Comscore Tracker

5 Pesan yang Bisa Buatmu Bersyukur karena Belum Diberi Keturunan

Kalian terpilih sebagai pengemban amanah kesabaran

Keturunan adalah satu-satunya hal yang paling ditunggu oleh semua pasangan. Namun tidak semua pasangan diberikan kepercayaan untuk memiliki buah hati. Alasan kesuburan atau faktor penyakit bisa menjadi penyebab susahnya memiliki anak. Namun bagi kamu dan pasangan yang hingga kini belum diberikan keturunan jangan sampai berkecil hati.

Kamu dan pasangan adalah satu yang terpilih untuk mengemban amanah kesabaran dalam pernikahan. Percayalah untuk tetap saling mendukung dan tidak menyalahkan. Pikiran positif dari kamu dan pasangan akan membuat hubungan semakin erat dan harmonis. Seperti 5 pesan berikut yang semakin membuatmu bersyukur belum diberikan keturunan!

1. Keberhasilan rumah tangga tidak terletak pada adanya keturunan, melainkan pada keikhlasan untuk menerima

5 Pesan yang Bisa Buatmu Bersyukur karena Belum Diberi Keturunanpixabay/starflames

Bangunlah kepercayaan bersama pasangan bahwa anak bukanlah satu-satunya sumber kebahagiaan dalam rumah tangga. Meski pernikahan menjadi kurang lengkap dan hambar ketika tidak memiliki anak, namun kepercayaan atas sumber kebahagiaan yang sesungguhnya justru terletak dari hati kalian masing-masing.

Kurangilah ketergantungan terhadap anak yang merupakan kunci kebahagiaan. Kamu bisa mencontoh pasangan-pasangan lain yang tidak memiliki anak selama bertahun-tahun namun masih bisa harmonis dalam rumah tangga.

2. Anak adalah salah satu pandangan indah yang diberikan Tuhan, jika belum ada maka Tuhan akan menggantikan dengan keindahan lain

5 Pesan yang Bisa Buatmu Bersyukur karena Belum Diberi Keturunanpixabay/dimitrisvetsikas1969

Perhatikanlah kenikmatan dan kemudahan yang telah kamu raih selama menikah. Kamu mungkin hanya belum memiliki keturunan sekarang, tetapi begitu berasil dalam bidang pekerjaan atau hubungan suami istri. Kamu harus membuka mata dan hati lebar-lebar bahwa tidak semua orang memiliki seperti yang telah kamu miliki sekarang. Karena pengganti atas belum diberikan anak mungkin jauh lebih baik untukmu.

Baca Juga: Gak Cuma Ibu, Ini 7 Fakta Anak Sehat Tergantung Aktifnya Olahraga Ayah

3. Belum ada keturunan tandanya Tuhan memberimu kebebasan waktu bersama pasangan untuk menjalin ikatan yang lebih erat

5 Pesan yang Bisa Buatmu Bersyukur karena Belum Diberi Keturunanpixabay/starflames

Ikatan suami istri yang erat adalah kunci keharmonisan rumah tangga. Nikmatilah setiap waktu yang ada bersama pasangan dengan tetap saling mendukung satu sama lain. Karena mungkin ketika diberikan anak nanti kamu dan pasangan tidak memiliki banyak waktu lagi untuk berdua.

4. Anak adalah salah satu bentuk cobaan dari Tuhan, maka bersyukurlah ketika kamu tidak dibebani oleh cobaan tersebut

5 Pesan yang Bisa Buatmu Bersyukur karena Belum Diberi Keturunanpixabay/skalekar1992

Tanggung jawab yang besar ketika memiliki anak harus dipikul oleh orangtua. Kebanyakan malah mampu memikulnya dan lebih banyak yang menyerah atau kewalahan dalam mengurus anak-anaknya. Maka bersyukurlah ketika kamu belum diberikan tanggung jawab besar tersebut. Artinya kamu terbebas dari cobaan yang diberikan Tuhan kepada setiap orangtua.

5. Bersabar sambil meningkatkan kualitas diri akan menjadikanmu matang ketika diberi kepercayaan memiliki anak nanti

5 Pesan yang Bisa Buatmu Bersyukur karena Belum Diberi Keturunanpixabay/Free-Photos

Penantian yang lama dan panjang, juga kesabaran dalam keihklasan pada masa-masa penantian tersebut menjadi amunisi yang hebat nantinya ketika kamu sudah diberikan kepercayaan memiliki anak. Kamu jauh lebih matang dan siap saat menjadi orangtua. Dan mungkin Tuhan akan membalas kesabaranmu dengan menganugerahi seorang anak yang baik.

Keturunan bukanlah keharusan yang menjadi patokan kebahagiaan dalam rumah tangga. Tetaplah berpikir positif selama masa-masa penantian agar kelak kamu menjadi orangtua terbaik untuk anak-anakmu.

Baca Juga: 8 Nama Cantik Anak Perempuan dari Mitologi Yunani Kuno

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You