Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak Pertama tentang Tanggung Jawab

Kelak akan tumbuh menjadi pribadi yang penuh tanggung jawab

Memiliki anak dan menyandang status sebagai orangtua tentu bukan hal yang mudah. Tak hanya karena berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, namun juga untuk mendidiknya.

Tentu hal yang berbeda akan terlihar bila kamu memiliki anak lebih dari satu. Biasanya perlu cara mendidik yang berbeda pada anak pertama dan kedua. Tak boleh ketinggalan, kamu perlu tahu tips mengajarkan anak pertama tentang tanggung jawab seperti berikut ini.

1. Ikut menasehati adik tentang kesalahannya

5 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak Pertama tentang Tanggung JawabIlustrasi sepasang kakak dan adik (Pexels.com/Pixabay)

Sebagai anak pertama tentunya tanggung jawab yang diemban kadang kala juga berkaitan dengan urusan adiknya. Hal yang perlu diperhatikan adalah ketika sang adik melakukan kesalahan.

Sebagai seorang kakak, biasanya anak pertama akan diajarkan untuk bertanggung jawab mengawasi adiknya. Ikut serta dalam menasehati adik bila melakukan kesalahan tentunya menjadi hal yang terpenting untuk dilakukan.

2. Memiliki inisiatif untuk saling membantu

5 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak Pertama tentang Tanggung JawabIlustrasi dua bersaudara (Pexels.com/Victoria Borodinova)

Contoh didikan yang satu ini tak hanya perlu diajarkan pada anak pertama, namun juga anak-anak lainnya. Namun, tak ada salahnya mengajarkan anak pertama terlebih dahulu pada saat ia sudah memahami segala sesuatunya.

Ajarkan anak untuk memiliki inisiatif yang baik dan cepat tanggap. Beberapa contohnya adalah saling membantu satu sama lain, bahkan tanpa perlu diminta. Itulah bentuk dari pendidikan empati pada anak.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengajari Anak untuk Meminta Maaf, Jangan Dimarahi!

3. Bertanggung jawab atas dirinya sendiri

5 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak Pertama tentang Tanggung JawabIlustrasi anak kecil dan warna (Pexels.com/Sharon McCutcheon)

Anak pertama mungkin masih memiliki usia yang kecil, namun statusnya sebagai kakak seakan menuntutnya untuk lebih memahami situasi saat sudah memiliki adik. Itulah alasannya mengapa anak pertama setidaknya sudah diajarkan untuk bertanggung jawab atas dirinya sendiri.

Mengajarkan tanggung jawab bisa dilakukan dengan membereskan mainan setelah digunakan, membersihkan piring setelah makan, dan membagi waktu untuk belajar. Melalui tanggung jawab pada dirinya sendiri, nantinya ia akan belajar untuk bertanggung jawab saat berhadapan dengan orang lain.

4. Mengajak adik untuk bersosialisasi

5 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak Pertama tentang Tanggung JawabIlustrasi sepasang saudara (Pexels.com/cottonbro)

Biasanya anak pertama akan lebih banyak diajarkan tanggung jawab yang berkaitan dengan adiknya. Salah satunya adalah mengajak adik untuk bersosialisasi dengan orang-orang sekitar.

Tentunya hal ini berkaitan dengan usia sang adik yang mungkin saja masih cukup kecil. Biasanya para kakak bisa memiliki caranya tersendiri dalam memperkenalkan sesuatu pada adiknya.

5. Menjadi sosok yang dapat memahami situasi

5 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak Pertama tentang Tanggung JawabIlustrasi anak kecil sedang menangis (Pexels.com/Ba Phi)

Anak pertama kadang kala tak selalu memiliki rentang usia yang jauh dengan adik-adiknya. Ada pula anak pertama yang memiliki usia cenderung muda.

Hal yang banyak dilakukan adalah ketika sang kakak biasanya dianggap sebagai sosok yang sudah dapat memahami situasi. Tak heran, bila banyak orangtua biasanya cenderung meminta sang kakak untuk mengalah pada adik kecilnya sebagai bentuk kedewasaan.

Ternyata memang tak bisa sembarangan dalam mendidik dan memberikan tanggung jawab pada anak pertama. Bisa jadi kakak yang baik, ya!

Baca Juga: 6 Dasar Mengajarkan Kerapian ke Anak, Sabarnya Kudu Ekstra

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya