Comscore Tracker

5 Kebiasaan Baik Ini Bisa Didik Anak Jadi Pemurah

Biarkan si kecil belajar rasa berbagi lebih awal

Memiliki anak yang cerdas dan penurut memang menyenangkan. Tetapi orang tua pasti akan lebih bangga jika anaknya juga memiliki jiwa yang pemurah. Mengajari si kecil untuk bisa berbagi dengan sesama memang harus dimulai sejak dia kecil.

Biarkan si kecil lebih peka dan empati dengan lingkungan sosialnya dengan suka memberi kepada orang lain. Untuk lebih cepat memberikan pemahaman kepada anak, ajarkanlah mereka lewat 5 kebiasaan-kebiasaan berikut!

1. Mulailah dari kebiasaan orang tua untuk berbagi kepada sesama

5 Kebiasaan Baik Ini Bisa Didik Anak Jadi Pemurahpixabay/StockSnap

Cara yang paling ampuh untuk mengajarkan anak adalah dengan memberinya contoh yang baik. Perlihatkanlah kepada si kecil cara berbagi kepada orang lain untuk meningkatkan kualitas sosial dalam lingkungan. Orang tua bisa memulainya dari ruang lingkup paling kecil, seperti tetangga dan teman-teman si kecil.

2. Berilah si kecil kuasa atas barang miliknya sendiri, biarkan dia bebas menggunakannya.

5 Kebiasaan Baik Ini Bisa Didik Anak Jadi Pemurahpixabay/MadalinCalita

Jika anak-anak memiliki barangnya sendiri seperti mainan dan makanan. Biarkan dia untuk menguasai barang-barang tersebut dengan bebas atau biarkan jika dia ingin memberikannya kepada teman-temannya. Batasi barang yang boleh diberikan dan yang tidak boleh diberikan.

3. Ajak anak ke tempat-tempat sosial untuk menumbuhkan rasa empati

5 Kebiasaan Baik Ini Bisa Didik Anak Jadi Pemurahpixabay/Pexels

Rasa empati akan timbul jika anak di biasakan untuk melihat dan merasakan kekurangan dari orang lain. Tumbuhkan minat anak untuk membantu orang lain dengan caranya sendiri. Sudut pandang anak terhadap kebaikan dari berbagi akan terbentuk seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Kamu Orangtua Muda? Begini 5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri

4. Berikan pemahaman bahwa rasa ikhlas dalam memberi lebih penting dari nilai yang diberikan

5 Kebiasaan Baik Ini Bisa Didik Anak Jadi Pemurahpixabay/StockSnap

Terkadang kita berfokus pada barang apa yang paling bagus untuk diberikan. Sampai lupa tentang rasa ikhlas saat berbagi. Pada anak-anak yang belum mengerti, biarkan mereka belajar tentang rasa ikhlas lewat cerita-cerita hebat mengenai orang-orang yang bersedekah.

5. Selain memberi, ajarkan anak untuk menerima pemberian orang lain secara tulus

5 Kebiasaan Baik Ini Bisa Didik Anak Jadi Pemurahpixabay/Pezibear

Setiap sedekah pasti ada pembalasan baik setelahnya. Ketika anak menerima pemberian dari orang lain. Ajarkan mereka perasaan tulus menerima pemberian orang lain secara lapang dada. Tegaskan untuk bersikap baik kepada orang yang bersedekah dan didik mereka untuk tidak menilai besar dan kecilnya suatu pemberian.

Suatu kebanggaan jika kita memiliki anak yang berjiwa pemurah. Karena anak yang terdidik sempurna tidak hanya baik untuk keluarganya sendiri, tetapi baik untuk lingkungan sosialnya di saat dewasa nanti.

Baca Juga: Wow! Tanpa Harus Bersikap Keras, Ini Cara Orang Jerman Mendidik Anak Mereka!

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You