Comscore Tracker

5 Manfaat yang Diperoleh saat Si Kecil Bermain Pasir, Menyenangkan!

Tetap prioritaskan kebersihan dan keamanannya, ya!

Anak-anak kecil biasanya memiliki rutinitas menyenangkan untuk selalu bermain. Hal inilah yang membuat bermain menjadi sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari keseharian anak-anak.

Salah satu media yang sering menarik perhatian banyak anak adalah bermain pasir. Tidak hanya menyenangkan, bermain pasir ternyata dapat memberikan beberapa manfaat berikut ini yang berguna untuk tumbuh kembang anak.

1. Kreativitasnya semakin terasah

5 Manfaat yang Diperoleh saat Si Kecil Bermain Pasir, Menyenangkan!Ilustrasi bayi bermain pasir (Pexels/Alexandr Podvalny)

Setiap orang memiliki kreativitas yang berbeda-beda. Namun, kreativitas pada anak juga jelas berbeda dan perlu ditingkatkan.

Salah satu cara dalam mengasah kreativitas pada anak adalah dengan mengajaknya bermain pasir. Melalui cara tersebut, nantinya anak dapat memiliki imajinasi yang baik untuk membuat istana ataupun hal-hal lainnya dengan menggunakan media pasir.

2. Kemampuan sosialnya akan berkembang

5 Manfaat yang Diperoleh saat Si Kecil Bermain Pasir, Menyenangkan!Ilustrasi dua balita bermain pasir (Pexels/BARBARA RIBEIRO)

Anak-anak kerap kali bermain tidak hanya sendirian, tetapi juga bermain bersama teman-teman yang lain. Bahkan, tak jarang anak akan cepat dekat, bahkan dengan teman-teman yang baru ditemui.

Tidak heran bila aktivitas bermain pasir ternyata dapat membantu meningkatkan kemampuan sosial anak dengan baik. Tidak hanya saling berkenalan, anak juga akan saling berdiskusi satu sama lain mengenai apa yang dilakukannya.

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Mengunggah Kesedihan di Media Sosial, Cari Simpati?

3. Melatih kemampuan motoriknya

5 Manfaat yang Diperoleh saat Si Kecil Bermain Pasir, Menyenangkan!Ilustrasi balita bermain pasir (Pexels/Tatiana Syrikova)

Di usia yang masih kecil, anak memang harus dapat dilatih kemampuan motoriknya dengan baik. Salah satu aktivitas yang dapat mendorong anak untuk melatih kemampuan motorik adalah dengan bemain pasir.

Mengenal tekstur pasir, bahkan hingga mengangkat pasir, dapat menjadi cara untuk melatih kemampuan motoriknya. Cara ini tentu dapat melatihnya menjadi anak yang cekatan dan penuh keterampilan.

4. Menyeimbangkan koordinasi antar bagian tubuh

5 Manfaat yang Diperoleh saat Si Kecil Bermain Pasir, Menyenangkan!Ilustrasi balita bermain pasir (Pexels/Svitlana Parkhomenko)

Dalam bermain pasir memang ada banyak hal yang harus diperhatikan. Anak-anak harus memperhatikan cara membuat istana atau objek tertentu dari pasir serta harus melihat situasi sekitar.

Aktivitas semacam ini akan membuat koordinasi antar tubuh menjadi jauh lebih seimbang. Koordinasi antara mata, tangan, dan kaki dapat berjalan dengan baik.

5. Memberikan pengalaman dan rasa ingin tahu pada anak

5 Manfaat yang Diperoleh saat Si Kecil Bermain Pasir, Menyenangkan!Ilustrasi balita bermain pasir (Pexels/Natasha Babenko)

Anak-anak terkenal sebagai sosok yang dipenuhi rasa ingin tahu yang tinggi. Kadang kala jika dijawab dengan kata perkata pun belum tentu dapat dipahami dengan baik.

Tidak heran bila banyak orangtua cenderung mengajaknya langsung untuk dapat membantu anak memperoleh pengalaman tersebut. Melalui pengalaman yang diperoleh, nantinya rasa ingin tahu dari anak juga dapat terjawab.

 

Meskipun memiliki manfaat yang penting, pastikan untuk tetap memprioritaskan keamanan, kebersihan, dan pengawasan yang tepat selama anak bermain. Jangan melepasnya begitu saja, ya!

Baca Juga: Perjuangan Nelayan Tolak Tambang Pasir Laut Difilmkan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya