Comscore Tracker

Gak Boleh Asal, Ini 6 Fakta Gentle Birth yang Dipakai Sharena Gunawan

Tetap harus didampingi tenaga medis, lho!

Beberapa hari yang lalu, Sharena Gunawan melahirkan anak keduanya. Sama seperti kelahiran anak pertama, aktris ini menggunakan metode persalinan gentle birth lagi. Konon, metode ini tidak menimbulkan sakit yang berlebih dan panik seperti persalinan pada umumnya. Ia memanfaatkan unsur alami tubuh yang meliputi body, mind, dan soul. Sebelum penasaran, ini enam fakta gentle birth yang dipakai Sharena Gunawan.

1. Gentle birth adalah persalinan yang dilakukan secara nyaman, tenang, lembut, santun, & memanfaatkan semua unsur alami dalam tubuh

Gak Boleh Asal, Ini 6 Fakta Gentle Birth yang Dipakai Sharena GunawanPexels/Josh Willink

Konsep persalinan ini juga minim intervensi seperti obat-obatan atau alat kedokteran agar minim trauma. Metode ini meyakini bahwa setiap perempuan punya potensi melahirkan sealamiah mungkin. Ia mengajarkan perempuan untuk menyatu, mempercayai isyarat tubuh, serta meyakini jika tubuh mampu berfungsi sebagaimana seharusnya.

Untuk menangkap bayi yang keluar dari rahim saja, tim medis harus melakukan dengan lembut dan dipindahkan tanpa paksaan di kepala, bahu, dan tubuh bayi. Ibu hanya harus mengejan sampai kepala bayi menyembul dan tim medis membantu dengan tarikan lembut.

2. Syarat melakukan gentle birth adalah kamar bersalin harus hening dan yang masuk hanyalah orang-orang terdekat yang memberi semangat

Gak Boleh Asal, Ini 6 Fakta Gentle Birth yang Dipakai Sharena Gunawaninstagram.com/diabirthphoto

“Untuk melangsungkan gentle birth, suasana kamar bersalin mesti hening. Karena itu, yang boleh masuk hanya orang terdekat yang memberi semangat,” ungkap dr. R.A. S. Danis Wati Utari, SpOG (dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit Umum Bunda Cikini, Jakarta). 

Meskipun berlangsung dalam suasana yang nyaman, bukan tidak mungkin sang ibu punya rasa takut dan was-was. Makanya, dukungan suami adalah hal yang utama demi tercapainya rasa nyaman dan aman. Selain itu, sang ibu boleh memilih posisi melahirkan yang sesuai keinginan dan kenyamanannya. 

3. Untuk membantu menenangkan, gentle birth bisa dilakukan berbarengan dengan water birth atau lotus birth

Gak Boleh Asal, Ini 6 Fakta Gentle Birth yang Dipakai Sharena Gunawaninstagram.com/andienaisyah

Untuk memberikan kenyamanan pada ibu, ayah, dan si janin saat menghadapi persalinan, metode gentle birth kerapkali dikombinasikan dengan lotus birth atau water birth. Lotus birth adalah metode persalinan di mana tali pusar dibiarkan tetap terhubung dengan plasenta sampai akhirnya kering dan putus dengan sendiri. Sementara itu, water birth adalah persalinan dalam kolam berisi air hangat.

Kombinasi metode itu bisa dilakukan oleh ibu hamil selama telah melakukan konsultasi dengan tenaga medis. Kalau kehamilan tidak ada indikasi masalah, ibu dan pasangannya berhak memutuskan akan mengambil metode ini atau tidak. Sebab jika tidak dilakukan dengan anjuran dokter, resiko infeksi hingga bayi kuning bisa terjadi.

Baca Juga: 6 Fakta Water Birth yang Harus Calon Ibu Pertimbangkan

4. Gentle birth tidak bisa dilihat sebagai metode saat persalinan saja karena perlu persiapan sejak masa kehamilan

Gak Boleh Asal, Ini 6 Fakta Gentle Birth yang Dipakai Sharena Gunawaninstagram.com/mrssharena

Tidak hanya persalinan pada umumnya, gentle birth juga perlu persiapan matang sampai masa persalinan. Ini agar persalinan tetap dapat berlangsung dengan tenang dan tepat. Dr. Gowri Motha (dokter spesialis obgin kenamaan di Inggris dan pendiri "Gentle Birth Method") menyarankan pasien-pasiennya melatih pernapasan, pijat area vaginal dan area perineal, rutin olahraga ringan, dan menata konsumsi makanan yang tepat. 

Gowri menyebut masa persiapan tersebut sebagai reflexology, the Bowen Technique, Cranio- Sacral technique, Ayurveda, and Alexander technique. Mental ibu hamil pun perlu persiapan demi persalinan yang tenang. Meditasi adalah salah satu caranya. Lewat meditasi, pikiran dan afirmasi positif serta ketenangan jiwa selalu muncul. 

5. Pasca persalinan gentle birth, hal paling penting untuk dilakukan adalah menaruh bayi di pelukan ibu

“Begitu lahir, bayi ditaruh di pelukan ibu beberapa saat. Gentle birth juga membolehkan bayi dalam pelukan ibu sambil merangkak mencari puting susu untuk menyusui,” papar Danis. Ditambahkannya, hal tersebut sudah diterapkan melalui metode inisiasi menyusui dini (IMD). Namun perkecualian jika kondisi kesehatan sang buah hati sedang jelek dan harus segera diinkubator untuk penanganan yang tepat.

6. Meski memanfaatkan unsur alami, metode gentle birth tetap harus didampingi oleh bidan dan dokter berpengalaman

Gak Boleh Asal, Ini 6 Fakta Gentle Birth yang Dipakai Sharena GunawanPexels/rawpixel.com

Sempat jadi kontroversi, pada akhirnya WHO telah menyetujui metode gentle birth ini. Namun ada catatannya. Apabila kehamilan mengalami komplikasi dan persalinan punya resiko hilangnya nyawa ibu dan bayi, gentle birth jelas-jelas akan dilarang. 

Itu dia enam fakta gentle birth yang dipakai Sharena Gunawan. Jadi walaupun terasa menyenangkan dan tenang, tetap jangan lupakan konsultasi dengan dokter dan meminta pendampingan tenaga medis saat hari tiba ya!

Baca Juga: Berunsur Bali dan Inggris, Ini Arti Nama Putri Sharena & Ryan Delon

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Just For You