Comscore Tracker

5 Tips Penting saat Membesarkan Anak Kembar, Penuh Tantangan!

Orangtua harus dituntut aktif, adil, dan peka terhadap anak

Memiliki anak merupakan suatu anugerah besar yang harus senantiasa disyukuri oleh setiap pasangan. Hal ini karena membesarkan anak sama halnya dengan diberikan tanggung jawab baru yang harus terus dijaga selamanya. Jika membesarkan satu anak saja sudah terasa penuh tanggung jawab, apalagi jika harus membesarkan anak kembar sekaligus.

Tentunya tidak mudah untuk menjadi orangtua bagi dua anak kembar yang memiliki perbedaan karakter. Tak jarang ada banyak kesulitan yang kerap kali harus dihadapi, sehingga hal tersebut harus dipertimbangkan dengan baik oleh setiap orangtua. Jika kamu dan pasangan dianugerahi anak kembar, maka beberapa hal berikut ini dapat menjadi cara bijak dalam membesarkan mereka.

1. Memahami karakter setiap anak dengan baik

5 Tips Penting saat Membesarkan Anak Kembar, Penuh Tantangan!ilustrasi menasehati anak (pexels.com/@ketut-subiyanto)

Setiap anak dilahirkan dengan berbagai karakter yang berbeda-beda, bahkan hal ini secara natural dimiliki oleh anak-anak hingga orang dewasa. Anak kembar meski pun lahir dengan jarak waktu yang hampir bersamaan, namun karakternya jelas tidak akan sama. Kamu tak akan menemukan persamaan yang benar-benar total jika berbicara mengenai karakter anak kembar.

Itulah mengapa orangtua harus secara bijak dalam memahami karakter setiap anak dengan baik. Jangan sampai orangtua justru tidak mengenai anak secara personal, sehingga justru membuat anak merasa tak nyaman dengan orangtuanya.

2. Tidak membedakan kasih sayang dan perhatian pada anak

5 Tips Penting saat Membesarkan Anak Kembar, Penuh Tantangan!ilustrasi menyemangati anak (pexels.com/@Elina_Fairytale)

Orangtua memiliki tanggung jawab penting dalam membesarkan anak tidak hanya dalam memberikan materi saja, namun juga untuk mencurahkan kasih sayang dan perhatiannya. Sering kali hal ini mungkin menjadi tantangan tersendiri, sebab banyak anak kembar yang justru merasa dibedakan oleh orangtuanya dalam hal kasih sayang dan perhatian.

Orangtua tentunya harus secara bijak memastikan anak-anaknya tak kekurangan kasih sayang dan perhatian. Tidak ada anak kesayangan, sebab semuanya adalah buah hati dari orangtua sehingga haruslah diperlakukan sama.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Bukanlah Orangtua yang Adil bagi Anak-anak, Hindari!

3. Jalin komunikasi yang baik dengan anak-anak

5 Tips Penting saat Membesarkan Anak Kembar, Penuh Tantangan!ilustrasi anak dan ibu (pexels.com/@wildlittlethingsphoto)

Tidak mudah untuk memahami anak-anak dengan baik, apalagi bila sudah berkaitan dengan perasaannya. Sering kali contoh seperti ini banyak terjadi pada orangtua yang memiliki komunikasi buruk dengan anak-anaknya. Itulah mengapa komunikasi menjadi pondasi dalam untuk mengeratkan hubungan antara orangtua dan anak.

Orangtua harus peka untuk menjalin komunikasi yang baik dengan anak-anak sejak mereka kecil. Mulai dari mendengarkan setiap keluh kesahnya, perasaannya, hingga mencoba memahami mereka secara lebih dekat layaknya teman sendiri. Hal ini akan secara otomatis membuat anak-anak merasa nyaman dan dekat dengan orangtuanya sendiri, tanpa merasa dibedakan.

4. Membuat jadwal keseharian untuk dilakukan bersama anak-anak

5 Tips Penting saat Membesarkan Anak Kembar, Penuh Tantangan!ilustrasi mengobrol (pexels.com/@Ketut-Subiyanto)

Nyatanya membesarkan anak kembar merupakan hal yang tak mudah, bahkan bila kamu memiliki anak kembar dengan jumlah lebih dari dua anak. Jelas saja hal ini membutuhkan banyak tantangan tersendiri, khususnya dalam mengurus aktivitas mereka sehari-hari dengan baik.

Hal tersebut dapat teratasi dengan membuat jadwal keseharian terlebih dahulu untuk dilakukan bersama anak-anak. Orangtua dapat menerapkan jadwal tersebut untuk senantiasa dipraktikan bersama anak, sehingga setiap aktivitas yang dilakukan mereka terstruktur dan tidak terlalu merepotkan semuanya.

5. Orangtua jangan berhenti untuk terus belajar dan berdiskusi

5 Tips Penting saat Membesarkan Anak Kembar, Penuh Tantangan!ilustrasi menemani anak (unsplash.com/@@robowunderkind)

Menjadi orangtua adalah suatu tanggung jawab yang seakan tak pernah habis masanya. Semua orangtua bertanggung jawab dalam membesarkan anak-anaknya sejak baru lahir sampai dewasa nanti, bahkan masih terus membimbing anak walau mereka sudah memiliki keluarganya sendiri. Hal ini membuat orangtua harus terus belajar menjadi sosok yang lebih baik lagi.

Cara yang tepat untuk membantu orangtua dalam belajar adalah dengan banyak membaca buku, menonton tayangan parenting yang baik, hingga tak berhenti untuk terus berdiskusi dengan sesama orangtua yang memiliki anak kembar. Hal tersebut cukup untuk menambah pengetahuan dan pengalaman tersendiri.

Meski penuh tantangan, nyatanya membesarkan anak kembar memberikan banyak pengalaman dan cerita yang menarik. Memahami tumbuh kembang anak-anak yang memiliki fisik mirip, namun juga dengan karakter yang berbeda. Terpenting orangtua harus terus mau untuk belajar, ya!

Baca Juga: 7 Tipe Kembar Siam Berdasarkan Tempat Mereka Menyatu

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya