Comscore Tracker

5 Tanda Bayi Tidak Cocok dengan Susu Formula, Jangan Dipaksakan!

Bayi juga akan menunjukan reaksi bila memang tak menyukainya

Memiliki bayi memang menjadi satu hal yang menyenangkan sekaligus cukup menyita banyak waktu, tenaga, dan pikiran. Hal ini karena memang ada banyak persiapan yang perlu ada sebelum akhirnya siap untuk memiliki bayi. Tentu saja salah satunya termasuk dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi bayi melalui susu.

Ada bayi yang memperoleh ASI eksklusif dari ibunya, namun ada pula yang harus memilih susu formula. Memang ada banyak sekali susu formula yang tersedia untuk bayi, namun sayangnya ternyata tidak semua susu cocok untuk dikonsumsi oleh bayi. Biasanya bayi-bayi yang tidak cocok dengan susu formula disebabkan karena alergi komposisi di dalamnya. Untuk mencegah hal tersebut, orangtua dapat memperhatikan beberapa tanda berikut ini yang menjadi ciri dari bayi yang tidak cocok dengan susu formula.

1. Menolak meminum susu

5 Tanda Bayi Tidak Cocok dengan Susu Formula, Jangan Dipaksakan!ilustrasi bayi menangis (unsplash.com/@aikomo1_)

Hal pertama yang bisa terlihat adalah mengenai bagaimana bayi menolak untuk meminum susu formulanya. Biasanya mereka akan enggan untuk menyusu dari botolnya dan cenderung menghindarinya.

Bisa jadi hal ini memiliki dua kemungkinan berbeda, entah karena memang tidak suka dengan cita rasa dari susu formulanya atau tidak cocok dengan botol susu yang digunakan. Inilah mengapa orangtua juga harus peka, sehingga justru tidak memaksakan bayi untuk tetap meminumnya.

2. Gumoh atau muntah

5 Tanda Bayi Tidak Cocok dengan Susu Formula, Jangan Dipaksakan!ilustrasi bayi meminum susu (unsplash.com/@kellysikkema)

Gumoh pada bayi sebetulnya merupakan hal yang wajar, bahkan biasanya bayi-bayi yang terlalu banyak minum susu akan cenderung mudah gumoh. Namun, biasanya bayi-bayi yang gumoh akan melakukannya secara spontan, sehingga tak terlihat memaksakan diri.

Untuk bayi yang tak cocok dengan susu formulanya, justru akan cenderung muntah yang benar-benar terlihat tak nyaman. Hal ini bahkan bisa berdampak pada berat badannya, sehingga bayi tidak mampu memperoleh nutrisi dengan cukup.

Baca Juga: 5 Penyebab Bayi Enggan Meminum Susu Formula, Orangtua Harus Apa?

3. Ruam pada kulit bayi

5 Tanda Bayi Tidak Cocok dengan Susu Formula, Jangan Dipaksakan!ilustrasi bayi kecil (pexels.com/@kelvin_octa)

Ketidakcocokan pada susu sebetulnya tidak hanya terlihat dari reaksi tubuh anak. Namun, hal ini bahkan dapat terlihat dari kulit anak sebab risiko dermatitis atopik yang mungkin dapat terjadi.

Ruam pada kulit bayi tidak selalu berasal dari pakaian, sabun, atau lotion yang dikenakannya. Namun, ketidakcocokan dengan susu formula dapat menjadi salah satu penyebab dari hal seperti ini.

4. Diare

5 Tanda Bayi Tidak Cocok dengan Susu Formula, Jangan Dipaksakan!ilustrasi ibu dan bayi (pexels.com/@Yan_Krukov)

Kadang kala memang bayi memiliki frekuensi buang air besar yang jauh lebih sering dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Namun, orangtua patut waspada apabila feses yang dimiliki bayi justru memiliki beberapa ciri, seperti lebih cair dan berlendir.

Ciri di atas bisa disebabkan karena ketidakcocokan bayi dengan susu formula yang dikonsumsinya, sehingga menimbulkan reaksi diare. Jelas saja bayi perlu memperoleh penanganan tepat, sebab diare pada bayi bisa berdampak serius.

5. Bayi menjadi lebih rewel

5 Tanda Bayi Tidak Cocok dengan Susu Formula, Jangan Dipaksakan!ilustrasi bayi rewel (pexels.com/@Laura_Garcia)

Kamu sebagai orangtua mungkin akan merasa kebingungan apabila bayi menolak untuk meminum susu formula. Hal ini karena mereka akan menjadi ekstra rewel dan mudah menangis.

Sebetulnya reaksi rewel tersebut disebabkan karena rasa lapar sebab tidak minum susu atau pun ketidaknyamanan setelah meminumnya. Itulah mengapa orangtua sebaiknya perlu melakukan konsultasi lebih jauh dengan ahlinya agar kebutuhan nutrisi anak tetap dapat terpenuhi.

Terkadang memang sulit ditebak apakah anak memang benar-benar cocok dengan susu formulanya atau tidak. Namun, orangtua jelas tidak boleh cuek dengan hal seperti ini, sebab kebutuhan nutrisi anak tetap menjadi yang utama. Jangan disepelekan, ya!

Baca Juga: Mengenal Susu Kambing Formula, Tidak Umum namun Baik Bagi Anak

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya