Comscore Tracker

5 Tips Mengajarkan Anak agar Selalu Cinta Damai pada Sesamanya

Kelak anak akan tumbuh dengan karakter yang baik

Menciptakan suasana hidup yang damai tentunya menjadi keinginan dan impian bagi semua orang. Hal ini tentu memerlukan banyak usaha untuk dapat memperoleh kehidupan yang penuh dengan cinta dan kasih.

Untuk bisa melakukan hal yang demikian, maka kamu dapat mendidik anak untuk melakukannya sejak kecil. Tentunya kamu dapat mengajarkan anak mengenai cinta damai melalui beberapa tips yang berikut ini.

1. Menanamkan kebiasaan meminta maaf

5 Tips Mengajarkan Anak agar Selalu Cinta Damai pada SesamanyaIlustrasi teman-teman tersenyum (Pexels/Archie Binamira)

Untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi semua orang, maka kamu harus dapat mengajarkan anak untuk saling memaafkan. Hal ini harus terus ditanamkan bahkan sejak anak masih kecil.

Dengan menanamkan kebiasaan meminta maaf sejak kecil, maka anak akan terbiasa dengan hal tersebut. Kelak anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik dan pemaaf.

2. Mengajarkan anak cara menghindari konflik

5 Tips Mengajarkan Anak agar Selalu Cinta Damai pada SesamanyaIlustrasi anak kecil menangis (Unsplash/Lucas Metz)

Konflik tidak hanya dapat ditemukan oleh orang-orang dewasa. Anak-anak kecil juga bisa menemui konflik melalui banyak alasan, bahkan untuk hal yang sepele sekalipun.
Tentunya akan jauh lebih baik untuk anak agar dapat diajarkan mengenai cara mencegah konflik sejak kecil sekalipun. Hal ini untuk membantu menghindari anak dari segala bentuk konflik yang dapat merusak kedamaian yang ada.

Baca Juga: 5 Kunci Healthy Parenting, agar Anakmu Tumbuh dengan Baik dan Bahagia

3. Memupuk rasa sayang anak pada sesama

5 Tips Mengajarkan Anak agar Selalu Cinta Damai pada SesamanyaIlustrasi anak-anak bermain (Unsplash/Katherine Hanlon)

Memiliki rasa sayang pada sesama tentunya menjadi hal utama untuk dimiliki semua orang. Dengan memiliki rasa sayang pada sesama, maka kedamaian pun tetap dapat diperoleh melalui hal tersebut.

Orangtua dapat mendidik anak untuk dapat memupuk rasa sayang bahkan sejak kecil. Melalui hal kecil sekalipun, kamu sudah dapat mengajarkan anak dalam menciptakan kedamaian terhadap sesama.

4. Selalu mengajarkan esensi bersyukur pada anak

5 Tips Mengajarkan Anak agar Selalu Cinta Damai pada SesamanyaIlustrasi anak kecil sedang berdoa (Pexels/Binti Malu)

Tidak mudah dalam mengajarkan anak untuk dapat menyayangi sesama ataupun memberikan kedamaian pada orang-orang di sekitar. Salah satu kuncinya adalah dengan mengajarkan anak mengenai esensi bersyukur.

Melalui cara bersyukur, maka anak dapat melihat orang-orang lain di sekelilingnya. Cara ini akan membuat anak dapat saling membantu dan menebar rasa cinta pada sesamanya.

5. Membiasakan anak untuk ramah dengan lingkungan sekitarnya

5 Tips Mengajarkan Anak agar Selalu Cinta Damai pada SesamanyaIlustrasi anak kecil yang rendah hati (Unsplash/Jose Ibarra)

Memperoleh kedamaian dan rasa cinta di sekitar tentunya dapat diperoleh melalui lingkungan yang ramah dan mendukung. Hal ini tentunya dapat diajarkan pada anak bahkan sejak kecil.

Tentunya para orangtua dapat mengajarkan anak untuk dapat bersikap ramah terhadap sesamanya. Sikap seperti ini akan membuat anak cenderung bersikap baik bahkan hingga ia tumbuh dewasa.

Tentunya tidak sulit dalam mendidik anak untuk dapat mencintai dan membantu memberikan kedamaian pada orang di sekitar. Kelak akan tumbuh dengan sikap yang positif!

 

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak Menjadi Disiplin Tanpa Menggunakan Kekerasan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya