Comscore Tracker

5 Tips Mencegah agar Kakek Nenek Tidak Terlalu Memanjakan Cucu, Ingat!

Terapkan batasan agar anak juga tidak menjadi manja

Menyayangi cucu tentu menjadi hal yang sangat wajar bagi para kakek dan nenek. Mereka bahkan akan melakukan apa pun untuk dapat menyenangkan cucu-cucunya.

Meskipun memiliki niat yang sangat baik, terlalu memanjakan cucu juga akan memberikan dampak yang kurang baik. Para orangtua dapat mengatasi hak tersebut dengan melakukan beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Buatlah aturan ketat, khususnya pada anak

5 Tips Mencegah agar Kakek Nenek Tidak Terlalu Memanjakan Cucu, Ingat!Ilustrasi ibu dan anak sedang berbicara (Pexels/Yan Krukov)

Kamu tentu saja harus secara tegas dalam memberlakukan aturan yang jelas pada anak. Hal ini termasuk dengan aturan yang harus dilaksanakan oleh anak.

Aturan tersebut bisa berisi poin-poin apa saja yang harus anak taati dan poin-poin apa saja yang bersifat opsional. Semuanya dapat disesuaikan dengan karakteristik anak dan gaya mendidiknya.

2. Pastikan kompak dengan pasangan

5 Tips Mencegah agar Kakek Nenek Tidak Terlalu Memanjakan Cucu, Ingat!Ilustrasi obrolan antara orangtua dan anak (Pexels/Monstera)

Dalam mengatasi persoalan semacam ini, kamu tidak bisa hanya bergerak sendirian. Kamu tentunya juga harus kompak dengan pasangan dalam melakukannya.

Melalui sikap yang kompak, kamu dan pasangan dapat membantu untuk mencegah anak agar tidak terlalu manja saat bersama kakek neneknya. Melalui sikap yang tegas dari kedua orangtua, anak pun juga akan merasa segan.

Baca Juga: Cucu Kesayangan, 9 Potret Masa Kecil Artis Bersama Kakek dan Nenek

3. Mengomunikasikan dengan kakek dan nenek

5 Tips Mencegah agar Kakek Nenek Tidak Terlalu Memanjakan Cucu, Ingat!Ilustrasi mertua dan menantu (Pexels/Andrea Piacquadio)

Tentunya kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengkomunikasikan hal tersebut dengan sosok kakek dan nenek. Hal ini termasuk dengan batasan-batasan yang ada dan cara untuk tidak memanjakan cucu-cucunya.

Pastikan kamu selalu menyampaikannya dengan sopan dan tidak seakan menggurui. Kamu dan pasangan juga bisa meminta nasihat agar bisa lebih baik lagi dalam mendidik anak.

4. Meminta anak menuliskan daftar keinginan dan cara memperolehnya

5 Tips Mencegah agar Kakek Nenek Tidak Terlalu Memanjakan Cucu, Ingat!Ilustrasi gadis kecil menulis (Pexels/Andrea Piacquadio)

Kadang kala anak-anak memiliki keinginannya tersendiri yang sulit terwujud saat meminta pada orangtuanya. Tak heran bila sebaliknya justru anak akan meminta hal tersebut pada kakek neneknya yang dianggap akan selalu memberikan apa pun padanya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, mintalah anak untuk menuliskan daftar keinginannya. Setelah sudah, bicarakan pada anak tentang bagaimana cara memperolehnya melalui proses. Hal ini akan membuat anak memahami bahwa untuk memperoleh sesuatu memerlukan proses yang panjang dan tidak mudah.

5. Meminta anak untuk mempertimbangkan keinginannya

5 Tips Mencegah agar Kakek Nenek Tidak Terlalu Memanjakan Cucu, Ingat!Ilustrasi ibu dan anak (Pexels/Pavel Danilyuk)

Anak-anak mungkin memiliki keinginan yang bermacam-macam dan berbeda. Kadang kala keinginan tersebut tidak relevan dan tidak terlalu penting.

Kamu dapat mendidik anak sedini mungkin untuk mempertimbangkan apa yang ia inginkan. Mintalah anak untuk menimbangkan urgensi atau kepentingan dalam membeli barang tersebut. Nantinya anak akan terbiasa untuk tidak mudah membeli barang yang minim kepentingannya.

 

Semua cara di atas tentunya cocok dilakukan untuk menghindari anak agar terlalu manja dengan kakek neneknya. Terapkan begini, ya!

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak agar Menjadi Pribadi yang Rajin Bersedekah

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya