juga akan membentuk pola pikir anak dalam menggambarkan karakteristik yang dimiliki negara tercintanya.

2. Mengajak anak berdiskusi mengenai hal-hal nasionalisme

5 Tips Menanamkan Nilai Nasionalisme pada Anakilustrasi mengobrol dengan anak (pexels.com/@Pixabay)

Komunikasi yang terjalin antara anak dan orangtua haruslah dilakukan dengan sebaik mungkin. Cara dalam memelihara kualitas komunikasi tersebut dapat dilakukan dengan menjalin diskusi yang sehat bersama anak, meski pun bahan diskusinya dapat dikatakan sederhana atau bahkan termasuk topik yang simpel saja.

Orangtua dapat secara kreatif mengganti topik tersebut dengan cara membahas mengenai segala hal berbau negara. Cara ini akan membantu anak untuk belajar menyampaikan pendapatnya dan juga memperoleh informasi baru yang dikemukakan oleh orangtuanya

3. Mengajak anak mengunjungi situs warisan budaya atau museum

5 Tips Menanamkan Nilai Nasionalisme pada Anakilustrasi perpustakaan (unsplash.com/@Brian_Wangenheim)

Cara dalam mendidik anak agar memiliki sikap nasionalisme memang sangatlah beragam. Bahkan orangtua dapat melakukan beragam hal yang dinilai cocok apabila dipraktikan pada anak. Salah satunya adalah dengan mengajak anak mengunjungi situs warisan budaya hingga museum.

Cara ini akan membuat anak mengenal negaranya secara lebih dekat melalui bukti-bukti yang dapat dilihatnya secara nyata. Dengan demikian, maka akan tertanamlah jiwa nasionalisme anak sebab mereka juga semakin mengenal negaranya sendiri.

Baca Juga: 8 Film Indonesia yang akan Memberikan Semangat Nasionalisme

4. Melibatkan anak dalam acara-acara berbau nasionalisme

5 Tips Menanamkan Nilai Nasionalisme pada Anakilustrasi pemanasan (unsplash.com/@miketmofficial)

Ada banyak acara berbau nasionalisme yang dapat dicoba orangtua dalam mengajak anak-anaknya. Salah satunya adalah acara tujuh belasan yang memang umum dilakukan orang-orang di berbagai penjuru Indonesia. Orangtua jelas tak boleh melewatkan kesempatan yang satu ini dalam melibatkan anak.

Pada saat anak dilibatkan dalam acara berbau nasionalisme, maka mereka dapat mengambil peran moral di dalamnya mengenai perjuangan. Cara ini akan memupuk nasionalismenya sehingga dapat terbawa hingga dewasa nanti.

5. Memberikan apresiasi terhadap anak bila memiliki rasa nasionalisme tinggi

5 Tips Menanamkan Nilai Nasionalisme pada Anakilustrasi mengapresiasi anak (pexels.com/@Andrea-Piacquadio)

Orangtua tentu patut berbangga apabila memiliki anak-anak hebat yang dapat mencontoh beragam hal positif yang diajarkan padanya. Salah satunya adalah apabila anak berhasil memiliki sikap nasionalisme yang kuat meski pun di usianya yang masih kecil.
Orangtua dapat mengapresiasi hal tersebut melalui beragam hal, tak sebatas materi, namun juga bisa berupa pujian. Dengan cara demikian, maka anak akan memahami bahwa apa yang dilakukannya tepat sehingga mereka pun diberikan apresiasi.

Menanamkan sikap nasionalisme yang baik pada anak akan membantu mereka dalam mencintai negaranya sendiri. Orangtua dapat memulai hal ini dari sesuatu yang bahkan dianggap sederhana. Apresiasi anak bila memiliki jiwa nasionalisme tinggi, ya!

Baca Juga: 7 Lagu Jadul Bertema Nasionalisme yang Gak Lekang Waktu

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya