Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Ibu Rumah Tangga Juga Perlu Berpendidikan Tinggi

Toh, mereka juga mendidik anak-anaknya!

Topik soal ibu rumah tangga, karier, dan pendidikan tinggi tampaknya masih menarik buat netizen. Sebagian orang merasa sayang jika ilmu yang didapat selama kuliah tak diamalkan selama karier. Sebagian lagi tak pernah merasa sayang sebab pendidikan tersebut dianggap berguna walaupun kelak disibukkan dengan mengasuh anak.

Apa pun itu pendapat orang, sah-sah saja jika itu diterapkan ke pribadi/sikon masing-masing dan tidak dipaksakan pada orang lain. Untuk ibu rumah tangga yang berpendidikan tinggi, setidaknya pasti pernah merasakan lima alasan di bawah ini.

1. Ilmu yang ibu rumah tangga dapatkan, juga akan diwariskan ke anak dan cucunya agar kelak jadi generasi cerdas

5 Alasan Kenapa Ibu Rumah Tangga Juga Perlu Berpendidikan TinggiPexels/Victoria Borodinova

Beberapa studi dan penelitian telah menguji hal ini. Seperti studi akademik oleh University of Essex dan University College London. Pada studi tersebut ditemukan, anak yang sering menghabiskan waktu dengan ibu mengalami peningkatan signifikan dengan kemampuan kognitif dan sosialnya. Kemampuan ini pun meningkat ketika ibunya berpendidikan tinggi.

Prof. Marco Francesconi (Professor Department of Economics University of Essex) yang memiliki minat penelitian pada ekonomi keluarga, menyampaikan jika level pendidikan yang dicapai ibu berdampak nyata dengan tumbuh kembang anak usia dini. Contohnya adalah saat anak belajar membaca di usia 3-5 tahun, kemampuan verbal anak jauh lebih baik pada ibu yang berpendidikan tinggi ketimbang yang tidak.

2. Teladan dari ibu adalah motivasi yang baik agar sang buah hati dapat mengejar pendidikan tinggi & prestasi

5 Alasan Kenapa Ibu Rumah Tangga Juga Perlu Berpendidikan TinggiPexels/Victoria Borodinova

Orangtua pada umumnya pasti ingin sang anak punya nasib lebih baik darinya. Baik dari pekerjaan maupun pendidikan. Bayangkan jika seorang anak diasuh ibu yang berpendidikan tinggi! Tentu motivasi dan doa mengejar ilmu setinggi mungkin tidak akan pernah habis.

Kelak sang anak berhasil mencapai pendidikan tinggi, bukan cuma membuat bahagia keluarganya saja. Kehidupan sang anak pun lebih baik karena sarat kemampuan yang dapat diaplikasikan dan mengenal sejumlah relasi positif untuk masa depan.

3. Punya ibu rumah tangga yang berpendidikan tinggi bukan berarti sang anak bakal jadi ibu rumah tangga juga. Justru, ia bebas jadi apa pun

5 Alasan Kenapa Ibu Rumah Tangga Juga Perlu Berpendidikan TinggiPexels/Oleksandr Pidvalnyi

Punya ibu yang tak bekerja dan mengurus rumah tangga, bukan berarti tak bisa membuat anaknya sukses. Pun, tak berarti sang anak bakal mengurus rumah tangga saja di masa depan. Justru ibu yang berpendidikan tinggi tersebut, bakal lebih peka pada minat dan bakat si buah hati berkat kedekatannya.

Tidak ada paksaan, ia akan membebaskan sang anak jadi apa pun. Ketika minat dan bakatnya sudah terlihat, yang dilakukannya kemudian adalah mengembangkan minat dan bakat sang buah lewat jalur tertentu. Kelak, kesuksesan si anak tak bisa diragukan karena jejaknya sudah dimulai dari kecil.

Sebuah penelitian panjang pada tahun 2009 terhadap 856 warga semi pedesaan New York, juga menyatakan hubungan pendidikan orangtua yang tinggi serta kesuksesan si anak. Dikatakan, pendidikan orangtua saat si anak berusia 8 tahun akan menentukan kesuksesan pendidikan dan karier sang anak dalam waktu 40 tahun ke depan.

Baca Juga: Pendidikan Antikorupsi Jadi Kurikulum Wajib di Sekolah Tahun Depan

4. Dewasa ini, jadi ibu rumah tangga bukan berarti minim karya. Banyak kok yang bisa bekerja di rumah sembari mengasuh anak dengan berbisnis

5 Alasan Kenapa Ibu Rumah Tangga Juga Perlu Berpendidikan TinggiPexels/Igor Starkov

Dengan kecanggihan teknologi, sudah tak terhitung lagi berapa banyak ibu rumah tangga yang sukses berkarya sekaligus berumah tangga. Mereka tetap bisa mengasuh anak sembari berbisnis online. Mereka juga bisa membuka toko offline sambil menyuapi dan menyusui anaknya. Di sisi lain, ada yang masih berkarya dengan kegiatan sosial.

Meski tidak semuanya punya penghasilan dan jabatan segengsi kerja kantoran, apresiasi tetap layak disematkan pada mereka. Toh, keinginan mereka berkarya dibarengi dengan membantu suami itu tulus. Apalagi, mengasuh anak dan rumah pun masih dapat dikerjakan berbarengan.

5. Tak ada yang sia-sia dengan jadi ibu rumah tangga. Berpendidikan tinggi atau tidak, menjadi ibu adalah tanggung jawab

5 Alasan Kenapa Ibu Rumah Tangga Juga Perlu Berpendidikan Tinggipexels.com/shari-murphy

Mau berpendidikan tinggi atau tidak, menjadi ibu tetap menjadi tanggung jawab wanita usai melahirkan. Dengan begitu, tugas mengasuh anak pun tidak akan terlepas meskipun punya karier. Jadi, sudah seharusnya sesama ibu saling menghargai dan menghormati pilihan masing-masing bukan?

Itu dia lima alasan kenapa ibu rumah tangga juga perlu berpendidikan tinggi. Terasa masuk akal, bukan? Yuk, saling menghargai dan menghormati pilihan hidup masing-masing!

Baca Juga: 8 Ide Bermain Ini Bisa Jadi Pilihan Mengisi Liburan Sekolah

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya