Comscore Tracker

5 Tips Mendidik Anak agar Menjadi Pribadi yang Rajin Bersedekah

Selalu penuh empati dengan orang lain

Semua orangtua mengharapkan yang terbaik untuk para anak-ananya dalam beragam hal. Tentunya salah satunya juga berkaitan dengan kebiasaan baik yang ia lakukan setiap harinya.

Kebiasaan yang ingin sekali orangtua inginkan dari anak-anaknya adalah sikap rajin bersedekah. Hal ini jelas bisa dididik sejak anak kecil untuk membuatnya terbiasa dengan hal ini. Untuk mendidik anak menjadi pribadi yang demikian, beberapa tips berikut ini bisa kamu coba.

1. Membiasakan anak bersedekah sejak kecil

5 Tips Mendidik Anak agar Menjadi Pribadi yang Rajin BersedekahIlustrasi mengenalkan uang (Pexels/Karolina Grabowska)

Bersedekah tidak bisa kamu ajarkan secara mendadak pada anak. Kamu harus membiasakannya sejak anak kecil. Kebiasaan seperti ini kelak akan terus terbawa bahkan hingga anak besar.

Jangan sampai anak justru tidak dibiasakan untuk melakukan hal yang demikian. Nantinya contoh seperti itu akan memengaruhi gaya bersikap anak hingga ia dewasa.

2. Mengajarkan hidup sederhana

5 Tips Mendidik Anak agar Menjadi Pribadi yang Rajin BersedekahIlustrasi ibu dan anak (Pexels/Pavel Danilyuk)

Memiliki kebiasaan baik untuk gemar bersedekah biasanya erat kaitannya dengan hidup sederhana. Pola hidup sederhana juga tidak bisa kamu ajarkan begitu saja dengan anak.

Biasakan untuk mendidik anak mengenai esensi hidup dengan sederhana. Melalui cara tersebut, maka anak akan sangat mensyukuri hidupnya dan genar menolong orang lain dengan kebiasaan gemar bersedekah.

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak agar Jadi Pemaaf, Jangan Hakimi Mereka

3. Meminta anak untuk selalu menyisihkan dari uang sakunya

5 Tips Mendidik Anak agar Menjadi Pribadi yang Rajin BersedekahIlustrasi saling berbagi (Unsplash/Katt Yukawa)

Kamu tentunya bisa mengajarkan anak untuk gemar bersedekah dengan memintanya untuk melakukan hal tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengajak anak untuk menyisihkan keuangannya.

Uang tersebut bisa diperoleh dari uang jajan yang anak sengaja sisihkan untuk bersedekah. Dengan demikian, anak juga akan mampu belajar caranya berbagi dan ikhlas dalam bersedekah.

4. Mengajarkan esensi bersedekah

5 Tips Mendidik Anak agar Menjadi Pribadi yang Rajin BersedekahIlustrasi ibu dan anak (Pexels/Monstera)

Kadang kala anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi mengenai beragam hal. Salah satunya berkaitan dengan alasan mengapa seseorang harus rajin bersedekah.

Para orangtua tentu memiliki peran penting untuk mengajarkan anak mengenai esensi bersedekah. Dengan mengetahui alasannya, maka anak pun dapat melakukannya dengan ikhlas.

5. Jadikan orangtua sebagai contohnya

5 Tips Mendidik Anak agar Menjadi Pribadi yang Rajin BersedekahIlustrasi anak diberi uang (Pexels/Karolina Grabowska)

Kamu tidak bisa hanya meminta anak untuk rajin bersedekah tanpa contoh yang nyata. Hal ini tentunya bisa langsung dicontohkan oleh para orangtuanya langsung.

Orangtua dapat menjadi contoh nyata untuk nantinya anak tiru. Melalui apa yang orangtua lakukan, maka anak juga akan terbiasa dengan hal tersebut.

Semua contoh di atas tentunya akan menentukan bagaimana anak memiliki kebiasaan untuk rajin bersedekah. Biarkan anak memahami esensi bersedekah, ya!

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak Menjadi Disiplin Tanpa Menggunakan Kekerasan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya