Comscore Tracker

5 Pertimbangan Sebelum Memilih Tempat Kursus untuk Anak, Catat!

Orangtua harus ekstra selektif dalam menentukannya

Kursus merupakan lembaga khusus yang biasanya berfokus pada satu bidang tertentu dalam upaya meningkatkan minat dan bakar. Sebetulnya keberadaan kursus bukan hanya untuk anak-anak saja, melainkan ada juga yang memang tersedia untuk orang dewasa. Meski demikian, biasanya kursus untuk anak-anak tetap menjadi salah satu yang paling diganderungi.

Banyak orangtua yang akhirnya memutuskan untuk mendaftarkan anak-anaknya ke dalam kursus tertentu. Hal ini bukan hanya untuk mendukung minat dan bakat anak, namun sekaligus untuk membantu anak agar dapat menghabiskan waktunya secara lebih produktif. Sebelum memilih jenis kursus yang tepat untuk anak, orangtua dapat terlebih dahulu melakukan beberapa pertimbangan yang berikut ini.

1. Pastikan sesuai dengan minat anak

5 Pertimbangan Sebelum Memilih Tempat Kursus untuk Anak, Catat!ilustrasi anak dan ibu (pexels.com/@wildlittlethingsphoto)

Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan adalah apa sebenarnya yang menjadi minat dan bakat pada anak. Tentunya ini sangat penting sebab orangtua tidak bisa memaksakan kursus tertentu apabila anak-anaknya tak memiliki minat pada bidang tersebut.

Jika orangtua memaksakan kehendaknya sendiri, maka anak tak akan menikmati proses belajar dan justru berisiko stres. Oleh sebab itu, diskusikan dengan anak mengenai apa yang sebenarnya disukai dan diminatinya.

2. Harganya sesuai dengan kemampuan

5 Pertimbangan Sebelum Memilih Tempat Kursus untuk Anak, Catat!ilustrasi memiliki uang (pexels.com/@karolina-grabowska)

Setiap keluarga jelas memiliki kemampuan finansial yang berbeda-beda dan hal ini juga tidak bisa dipukul rata. Tak heran apabila pertimbangan mengenai harga tentu menjadi satu hal penting yang harus dilakukan dengan baik.

Jangan sampai orangtua justru memaksakan diri dalam mendaftarkan kursus pada anak. Hal ini bisa memberikan banyak efek domino terhadap hal lainnya yang berbeda-beda.

Baca Juga: 5 Alasan Utama Kenapa Anak-anak Lebih Bahagia Dibanding Orang Dewasa

3. Kualitas pendidikan yang baik

5 Pertimbangan Sebelum Memilih Tempat Kursus untuk Anak, Catat!ilustrasi guru dan murid (pexels.com/@max-fischer)

Layaknya memilih sekolah untuk anak, orangtua juga tentu menginginkan kualitas yang terbaik dari kursus yang dipilih. Memang biasanya setiap kursus memiliki kualitasnya masing-masing dan hal ini bisa berbeda-beda antara satu kursus dengan kursus yang lainnya.

Itulah mengapa orangtua jangan sampai mengesampingkan pentingnya kualitas pendidikan meski untuk setaraf kursus. Hal ini akan menentukan bagaimana pola pendidikan yang dilakukan oleh pihak terkait.

4. Testimoni yang memuaskan

5 Pertimbangan Sebelum Memilih Tempat Kursus untuk Anak, Catat!ilustrasi guru dan murid (pexels.com/@yankrukov)

Kursus biasanya memiliki testimoni yang memiliki tujuan untuk menarik banyak peminat agar mau mendaftar. Testimoni itulah yang dapat menjadi pertimbangan penting bagi orangtua sebelum mendaftar.

Orangtua dapat memperhatikan seperti apa testimoni yang diberikan, apakah sudah cukup puas atau masih memerlukan perbaikan. Dengan demikian, maka orangtua bisa mengambil kesimpulan tersendiri untuk tetap lanjut mendaftar atau tidak.

5. Jarak yang ditempuh

5 Pertimbangan Sebelum Memilih Tempat Kursus untuk Anak, Catat!ilustrasi menemani anak (pexels.com/@August_de_Richelieu)

Banyak orangtua yang mungkin terlalu fokus pada beragam hal, namun justru mengesampingkan aspek terpenting, yaitu jarak. Jarak tidak bisa dijadikan hal sepele, sebab jarak merupakan salah satu pertimbangan utama apabila ingin mendaftarkan anak di sana.

Jika jarak yang ditempuh terlalu jauh, maka akan memakan banyak waktu untuk anak dan mereka akan berisiko mengalami kelelahan. Dampaknya setelah sampai di sana, anak pun jadi kesulitan untuk berkonsentrasi.

Jelas saja memang bukan hal mudah untuk memilih kursus yang tepat untuk anak. Namun, dengan beberapa pertimbangan di atas, maka orangtua dapat menentukannya secara bijak. Selalu sesuaikan dengan minat anak dan kemampuan masing-masing, ya!

Baca Juga: 5 Tips Mengajarkan Anak agar Tak Menjadi Pribadi yang Pelupa, Efektif!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya