Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Memiliki Orang Tua yang Narsistik, Coba Cek!

Harus bijak mengatasinya, nih!

Narsistik atau yang lebih dikenal dengan istilah narsis diartikan sebagai sikap kepedulian yang berlebihan pada diri sendiri. Kepedulian yang berlebih tersebut kemudian membuat seseorang merasa terlalu percaya diri, tinggi hati, egois bahkan arogan. Memiliki dampak kurang baik, sikap narsistik harus kita atasi agar tidak berkembang di dalam diri.

Dewasa ini banyak orang tua yang tanpa sadar memiliki sikap narsistik dan sedikit banyaknya memengaruhi pola asuh terhadap anaknya. Untuk lebih jelas, berikut adalah lima tanda bahwa kamu memiliki orang tua yang narsistik. Keep reading!

Baca Juga: Gejala Gangguan Kepribadian Narsistik dan 6 Cara Menghadapinya

1. Mereka memiliki rasa empati yang rendah

5 Tanda Kamu Memiliki Orang Tua yang Narsistik, Coba Cek!Pexels.com/Ketut Subiyanto

Hal pertama yang menandakan bahwa orang tuamu narsistik adalah kurangnya rasa empati dalam dirinya. Coba kamu cek seberapa sering orang tuamu memperhatikan dirimu saat sedang berbicara atau menanyakan apa yang terjadi pada hidupmu di sela kesibukannya.

Jika mereka cenderung abai dan lebih sering menyela ceritamu dengan cerita mereka, bisa jadi mereka adalah salah satu orang tua yang memiliki sikap narsistik dalam dirinya. Bukan menilai tanpa alasan, orang tua narsistik memang cenderung hanya peduli dengan perasaan dan pikirannya sendiri saja.

2. Mereka selalu menuntutmu bersikap dewasa sementara mereka tidak mencontohkannya

5 Tanda Kamu Memiliki Orang Tua yang Narsistik, Coba Cek!Pexels.com/Gustavo Fring

Tanda selanjutnya adalah mereka cenderung menuntutmu bersikap bijak dan dewasa. Sayangnya, hal tersebut sama sekali tak pernah dilakukan dan dicontohkan mereka pada anaknya. Mereka menganggap telah memberikan banyak hal padamu dan kamu wajib membalas budi mereka.

Alih-alih melatih sang anak dewasa, sikap demikian justru seperti memperburuk sisi emosional anak. Agar seorang anak tumbuh dengan baik, sangat diperlukan dukungan emosional, nasihat, dan dorongan positif dari orang tuanya.

3. Mereka membuatmu merasa ketergantungan dan tampak kurang mandiri

5 Tanda Kamu Memiliki Orang Tua yang Narsistik, Coba Cek!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Bagi orang tua yang narsistik, kemandirian sang anak adalah hal yang menakutkan. Mereka cenderung melakukan usaha-usaha agar kamu, sebagai anak, selalu ada untuk mereka. Mereka cenderung memanipulasi dirimu untuk melakukan hal yang tidak kamu suka, tidak kamu harapkan, dan tidak membangun dirimu sama sekali.

Orang tua yang narsistik cenderung menahanmu untuk membangun kehidupan sendiri. Mereka menginginkan kamu tumbuh dewasa dan tetap bisa berada dalam pengaruh mereka. Bagi mereka, diri mereka adalah yang nomor satu dan tugasmu adalah selalu ada untuk mereka apa pun keadaannya.

4. Mereka tidak fleksibel dalam berperilaku

5 Tanda Kamu Memiliki Orang Tua yang Narsistik, Coba Cek!Pexels.com/Polina Zimmerman

Tanda berikutnya adalah orang tuamu tidak fleksibel dalam berperilaku. Mereka cenderung bersikap kaku dan enggan berubah meskipun mengetahui perilakunya salah. Mereka juga mudah tersinggung apabila kamu tampak tidak merespons atau sependapat dengan pikiran mereka.

Mereka selalu berkeinginan kuat untuk mengendalikan dirimu setiap waktu. Bagi orang tua narsistik, segala sesuatu yang mereka lakukan harus mendapatkan balasan yang setimpal. Mereka selalu menunjukkan respons negatif jika menyadari bahwa kamu tidak bisa dikontrol dan tidak menuruti keinginan mereka.

5. Mereka tidak pernah merasa bersalah terlebih meminta maaf jika melakukan kesalahan

5 Tanda Kamu Memiliki Orang Tua yang Narsistik, Coba Cek!Pexels.com/Polina Zimmerman

Orang tua yang narsistik selalu menganggap dirinya paling benar. Mereka tidak bisa menerima kritik ataupun sekadar saran dari orang lain. Ketika dikritik, mereka cenderung akan bereaksi berlebihan, menyangkal, dan justru memutarbalikkan keadaan.

Seberapa keras pun usahamu untuk mencoba berkata jujur dengan kehati-hatian, kamu tetaplah menjadi sasaran yang akhirnya disalahkan oleh mereka. Kata maaf dari mereka atas kesalahannya bahkan bisa dikatakan sebagai sebuah kemustahilan.

 

Nah, itulah lima tanda bahwa kamu memiliki orang tua yang narsistik. Kamu memang harus menghormati orang tuamu, tetapi tidak membenarkan kesalahan mereka, ya! Yuk, sama-sama menjadi orang yang lebih baik setiap harinya!

Baca Juga: 5 Sisi Positif Jika Orang Tua Terbuka Soal Penghasilan pada Anak

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya