Comscore Tracker

Inspirasi Nama Anak Ebiet G. Ade, Kosakata Jawa nan Elok

Namanya Adera masih panjang, lho!

Nama musisi Ebiet G. Ade masih dikenal hingga saat ini. Selain karena lagunya yang apik dan merasuk kalbu, bakat musiknya itu diteruskan kepada anak-anaknya. Ada Adera yang ternama sebagai penyanyi solo dan diikuti oleh Segara. Sementara Abietyasakti bekerja sebagai produser dan penulis lagu.

Di luar bakat musik, anak-anak Ebiet juga memiliki nama yang sangat bernuansa Jawa. Kita simak yuk, inspirasi nama anak dari keluarga Ebiet G. Ade berikut!

1. Berpose nomor dua dari kiri, ada putra Ebiet yang bernama Abietyasakti Ksatria Kinasih. Nama "Kinasih" bermakna yang dikasihi

Inspirasi Nama Anak Ebiet G. Ade, Kosakata Jawa nan Elokinstagram.com/adera_ega

Nama "Abietyasakti" bisa dipenggal menjadi tiga kata. "Abie" dalam bahasa Indonesia, bermakna keluarga. Sama-sama dari bahasa Indonesia, "Tya" adalah pekerjaan yang sempurna. Sedangkan "Sakti" bisa berarti kekuatannya besar (Jawa), energi atau kebaikan (Hindi), atau berilmu (Indonesia).

"Ksatria" adalah nama Indonesia yang maknanya adalah pahlawan atau pejuang. "Kinasih" berasal dari kata "Kasih", sehingga makna katanya tak jauh dari cinta, kasih, dan sayang. "Kinasih" adalah sangat dikasihi (Indonesia) dan sang kekasih (Jawa).

2. Dikenal dengan lagu "Lebih Indah", Aderaprabu Lantip Trengginas atau Adera adalah anak laki-laki Ebiet yang lainnya

Inspirasi Nama Anak Ebiet G. Ade, Kosakata Jawa nan Elokinstagram.com/adera_ega

"Adera" dapat diambil dari kata Ade. Makna yang dikandungnya adalah adik (Indonesia), royalitas (Afrika), bangsawan (Jerman), dan mahkota atau kerajaan (Jawa). Nama ini juga bisa menjadi akronim dari Ade, penggalan nama Ebiet dan Rahayu, penggalan nama istri Ebiet. "Prabu" adalah pemimpin (Indonesia) dan raja yang kuat (Sansekerte).

"Lantip" adalah kosakata Jawa yang telah terdaftar di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Artinya adalah berotak cemerlang atau cerdas. "Trengginas" juga kata berbahasa Jawa dan berarti lincah, terampil, atau tangkas.

Baca Juga: Inspirasi Nama Anak dari Keluarga Lula Kamal, Nuansa Arab Penuh Doa

3. Jadi satu-satunya anak perempuan dalam keluarga Ebiet, Byatriasa Pakarti Linuwih adalah anak yang ketiga

Inspirasi Nama Anak Ebiet G. Ade, Kosakata Jawa nan Elokinstagram.com/adera_ega

Kata pertama "Byatriasa" dapat dipecah menjadi tiga kalimat. "Bya" berasal dari bahasa Italia "Biya" dan maknanya adalah putih atau terang. Sementara "Tri" adalah ketiga (Indonesia) atau anak ketiga (Jawa). Lalu, "Asa" punya makna dalam beragam bahasa. Artinya adalah dewa (Skandinavia), penyembuh (Ibrani), dan seperti atau mirip (Persia).

Sementara "Pakarti" adalah bahasa Jawa dari "Pekerti". Makna yang dikandungnya adalah perangai, tabiat, akhlak, atau watak. "Linuwih" adalah lebih atau berlebih. 

4. Jadi anak bungsu, Segara Banyu Bening pun mengikuti jejak Adera menjadi penyanyi. Nama "Segara" sendiri bermakna lautan

Inspirasi Nama Anak Ebiet G. Ade, Kosakata Jawa nan Elokinstagram.com/segara_ega/

"Segara" adalah bahasa Jawa dari lautan. "Banyu" adalah air. "Bening" bermakna jernih. Jadi, keseluruhan nama tersebut berarti lautan berair jernih.

Itulah inspirasi nama anak dari keluarga Ebiet G. Ade. Kosakata Jawa yang dipakai, mengusung arti nama yang indah nan elok bukan?

Baca Juga: Inspirasi Nama Anak Bertema Arab Keluarga Azis Gagap

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Just For You