Comscore Tracker

5 Tips Memutus Rantai Generasi Sandwich, Agar Gak Jadi Beban Buat Anak

Generasi sandwich apaan sih?

Kamu sudah tahu apa itu generasi sandwich? Generasi sandwich adalah seseorang yang terjepit dalam tanggung jawab terhadap diri sendiri dan keluarga, sekaligus tanggung jawab terhadap orang tua. Seseorang yang menjadi generasi sandwich mempunyai beban finansial yang lebih berat karena mempunyai tanggung jawab lebih.

Generasi sandwich terjadi karena orang tua tidak menyiapkan dana pensiun dengan memadai sehingga menjadi beban anak saat sudah tua dan tidak lagi produktif. Agar kelak tidak melahirkan generasi sandwich maka hendaknya mempersiapkan finansial yang matang sampai masa tua. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memutus rantai generasi sandwich.

1. Kelola keuangan agar tetap sehat

5 Tips Memutus Rantai Generasi Sandwich, Agar Gak Jadi Beban Buat Anakarticles.bplans.com

Pengelolaan keungan harus dilakukan agar tidak besar pasak daripada tiang. Atur keuanganmu agar bisa memenuhi semua kebutuhan dan tetap bisa berinvestasi. Biasakan untuk membuat anggaran dan mematuhinya agar keuanganmu tetap sehat. Dan catat setiap pengeluaranmu agar kamu bisa melakukan evaluasi terhadap cashflowmu.

2. Siapkan dana pensiun

5 Tips Memutus Rantai Generasi Sandwich, Agar Gak Jadi Beban Buat Anakamp.usatoday.com

Dalam membuat anggaran jangan lupa untuk memasukkan dana pensiun. Hal itu penting agar saat sudah tua dan tidak lagi produktif sudah punya tabungan. Dengan begitu kelak tidak lagi menjadi beban anak-anak jika sudah pensiun.

Menyiapkan dana pensiun bisa dengan investasi jangka panjang. Nilainya juga bisa kamu sesuaikan dengan penghasilanmu. Sekarang sudah banyak metode investasi tersedia. Kamu bisa menyesuaikan mana yang cocok denganmu.

3. Asuransi kesehatan

5 Tips Memutus Rantai Generasi Sandwich, Agar Gak Jadi Beban Buat Anakfstoppers.com

Semakin tua usia maka akan semakin rentan sakit. Oleh karena itu sebaiknya daftarkan diri untuk ikut asuransi kesehatan. Hal itu akan meminimalisir beban finansial masalah kesehatan. Apalagi biaya kesehatan semakin lama semakin naik.

Baca Juga: 5 Masalah Keuangan yang Sering Banget Dialami Generasi Milenial

4. Hati-hati saat mengambil kredit

5 Tips Memutus Rantai Generasi Sandwich, Agar Gak Jadi Beban Buat Anakhackernoon.com

Pikirkan dengan matang sebelum memutuskan untuk mengambil kredit, misalnya KPR. Pikirkan apakah kamu sanggup melunasinya tanpa mengganggu kestabilan keuangan. Dan saat mengambil kredit batasi tenornya, jangan sampai melewati masa pensiun sehingga akan membebani masa tua.

5. Kurangi pengeluaran konsumtif

5 Tips Memutus Rantai Generasi Sandwich, Agar Gak Jadi Beban Buat Anakwww.wisebread.com

Pengeluaran konsumtif misalnya untuk nongkrong atau membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan sebaiknya dihindari. Daripada uang dipakai untuk hal-hal konsumtif lebih baik diinvestasikan untuk masa depan. Sesuaikan gaya hidup dengan penghasilan, jangan sampai untuk memenuhi gaya hidup jadi tidak bisa menabung dan berinvestasi.

Itulah 5 tips untuk memutuskan rantai generasi sandwich. Dengan pengelolaan keuangan yang sehat sejak dini maka masa depan pun akan terjamin dan gak jadi beban anak.

Baca Juga: Bahaya Kekerasan Emosional pada Anak, Ini Dampak yang Bisa Terjadi

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya