Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dilakukan Orangtua Baru Agar Punya Waktu Tidur Cukup

Bagi orangtua baru, bisa tidur itu sebuah berkah

Kesusahan punya waktu tidur yang berkualitas adalah setiap masalah yang pasti dialami oleh orangtua baru, terutama jika baru anak pertama. Hal-hal seperti bayi menangis lapar di malam hari, popok yang perlu diganti, bahkan saat bayi menolak tidur di malam, masalah seperti ini pasti akan dialami oleh para orangtua. Gak heran, kantong mata tebal adalah ciri khas bagi para orangtua baru.

Namun sebenarnya, meski baru jadi orangtua, kamu pun tetap bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas lho. Dilansir dari berbagai sumber, in hal yang perlu dilakukan para orangtua baru untuk menciptakan waktu tidur yang berkualitas. Nah buat kamu yang mau menjadi orangtua, sudah siap melakukannya?

1. Ciptakan rutinitas tidur yang sama setiap hari

5 Hal yang Perlu Dilakukan Orangtua Baru Agar Punya Waktu Tidur Cukupunsplash.com/Kevin Keith

Meski masih bayi, namun mereka sudah bisa diajarkan rutinitas tidur yang baik lho. Misalnya, ketika tidur siang, kamar tetap terang dan tetap ada suara. Namun pada saat tidur malam, kamar gelap, dingin, dan hening. Nah pada saat bayi menjalani rutinitas tidur ini, sebagai orangtua baru kamu juga perlu memanfaatkannya.

Ketika si bayi beristirahat di siang hari, tak masalah kalau kamu mau bekerja atau ikut bayi tidur siang. Namun pada malam hari, orangtua perlu langsung mengikuti jam tidur bayi. Tak masalah juga jika orangtua baru pisah ranjang untuk sementara waktu, agar keduanya tak punya masalah dengan jam tidur. Ingat, tidur yang cukup juga bisa membuat hubungan orangtua bahagia lho. Hubungan orangtua yang bahagia dan tidak stres, bayi pun juga tidak mudah rewel.

2. Tinggalkan urusan pekerjaan

5 Hal yang Perlu Dilakukan Orangtua Baru Agar Punya Waktu Tidur Cukupunsplash.com/Christina @ wocintechchat

Namanya baru jadi orangtua baru, tentu kamu mendapatkan cuti hamil sekitar tiga bulan lamanya. Pada masa ini, tinggalkan pekerjaanmu dan jangan memikirkannya sama sekali. Urusan pekerjaan yang di kantor, jangan terbawa pikiran apalagi di bulan-bulan pertama kamu merawat bayimu yang baru lahir tersebut.

Bahkan pada saat kamu sudah waktunya masuk kantor dan berurusan dengan pekerjaan, tetap praktekkan prinsip, "kantor ya di kantor, di rumah sudah jadi urusan keluarga". Jadi saat di kantor, berkonsentrasilah dan fokus mengerjakan tugasmu. Saat pulang, tak perlu dipikirkan lagi urusan kantor dan nikmatilah waktumu dengan keluarga. Prinsip seperti ini akan membuat waktu tidurmu enak dan panjang lho.

Baca Juga: 7 Hal Mengejutkan Ini Terjadi Setiap 5 Detik, Ada 25 Bayi Lahir!

3. Jangan bergantung pada kopi atau pun obat tidur

5 Hal yang Perlu Dilakukan Orangtua Baru Agar Punya Waktu Tidur Cukupunsplash.com/Danielle MacInnes

Dilansir dari Healthline, hindari mengganti rasa ngantuk dengan kopi atau produk kafein lainnya. Jika orangtua baru mengantuk di siang hari, lebih baik lakukan power nap daripada memaksa minum kopi sebanyak-banyaknya. Minum kopi banyak justru akan membuat tidurmu susah di malam hari, dan waktu tidur juga makin berkurang.

Sama seperti kopi, menggantungkan diri pada obat tidur juga tidak baik. Yang pertama, kamu butuh izin dokter untuk mengonsumsinya, apalagi kamu yang sedang menyusui bayimu. Yang kedua, menggantungkan diri pada obat tidur juga tidak menyelesaikan masalah tidurmu. Lebih baik jika lelah, ikut saja bayi tidur pada jam tidurnya. Jangan ditunda lagi!

4. Jangan lupa berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat

5 Hal yang Perlu Dilakukan Orangtua Baru Agar Punya Waktu Tidur Cukupunsplash.com/Matthew LeJune

Percaya gak percaya, meski baru melahirkan, kamu tetap perlu sesekali berolahraga dan tetap perlu mengonsumsi makanan sehat lho. Selain penting untuk ASI dan imun tubuh, mengonsumsi makanan sehat juga bisa membuat kualitas tidurmu jadi lebih baik lagi. Jadi pada tiga bulan pertama setelah bayi lahir, hindari terlebih dahulu junk food ya.

Selain itu, berolahraga sederhana juga akan membuat tubuhmu segar, dan tidur makin nyenyak. Tak perlu yang berat-berat, hal ringan seperti jalan pagi sambil menjemur bayi. Atau yoga ringan yang bisa dilakukan di mana saja. bisa kamu lakukan untuk kesehatan tubuhmu. Bonusnya, berat tubuh setelah melahirkan juga jadi mudah turun.

5. Jangan pernah sungkan meminta bantuan

5 Hal yang Perlu Dilakukan Orangtua Baru Agar Punya Waktu Tidur Cukuprawpixel.com/McKinsey

Yang terakhir adalah, jangan pernah sungkan meminta bantuan orang lain. Kamu tetap orangtua yang baik kok, meski kamu meminta bantuan tenaga profesional untuk meringankan pekerjaanmu. Sebagai orangtua baru, kamu pun tidak boleh terbeban untuk mengurus rumah. Jadi kalau ada orang yang bisa membantu untuk membersihkan rumah, menyediakan makan, dan lain sebagainya, akan membantu sekali untuk kesehatan tubuh dan mentalmu.

Jangan pernah sungkan juga untuk meminta bantuan pasanganmu menjaga bayi, selagi kamu beristirahat sebentar. Tak masalah sesekali meminta bantuan pasangan untuk bangun dan memberikan susu untuk si bayi. Kerja sama tim yang baik antar pasangan seperti ini, dapat membuat rumah tanggamu bahagia juga.

Fase newborn, atau fase tiga bulan pertama saat bayi baru lahir, memang akan ada banyak tantangannya. Namun percayalah, saat itu semua lewat, kamu juga akan kangen kok dengan masa-masa bayi mungil yang masih bergantung 100% pada dirimu. Jadi selamat menikmati, dan jangan pernah sungkan meminta bantuan ketika dibutuhkan!

Baca Juga: 6 Skill Sosialisasi yang Harus Orangtua Ajarkan pada Anak Sejak Dini

Winnie Hw Photo Verified Writer Winnie Hw

We like to party, yeah yeah yeah~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya