Comscore Tracker

5 Tips Melatih Anak Membuat Jadwalnya Sendiri, Jadi Penuh Kemandirian!

Anak bisa melakukan aktivitas dengan lebih teroganisir, deh

Setiap orang pasti memiliki jadwal keseharian mereka tersendiri yang dimulai dari bangun tidur hingga waktu tidur lagi. Hal ini tidak hanya berlaku sebatas pada orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak.

Para orangtua pun bisa mulai membiasakan anak untuk menyusun jadwal keseharian mereka melalui cara yang sederhana. Untuk memulainya, para orangtua dapat mengikuti beberapa tips berikut ini agar anak-anak bisa membuat jadwalnya tersendiri.

1. Ajarkan untuk rajin bangun pagi

5 Tips Melatih Anak Membuat Jadwalnya Sendiri, Jadi Penuh Kemandirian!Ilustrasi anak kecil bangun tidur (Unsplash/Michal Bar Haim)

Hal terpenting yang harus diajarkan kepada anak terlebih dahulu adalah mengenai kedisiplinan. Tentunya berbicara tentang kedisiplinan tidak akan terlepas dari kebiasaan untuk bangun pagi.

Kamu bisa membiasakan anak untuk melakukan hal seperti itu terlebih dahulu. Nantinya baru anak dapat mencoba bentuk-bentuk kedisiplinan yang lainnya.

2. Selalu memintanya untuk menyebutkan apa aktivitas di hari ini

5 Tips Melatih Anak Membuat Jadwalnya Sendiri, Jadi Penuh Kemandirian!Ilustrasi ayah dan anak mengobrol (Unsplash/Bermix Studio)

Orangtua dan anak juga harus memiliki kualitas komunikasi yang baik. Cara menjaga kualitas tersebut adalah dengan saling mengobrol satu sama lain.

Orangtua bisa meminta anak untuk menceritakan kesehariannya apa saja. Setelah itu, minta lah anak untuk menyusun jadwal di esok harinya.

3. Membuat jadwal secara tertulis dengan semenarik mungkin

5 Tips Melatih Anak Membuat Jadwalnya Sendiri, Jadi Penuh Kemandirian!Ilustrasi jadwal keseharian (Unsplash/Elena Mozhvilo)

Kadang kala anak-anak akan jauh lebih tertarik dengan bentuk-bentuk yang menarik perhatiannya. Salah satunya adalah dengan membuat jadwal secara tertulis.

Jadwal tertulis tersebut nantinya akan dihias semenarik mungkin dan dapat dipajang di kamar anak. Nantinya ia akan selalu mengingatnya dengan baik karena tampilannya yang menarik.

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak agar Terbiasa Mandiri dengan Pekerjaan Rumah

4. Mengingatkan anak jika ada jadwal yang terlewat

5 Tips Melatih Anak Membuat Jadwalnya Sendiri, Jadi Penuh Kemandirian!Ilustrasi ibu dan anak (Pexels/Gustavo Fring)

Anak-anak tak selalu mengingat apa rutinitas yang harus ia kerjakan setiap harinya. Kadang kala ada saja rutinitas yang mungkin terlewat di salah satunya.

Jangan membentak atau bahkan memarahi anak karena hal tersebut. Justru kamu dapat mengingatkannya dengan baik, sehingga mereka paham letak kekeliruannya dimana.

5. Berikan pujian atau apresiasi bila ia patuh pada jadwal

5 Tips Melatih Anak Membuat Jadwalnya Sendiri, Jadi Penuh Kemandirian!Ilustrasi keluarga bahagia (Pexels/RODNAE Productions)

Tidak mudah bagi anak untuk dapat taat pada peraturan yang ada. Tentunya menjadi sesuatu yang luar biasa bila anak bisa cenderung taat dengan jadwal keseharian yang telah dibuat.

Untuk tetap menjaga kepercayaan dirinya, berikan apresiasi terhadapnya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pujian atau pun hadiah. Nantinya mereka akan merasa apa yang dilakukannya telah dihargai.

Semua hal di atas dapat dicoba untuk melatih anak membuat jadwal kesehariannya sendiri. Dengan demikian nantinya anak-anak akan terbiasa dengan hal tersebut. Mudah untuk dicoba, bukan?

Baca Juga: 5 Alasan Penting Cewek Harus Berani Mandiri secara Finansial

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya