Comscore Tracker

5 Perubahan Signifikan saat Baru Memiliki Bayi di Rumah, Tak Mudah!

Ada banyak tantangan yang harus siap dihadapi

Menjadi orangtua tentu merupakan hal yang menarik dan penuh tantangan, khususnya bagi pasangan yang baru memiliki bayi. Proses adaptasi sangat orangtua baru butuhkan untuk memberikan pengalaman mengenai cara mengurus anak dengan baik.

Melalui proses adaptasi tersebut, akan ada banyak perubahan signifikan yang terjadi pada pasangan. Hal ini tentu sangat terasa saat baru memiliki bayi di rumah. Beberapa perubahan signifikan berikut ini juga pasti sering dialami oleh para orangtua baru.

1. Durasi waktu tidur yang berubah total

5 Perubahan Signifikan saat Baru Memiliki Bayi di Rumah, Tak Mudah!ilustrasi waktu tidur (pexels.com/@andrea-piacquadio)

Dahulu, sebelum menjadi orangtua, mungkin kamu memiliki waktu tidur yang sangat fleksibel. Kamu dapat tidur setelah beraktivitas tanpa khawatir harus menjaga bayi.

Kebiasaan tersebut akan sangat berubah saat baru memiliki bayi. Durasi waktu tidurmu akan berubah total dan kadang hal tersebut menimbulkan rasa lelah apabila kamu tidak dapat mengatur waktu dengan baik.

2. Pekerjaan rumah yang bertambah

5 Perubahan Signifikan saat Baru Memiliki Bayi di Rumah, Tak Mudah!ilustrasi pekerjaan rumah (pexels.com/@cottonbro)

Setiap orang memiliki tanggung jawab tersendiri terhadap pekerjaan rumah yang dimilikinya. Biasanya, mengerjakan pekerjaan rumah saja sudah cukup melelahkan, apalagi bila disibukkan juga dengan aktivitas bekerja.

Pekerjaan rumah yang kamu miliki akan semakin bertambah dengan keberadaan bayi di rumah. Membereskan baju dan mainan untuk anak, mencuci popok, dan mempersiapkan susunya tentu akan menjadi perubahan tersendiri dalam keseharianmu.

Baca Juga: Banyak Dialami Ibu Menyusui, Ini 5 Cara Mengobati Mastitis di Rumah

3. Pengeluaran yang juga harus disesuaikan dengan kebutuhan bayi

5 Perubahan Signifikan saat Baru Memiliki Bayi di Rumah, Tak Mudah!ilustrasi pengeluaran (pexels.com/@Lukas)

Memiliki bayi artinya memiliki tanggung jawab yang besar, dalam hal mendidik hingga membesarkannya. Anak tentu memerlukan finansial yang matang untuk dipenuhi kebutuhannya dan hal ini berkaitan dengan pengeluaran yang dimiliki.

Tentunya perubahan mengenai finansial ini akan kamu alami apabila memiliki anak. Memastikan kebutuhan anak tercukupi dengan baik tentu menjadi kewajiban dan tanggung jawab dari orangtua.

4. Prioritas hidup

5 Perubahan Signifikan saat Baru Memiliki Bayi di Rumah, Tak Mudah!ilustrasi berpikir (pexels.com/@Athena)

Perubahan signifikan lainnya berkaitan dengan emosional dan prinsip yang dipegang. Dahulu mungkin kamu terlihat bebas dalam menentukan prioritas hidup, bahkan segala hal yang kamu sukai. Namun, hal ini akan berbeda saat hadirnya bayi di tengah keluarga.

Prioritas hidupmu juga akan berubah dan akan lebih fokus untuk mengurus si kecil. Kamu tentu jadi mengalami perubahan prioritas yang akan berdampak pada aktivitasmu, contohnya dengan mengesampingkan hobi demi bertemu sang buah hati.

5. Rumah tampak lebih ramai saat punya bayi

5 Perubahan Signifikan saat Baru Memiliki Bayi di Rumah, Tak Mudah!ilustrasi tempat tidur bayi (pexels.com/@leah-kelley)

Tidak dapat dimungkiri bahwa keberadaan bayi di rumah memang dapat memberikan kebahagiaan tersendiri. Hal ini karena memang bayi memiliki daya tariknya yang dapat memberikan rasa sayang terhadap orang-orang di sekitar.

Kamu mungkin akan merasa rumah menjadi lebih ramai setelah memiliki bayi. Hal ini membuat keluarga juga semakin bertambah hangat.

Tentu perubahan signifikan di atas menjadi tantangan yang juga harus siap para orangtua baru hadapi dalam menyambut bayi di rumah. Semakin penuh warna, ya!

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kulit Kepala Berminyak, Sehat dan Bebas Ketombe!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya