Comscore Tracker

6 Tips Meningkatkan Produksi ASI, Salah Satunya dengan Pijat

New moms harus tahu

Menjadi ibu baru mungkin akan membuat beberapa ibu stres hingga terjadi baby blues. Salah satu penyebabnya adalah masalah menyusui. Bagi ibu baru, menyusui bayi mungkin terasa sulit. Ditambah lagi bayi yang terus menangis, duh tambah stres deh.

Seperti yang kita tahu, ASI adalah sumber nutrisi yang terbaik bagi bayi. Sebaiknya bayi diberikan ASI eksklusif sampai 6 bulan. Di usia 6 bulan bayi mulai diberi makanan pendamping ASI dan teruskan pemberian ASI sampai usia 2 tahun. Untuk itu, ibu perlu memperhatikan kondisi yang bisa mempertahankan produksi ASI agar cukup. Berikut cara untuk meningkatkan produksi ASI secara alami.

1. Menyusui tiap 2 jam

6 Tips Meningkatkan Produksi ASI, Salah Satunya dengan Pijatmedicalnewstoday.com

Produksi ASI dipengaruhi oleh konsep supply dan demand. Semakin sering menyusui maka produksi ASI akan semakin banyak. Dianjurkan untuk menyusui bayi tiap 2 jam. Selain itu, saat bayi menyusu maka tubuh ibu akan mengeluarkan hormon oksitosin yang berfungsi untuk produksi ASI.

2. Menyusui bayi dari payudara kanan dan kiri

6 Tips Meningkatkan Produksi ASI, Salah Satunya dengan Pijatwomenshealth.gov

Usahakan untuk menyusui bergantian payudara kiri dan kanan agar produksi ASI dari kedua payudara tetap banyak.  Jika hanya salah satu maka khawatir akan nyeri pada payudara satunya dan bisa mengakibatkan mastitis atau radang pada payudara.

3. Memompa ASI

6 Tips Meningkatkan Produksi ASI, Salah Satunya dengan Pijatbloomberg.com

Memompa ASI bisa dilakukan disela waktu menyusui bayi. Memompa ASI juga membantu mengosongkan payudara jika masih ada sisa ASI setelah menyusui bayi. Jika payudara sudah kosong maka ASI akan segera diproduksi lagi, sesuai prinsip supply and demand.

Baca Juga: 5 Penyebab Puting Payudara Keluar Air Susu Meski Tidak Menyusui

4. Istirahat yang cukup dan hindari stres

6 Tips Meningkatkan Produksi ASI, Salah Satunya dengan Pijatm.hindustantimes.com

Kurang istirahat dan stres bisa mengganggu produksi ASI. Ibu menyusui harus cukup tidur dan tidak boleh terlalu kelelahan. Hindari hal-hal yang membuat ibu stres. Untuk hal ini bisa dikomunikasikan dengan suami dan keluarga agar mereka memberikan dukungan sepenuhnya.

5. Konsumsi makanan bergizi

6 Tips Meningkatkan Produksi ASI, Salah Satunya dengan Pijatpregnancyandbaby.com

Produksi ASI juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi ibu. Ada beberapa makanan yang dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI antara lain daun katuk, kacang hijau, dan bayam. Makanan bergizi juga akan menambah tenaga ibu dan menjaga ibu agar tetap sehat.

6. Pijat oksitosin

6 Tips Meningkatkan Produksi ASI, Salah Satunya dengan Pijatdraxe.com

Oksitosin adalah hormon yang berfungsi dalam produksi ASI. Keluarnya hormon oksitosin dapat dibantu dengan melakukan pijat oksitosin. Caranya dengan memijat bagian kanan dan kiri tulang belakang ibu. Mintalah bantuan suami atau keluarga untuk melakukan pijat oksitosin ini.

Itulah 6 tips meningkatkan produksi ASI. Untuk new moms silakan dicoba ya.

Baca Juga: 10 Mitos Tentang ASI yang Wajib Diketahui Semua Ibu Menyusui

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya