Comscore Tracker

Ampuh, 5 Kiat Mengatur Waktu Memasak di Dapur Bila Memiliki Anak Kecil

Gak selalu repot kok bila caranya tepat

Menjadi ibu rumah tangga memang memberikan tanggung jawab yang luar biasa sebab dari mulai mengurus anak, suami, hingga keperluan rumah tangga dapat sangat menguras waktu dan tenaga.

Problematika yang sering dialami para mama muda adalah sulitnya mengatur waktu untuk memasak bila sudah memiliki anak kecil. Padahal, bila cara mengatur waktu yang dilakukan sudah tepat, maka tak perlu khawatir pekerjaan rumah akan keteteran. 

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips mengatur waktu memasak untuk para ibu rumah tangga yang memiliki anak kecil, berikut lima daftarnya!

1. Buatlah perencanaan memasak

Ampuh, 5 Kiat Mengatur Waktu Memasak di Dapur Bila Memiliki Anak KecilUnsplash/Glenn Carstens-Peters

Perencanaan merupakan kunci keberhasilan untuk proses memasak di rumah. Jika memiliki rencana, maka segala macam hal dari mulai bahan-bahan atau teknik memasak pun telah diatur sedemikian adanya. Tentu dengan begitu, maka kamu tak perlu lagi kebingungan dalam mengatur waktu memasak. 

2. Memotong bahan-bahan di saat senggang

Ampuh, 5 Kiat Mengatur Waktu Memasak di Dapur Bila Memiliki Anak KecilUnsplash/Alyson McPhee

Tidak disarankan untukmu memotong bahan makanan yang hanya akan dimasak pada saat itu saja sebab hal tersebut justru hanya akan merepotkanmu di kemudian hari. Sebaliknya, kamu dapat mengatur waktu senggang untuk memotong-motong bahan makanan dalam jumlah banyak.

Misalnya untuk persediaan seminggu ke depan dan simpan lah dengan baik pada wadah tertutup di kulkas. Selain itu, bila tak mau repot, maka kamu dapat membeli bahan-bahan yang sudah dikupas atau dipotong di swalayan. 

Baca Juga: 5 Tips Menggunakan Air dengan Cerdas di Dapur, Tetap Hemat Ya! 

3. Simpanlah makanan untuk persediaan

Ampuh, 5 Kiat Mengatur Waktu Memasak di Dapur Bila Memiliki Anak Keciltoday.com

Selain proses memotong bahan makanan yang dapat kamu stok di kulkas, menu makanan pun dapat demikian. Dengan cara tersebut maka diharapkan kamu dapat menggunakan olahan tersebut kembali bila memang dibutuhkan. Kamu juga tak perlu khawatir akan basi karena penyimpannya dapat menggunakan wadah yang tertutup rapat. 

4. Disarankan menggunakan alat memasak elektronik

Ampuh, 5 Kiat Mengatur Waktu Memasak di Dapur Bila Memiliki Anak KecilUnsplash/HiveBoxx

Memasak secara manual memang konon dapat menjaga originalitas dari rasa, namun tak dapat membantumu dalam membagi waktu. Oleh sebab itu, disarankan untukmu menggunakan alat memasak elektronik yang dapat memudahkanmu dalam memasak. Selain dapat memangkas waktu, proses memasak pun dapat efektif. 

5. Membersihkan alat makan dapat dilakukan saat malam

Ampuh, 5 Kiat Mengatur Waktu Memasak di Dapur Bila Memiliki Anak KecilUnsplash/Annie Spratt

Saat malam hari biasanya para ibu rumah tangga dapat memiliki waktu senggang yang lebih longgar. Waktu tersebut dapat dimanfaatkan untuk membersihkan alat makan. Bila dilakukan pada malam hari, maka keesokan harinya tak perlu repot lagi dan tinggal memasak saja. 

Nah, beberapa tips mengatur waktu memasak di atas semoga dapat membantumu untuk tetap melakukan pekerjaan rumah yang ada tanpa perlu terkendala dalam mengurus sang buah hati. Bagaimana menurutmu? 

Baca Juga: 5 Tips Memasak yang Masih Jarang Diketahui, Memudahkan Urusan Dapur!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya