Comscore Tracker

5 Tips Mengajarkan Anak agar Bisa Makan Sendiri, Bisa Jadi Mandiri!

Percayakan anak belajar makan, meskipun akan berantakan

Anak-anak yang masih berusia kecil, rata-rata masih belum mampu melakukan segala halnya sendirian. Mereka akan cenderung tetap membutuhkan peran orangtua untuk melakukan aktivitasnya.

Salah satu aktivitas anak yang masih belum bisa lepas dari orangtua adalah mengenai urusan makan. Bila biasanya anak akan dibiasakan untuk disuapi oleh orangtuanya, maka mereka pun juga perlu diajarkan mengenai cara makan secara mandiri. Untuk mengajarkannya, orangtua dapat mencoba beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Memberikan kepercayaan penuh pada anak

5 Tips Mengajarkan Anak agar Bisa Makan Sendiri, Bisa Jadi Mandiri!Ilustrasi anak sedang makan kue (Pexels/cottonbro)

Anak-anak akan akan memulai segala sesuatunya dari awal, sehingga bisa jadi hasil dari prosesnya tidak selalu berjalan lancar. Hal terpenting yang harus diingat oleh orangtua adalah mengenai bagaimana cara membuat anak tetap merasa nyaman selama belajar makan sendiri.

Tentu saja orangtua harus mampu memberikan kepercayaan secara penuh pada anak. Dengan demikian, maka anak akan tetap dapat melakukannya dengan baik tanpa khawatir dimarahi oleh orangtua.

2. Memulai dari finger foods melalui makanan lunak

5 Tips Mengajarkan Anak agar Bisa Makan Sendiri, Bisa Jadi Mandiri!Ilustrasi anak sedang makan (Pexels/Shohei Ohara)

Anak-anak akan mempelajari segala sesuatunya lewat hal yang paling dasar. Salah satunya dimulai dari melakukan finger foods atau makan dengan menggunakan jari-jari.

Biasanya anak-anak akan mengonsumsi makanan lunak dengan bantuan jari-jarinya sendiri. Lewat cara ini nantinya anak akan memahami bagaimana cara makan dengan mandiri.

Baca Juga: 5 Kreasi Mochi Hasil Perpaduan dengan Makanan Terkenal, Bentuknya Beda

3. Mengajarkan cara menggunakan alat makan

5 Tips Mengajarkan Anak agar Bisa Makan Sendiri, Bisa Jadi Mandiri!Ilustrasi anak kecil sedang disuapi (Pexels/Alex Green)

Setelah dirasa cukup baik dalam makan menggunakan jari-jari tangannya, maka orangtua dapat beralih pada penggunaan alat makan. Penggunaan alat makan ini lah yang perlu diperhatikan lebih lanjut sebab mungkin tidak akan selalu mudah untuk dilakukan oleh anak.

Para orangtua harus dapat mengajarkan anak mengenai fungsi-fungsi dari alat makan, termasuk dengan mencontohkannya langsung. Jika sudah, maka anak dapat diberikan alat makan yang ukurannya sesuai dengan jari-jari tangannya, sehingga mudah dilakukan dan dicoba sendiri di rumah.

4. Memiliki kesabaran penuh saat mengajari anak

5 Tips Mengajarkan Anak agar Bisa Makan Sendiri, Bisa Jadi Mandiri!Ilustrasi anak menyuapi ibunya (Pexels/Ron Lach)

Tidak mudah dalam mengajari anak untuk dapat makan sendiri. Kadang kala anak-anak yang masih belajar makan secara mandiri akan cenderung mudah membuat kekacauan atau berantakan.

Tanpa kesabaran yang penuh, maka akan sulit untuk dapat mendidik anak agar mandiri dalam urusan makan. Latih lah anak secara bertahap untuk nantinya terbiasa dalam melakukan hal tersebut.

5. Usahakan menggunakan kursi makan khusus untuk anak

5 Tips Mengajarkan Anak agar Bisa Makan Sendiri, Bisa Jadi Mandiri!Ilustrasi anak kecil sedang disuapi (Pexels/Helena Lopes)

Untuk anak-anak yang masih belajar cara makan secara mandiri, disarankan untuk menggunakan kursi makan khusus. Kursi tersebut juga biasanya disebut dengan high chair yang memang diperuntukan untuk bayi atau balita.

Dengan menggunakan kursi khusus tersebut, nantinya anak-anak dapat makan secara teratur dan mudah untuk dibersihkan. Orangtua juga dapat mendampingi anak dengan sebaik mungkin.

Melalui cara yang tepat, maka anak-anak dapat diajarkan untuk makan secara mandiri. Meski sulit, namun harus penuh dengan kesabaran, ya!

Baca Juga: 5 Tips Melatih Kesabaran Anak Secara Tepat, Jadi Anak Penurut!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya