Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak bila Naik Kendaraan Umum, Contoh!

Ada cara dan etikanya tersendiri yang harus dihormati

Kendaraan umum merupakan moda transportasi yang banyak dipilih orang-orang untuk berpergian. Tidak hanya karena praktis dan cepat, kendaraan umum juga terbilang murah serta mampu mengatasi kemacetan yang ada.

Tentu tidak hanya orang dewasa saja yang dapat menaiki kendaraan umum, tetapi juga anak-anak. Para orangtua memerlukan cara yang tepat untuk dapat mengajarkan anak dalam menaiki kendaraan umum. Untuk itu, beberapa hal penting berikut ini wajib diperhatikan jika ingin mengajak anak menaiki kendaraan umum.

1. Sabar dalam mengantre

5 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak bila Naik Kendaraan Umum, Contoh!ilustrasi mengantri (pexels.com/@freestocks.org)

Hal pertama yang harus diajarkan pada anak adalah mengenai budaya mengantre. Ada banyak orang yang ingin naik kendaraan umum sehingga anak pun harus diajarkan agar sabar dalam mengantre.

Dengan membiasakan mengantre, anak akan memahami bahwa ia harus menunggu dan cermat dalam memperhitungkan waktu. Jangan sampai anak tidak biasa mengantre dan kebiasaan dalam menyela antrean.

2. Bantu anak untuk memahami peraturan dari transportasi umum tersebut

5 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak bila Naik Kendaraan Umum, Contoh!ilustrasi aturan kendaraan umum (pexels.com/@Snapwire)

Setiap moda transportasi umum memiliki aturannya tersendiri yang berbeda-beda. Itulah mengapa orangtua perlu cermat dalam membantu anak agar memahami peraturan yang ada.

Dengan demikian, anak akan terbiasa dalam mentaati peraturan yang ada. Mereka juga akan sigap bila melihat hal-hal yang melanggar peraturan di kendaraan umum.

Baca Juga: Jangan Sering Memaklumi 5 Kesalahan Pasangan Ini, Gak Mendidik!

3. Tidak gaduh selama di perjalanan

5 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak bila Naik Kendaraan Umum, Contoh!ilustrasi tidak bergaduh (pexels.com/@Jeffrey-Czum)

Anak-anak memang biasanya gemar mengekspresikan diri dengan candaan tertentu. Bahkan, ada pula anak yang tidak bisa diam dan terus saja ingin bergerak.

Dengan berbagai karakter anak, orangtua harus pintar dalam mengajarkan anak agar tidak gaduh selama di perjalanan. Nasihati anak bahwa yang menaiki kendaraan bukan hanya mereka sehingga harus tetap tenang dan tidak berisik.

4. Mengarahkan anak untuk menjaga fasilitas dari kendaraan umum tanpa merusaknya

5 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak bila Naik Kendaraan Umum, Contoh!ilustrasi fasilitas umum (pexels.com/@JJ-Jordan)

Anak-anak harus tahu bahwa transportasi umum adalah milik bersama sehingga harus dijaga fasilitasnya. Jangan sampai justru anak-anak dibiarkan merusak fasilitas yang ada.

Dengan mengarahkan anak mengenai hal tersebut, anak dapat menjaga fasilitas dari kendaraan umum dengan sebaik mungkin. Tentunya cara tersebut akan membuat perjalanan menjadi nyaman.

5. Memberi tahu anak mengenai siapa saja yang lebih berhak mendapatkan tempat duduk

5 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak bila Naik Kendaraan Umum, Contoh!ilustrasi tempat duduk (pexels.com/@Andrea-Piacquadio)

Tempat duduk prioritas selalu ada pada setiap moda transportasi umum. Para orang dewasa mungkin sudah cukup memahami mengenai hal tersebut, namun anak-anak belum tentu mengetahuinya.

Orangtua perlu memberi tahu anak bahwa hanya orang-orang tertentu yang lebih berhak dalam memperoleh tempat duduk. Jangan sampai justru mengambil tempat duduk yang bukan menjadi haknya.

 

Dengan membiasakan dan mengajarkan anak mengenai peraturan berkendaraan umum, anak pun dapat menaati peraturan dan etika yang ada. Cegah kemacetan dengan menggunakan kendaraan umum, yuk!

Baca Juga: 5 Hal ini Hanya Dipahami Pegawai yang Rutin Menggunakan Kendaraan Umum

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya