Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Orangtua Menjaga Sikap meski kepada Anak Sendiri

Orangtua tidak perlu merasa gengsi pada anak

Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang ingin diperlakukan secara semena-mena. Hal seperti ini tentunya mendatangkan persepsi bahwa setiap orang harus dapat bersikap sebaik mungkin pada orang lain.

Contoh seperti ini tidak hanya perlu diterapkan dengan orang lain, namun juga harus diterapkan pada anak sendiri. Orangtua juga perlu menjaga sikapnya sebaik mungkin di hadapan anak tanpa perlu merasa gengsi. Tentu saja beberapa alasan berikut ini bisa menjadi latar belakang mengapa para orangtua harus melakukan hal tersebut.

1. Anak akan merasa dihargai

5 Alasan Pentingnya Orangtua Menjaga Sikap meski kepada Anak SendiriIlustrasi ibu dan anak (Pexels/Kampus Production)

Semua orangtua tentu mengajarkan konsep dasar pada anak-anaknya untuk dapat saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Tentunya konsep seperti ini jugalah yang harus diterapkan orangtua pada anak-anaknya.

Jika orangtua mampu menjaga sikapnya pada anak, anak akan merasa dihargai keberadaannya. Dengan demikian, ia akan terus merasa nyaman saat berada di dekat orangtuanya.

2. Anak memiliki posisi untuk berani berpendapat

5 Alasan Pentingnya Orangtua Menjaga Sikap meski kepada Anak SendiriIlustrasi ibu dan anak di pasar (Pexels/Kamaji Ogino)

Orangtua memang memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang terkesan cuek, namun ada pula yang otoriter.

Terlalu mengekang anak hingga tidak memiliki ruang gerak tentu menjadi hal yang tidak diinginkan. Orangtua harus menjaga sikapnya dengan tetap memberikan posisi dan kesempatan pada anak untuk berani berpendapat.

Baca Juga: 5 Alasan Orangtua Gak Boleh Bertengkar di Depan Anak-anak

3. Menunjukkan sikap yang bijak sebagai orangtua

5 Alasan Pentingnya Orangtua Menjaga Sikap meski kepada Anak SendiriIlustrasi keluarga bahagia (Pexels/Elina Fairytale)

Orangtua memiliki tanggung jawab yang penuh dalam mendidik dan memastikan kelayakan hidup untuk anak-anaknya. Hal seperti ini tentu saja berpengaruh pada bagaimana cara orangtua dalam mendidik anak-anaknya.

Memiliki sikap bijak rasanya menjadi satu hal yang harus dimiliki oleh orangtua. Kelak orangtua dapat menyikapi suatu hal secara positif dan penuh pertimbangan.

4. Memaklumi bahwa tidak ada manusia yang sempurna

5 Alasan Pentingnya Orangtua Menjaga Sikap meski kepada Anak SendiriIlustrasi keluarga kecil bahagia (Pexels/Pavel Danilyuk)

Semua orangtua tentu memiliki harapan besar pada anak-anaknya sehingga kadang kala mudah kecewa jika anak memiliki suatu kekurangan. Padahal, di dunia ini juga tidak ada orangtua yang sempurna.

Menjaga sikap sebaik mungkin pada anak dapat membantu orangtua untuk memaklumi bahwa sejatinya tidak ada manusia yang sempurna. Hal terpenting adalah dengan dengan mengarahkan anak di jalan yang benar dan tidak mudah menyudutkan atau menyalahkan karena suatu hal.

5. Menjadi contoh bagi anak nantinya

5 Alasan Pentingnya Orangtua Menjaga Sikap meski kepada Anak SendiriIlustrasi ibu dan anak (Pexels/Ketut Subiyanto)

Anak memiliki tahapannya masing-masing yang berkaitan dengan usia mereka saat ini. Khususnya pada anak-anak yang masih kecil, mereka tentu memiliki kebiasaan untuk meniru, sekaligus sebagai penentu karakter mereka ke depannya.

Menjadi orangtua yang dapat menjaga sikap pada anak tentunya merupakan hal bijak untuk dapat dicontoh. Kelak anak dapat mencontohnya dan menjadikan orangtua sebagai role modelnya.

 

Bersikap tidak baik pada anak tentunya merupakan suatu hal yang tidak dibenarkan sama sekali. Jangan sampai rasa gengsi sebagai orangtua justru melukai hati anak. Hargai anak juga, ya!

Baca Juga: Mampu Bersikap Dewasa, Ini 5 Manfaat Berteman dengan Mantan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya