Comscore Tracker

5 Pertimbangan saat Memilih Sekolah TK untuk Anak, Efektif!

Bisa disesuaikan dengan kriteria yang kamu inginkan

Memiliki anak merupakan tanggung jawab yang tidak mudah. Ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan, mulai dari kebutuhan pokoknya sehari-hari hingga pendidikan yang mumpuni.

Ketika anak mulai memasuki usia balita, biasanya sudah mulai dimasukan pada sekolah TK. Pada tahap tersebut, anak sudah mulai belajar untuk bersosialisasi dan belajar sambil bermain. Tak heran bila pemilihan TK-nya pun tentu harus sesuai dan tepat. Untuk dapat memilih sekolah TK secara tepat, beberapa kriteria berikut ini dapat dipastikan terlebih dahulu oleh orangtua.

1. Lingkungan area sekolah

5 Pertimbangan saat Memilih Sekolah TK untuk Anak, Efektif!Ilustrasi area sekolah (Pexels/Lukas)

Lingkungan area sekolah menjadi aspek nomor satu yang perlu diperhatikan. Hal ini karena lingkungan sekolah harus dipastikan keamanannya, kesehatannya, dan keramahannya.

Kamu tentu tidak mungkin menyekolakan anakmu pada sekolah yang memiliki lingkungan area kotor. Jelas saja bila lingkungan sekolah harus menjadi tolok ukur pertama dalam menentukan kualitas yang ada.

2. Pola pembelajaran anak-anak

5 Pertimbangan saat Memilih Sekolah TK untuk Anak, Efektif!Ilustrasi pola belajar anak TK (Pexels/Pavel Danilyuk)

Anak-anak TK biasanya memiliki pola pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Hal ini disebabkan proses belajar akan dipadukan dengan aktivitas bermain.

Meski demikian, tidak ada salahnya untuk mengetahui seperti apa pola belajar yang ada di TK tersebut. Kamu dapat memerhatikan secara saksama untuk menentukan kualitas dari sekolah tersebut.

Baca Juga: Darni Hatna: Mengajar PAUD Itu Ladang Ibadah

3. Kualitas dan rasio guru yang mengajar di sana

5 Pertimbangan saat Memilih Sekolah TK untuk Anak, Efektif!Ilustrasi guru di sekolah TK (Pexels/Pavel Danilyuk)

Kualitas pola didik saja tidak cukup, kamu juga perlu memperhatikan kualitas guru. Perencanaan belajar yang bagus, jika tidak diseimbangkan dengan kualitas guru, akan sama saja sia-sianya.

Selain itu, perhatikan pula rasio guru jika dibandingkan dengan muridnya. Rasio guru yang kecil jika dibandingkan dengan murid justru akan membuat proses pembelajaran sulit berjalan baik.

4. Fasilitas sarana prasarana

5 Pertimbangan saat Memilih Sekolah TK untuk Anak, Efektif!Ilustrasi sarana yang ada di TK (Pexels/Pavel Danilyuk)

Kamu tentu menginginkan sekolah TK yang nyaman dan lengkap untuk sarana prasarana bagi anak. Tak ada salahnya untuk memastikan hal ini telah terpenuhi sebelum memasukan anak pada sekolah TK tersebut.

Sarana prasarana yang dimaksudkan berkaitan dengan taman bermain, kelas, serta media pembelajaran. Keamanan dari sarana tersebut juga perlu kamu pastikan.

5. Pembiayaan yang dibutuhkan

5 Pertimbangan saat Memilih Sekolah TK untuk Anak, Efektif!Ilustrasi kepemilikan uang (Pexels/Burst)

Seperti yang sudah dipahami bahwa ada harga, di situ ada kualitas. Kamu tentu tidak bisa sembarangan memasukan anak, padahal secara biaya tidak cukup mampu.

Pastikan untuk memilih sekolah yang memang kamu merasa mampu untuk membayarkan biayanya. Jangan sampai cenderung memaksakan diri sendiri.

 

Memastikan beberapa kriteria penting di atas tentu akan membantumu dalam memilih sekolah TK yang tepat bagi anak. Boleh dicoba, ya!

Baca Juga: Wajib Satu Tahun PAUD Sebelum Masuk SD di DKI Jakarta

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya