Comscore Tracker

Kamu Orangtua Muda? Begini 5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri

Agar orangtua tidak terlalu repot

Bagi kamu orangtua muda mungkin seringkali menemukan banyak kesulitan dalam mengasuh si buah hati, apalagi jika ditambah dengan hadirnya anak kedua yang bisa menambah ramai suasana di rumah. Meski terkadang tingkah anak kecil selalu lucu dan menarik untuk dilihat, tapi tidak jarang orangtua akan tetap kerepotan mengasuh kebutuhan dan tingkah laku mereka.

Untuk kamu orangtua muda, 5 cara ini bisa kamu lakukan untuk mendidik anak agar menjadi pribadi yang lebih mandiri dan tidak selalu bergantung. Simak yuk!

1. Berikanlah pengertian mengenai kemandirian pada anak

Kamu Orangtua Muda? Begini 5 Cara Mendidik Anak Agar MandiriPexels/Daria Obymaha

Hal pertama dan utama yang harus diberikan adalah pengertian pada anak tentang apa itu kemandirian dan bagaimana cara anak agar mampu melakukannya. Meski memang terkadang harus ekstra sabar dan pintar dalam memilih kata karena anak pastilah harus diberikan pemahaman yang sifatnya ringan agar mereka mudah paham. Jangan pernah lelah untuk selalu memberikan pengertian agar kedepannya anak dapat mengerti mengapa ia harus menjadi pribadi yang mandiri.

2. Ajarkan untuk membuat list kegiatan pada anak

Kamu Orangtua Muda? Begini 5 Cara Mendidik Anak Agar MandiriPexels/Lina Kivaka

Sejak kecil kita harus melatih anak untuk membuat daftar kegiatan dan aktivitas rutin yang anak lakukan, hal ini berkaitan dengan saat ia baru bangun tidur sampai nanti ia akan tidur lagi. Semua aktivitas itu harus disusun dan diurutkan sesuai jadwal yang berlangsung sehingga mereka akan menjadi pribadi yang disiplin dan paham akan kewajiban untuk menunaikan tugas aktivitasnya secara terstruktur.

Baca Juga: 5 Trik Si Kecil Gemar Membaca yang Wajib Diterapkan Orangtua Cerdas

3. Bantulah anak dalam mempraktek kan pemenuhan kebutuhannya sehari-hari

Kamu Orangtua Muda? Begini 5 Cara Mendidik Anak Agar MandiriPexels/Josh Willink

Kita tidak mungkin langsung angkat tangan dan membiarkan anak memulai untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Kita harus menjadi peran yang akan membantu mereka untuk mempraktekannya, dari mulai bagaimana membersihkan tempat tidur, menata rak buku, menyiapkan peralatan sekolah, hingga membantu pekerjaan rumah yang ringan seperti halnya menyapu lantai kamarnya. Orangtua harus mampu membimbing dan membantu anak agar nantinya sang anak akan terbiasa.

4. Berikanlah penghargaan dan pujian pada anak

Kamu Orangtua Muda? Begini 5 Cara Mendidik Anak Agar MandiriPexels/bruce mars

Anak tetaplah anak, saat ia melakukan sesuatu dengan baik maka orangtua jangan sampai lupa untuk memberi suatu penghargaan dan pujian kepada mereka sehingga mereka akan merasa bahwa orangtua nya menghargai setiap aktivitas yang mereka lakukan. Jangan sampai kita menyakiti hati anak karena terlalu malas atau gengsi untuk sekedar memberikan suatu pujian pada mereka. Meskipun bagi kita terdengar sepele, tapi bagi anak hal itu sangat amat berarti.

5. Jangan menyalahi anak apabila melakukan kesalahan, tapi tegurlah secara baik-baik

Kamu Orangtua Muda? Begini 5 Cara Mendidik Anak Agar MandiriPexels/Ba Phi

Mungkin terkadang anak melakukan suatu hal yang tidak sesuai dengan apa yang memang sudah seharusnya dilakukan. Banyak orangtua yang khilaf dan secara tidak sadar membentak anak atau menyalahkan mereka atas apa yang mereka perbuat, hal ini lah yang akan selalu membekas pada hati anak untuk jangka waktu yang entah kapan akan hilang. Orangtua harus mampu mengendalikan emosi nya, harus mampu memberikan pengertian dan menyikapi setiap kesalahan agar anak juga tidak akan tersinggung.

Nah, 5 cara diatas dapat kamu lakukan untuk mendidik anak agar menjadi pribadi yang lebih mandiri lagi. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 7 Tips Penting Buat Orangtua yang Ingin Si Kecil Banyak Akal

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya