Comscore Tracker

5 Prinsip Efektif yang Bisa buat Kamu Lebih Menghargai Hidup

Setiap orang punya dunianya sendiri

Simak beberapa prinsip efektif yang bisa membuatmu lebih menghargai hidup. Dalam hiruk-pikuk kesibukan dunia, orang-orang berkompetisi dalam berbagai aspek kehidupan. Baik itu dalam berkelompok seperti bisnis, politik dan kenegaraan, maupun institusi dan organisasi lainnya. 

Setiap orang memiliki prinsip hidup meskipun ada yang tidak menyadarinya. Orang-orang boleh tidak suka dengan prinsip kamu. Namun, kamu harus menyadarinya bahwa hanya kamulah yang bertanggungjawab dan menghargai prinsip hidup yang kamu jalani. Jika ingin maksimal, berikut ini lima prinsip efektif yang bisa membuatmu lebih menghargai hidup!

1. Kamu tidak bisa mengontrol perilaku orang lain

5 Prinsip Efektif yang Bisa buat Kamu Lebih Menghargai Hidupilustrasi berkonflik (pexels.com/Liza Summer)

Ketika dirimu merasa terganggu dengan perilaku orang lain, itu karena mereka tidak berperilaku sesuai yang kamu harapkan. Rasa frustrasi yang muncul dalam pikiranmu ini disebabkan karena motif mereka yang tidak kamu inginkan. Ini hal yang wajar, maka dari itu dapat kamu maklumi.

Kamu memang tidak bisa mengontrol perilaku mereka, namun kamu bisa menghindari kehadiran mereka dan bila perlu bicarakan tentang apa yang kamu tidak suka dari mereka. Namun karena mereka juga memiliki prinsipnya sendiri, mau tidak mau kamu perlu memakluminya dan tidak terbawa perasaan. Kamu bisa menghargai hidupmu sendiri dan juga menghargai mereka sebagai manusia biasa.

2. Pandanglah masa depan bukan masa lalu

5 Prinsip Efektif yang Bisa buat Kamu Lebih Menghargai Hidupilustrasi memandang masa depan (pexels.com/Roman Odintsov)

Orang-orang yang senantiasa membanggakan kejayaan masa lalu sering kita lihat di mana-mana. Namun cukup jarang kita melihat orang yang memiliki kemampuan melompat lebih tinggi dari masa lalunya. Ini hanya masalah kebiasaan.

Oleh karena itu, jangan jatuh ke dalam kebiasaan yang senantiasa kamu hayati. Jika kamu ingin memperbaiki hidupmu, maka kamu bisa terus bergerak ke depan dan apa yang perlu dilakukan lebih daripada hari ini. Tentu saja kamu harus hidup di hari ini, namun lakukan sesuatu di saat ini juga agar bisa mencapai perubahan yang lebih baik di masa depan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Belum Bisa Menghargai Prinsip yang Dianut Sahabat

3. Ketenangan jiwa bergantung pada diri sendiri

5 Prinsip Efektif yang Bisa buat Kamu Lebih Menghargai Hidupilustrasi memandang alam (unsplash.com/Debby Hudson)

Suatu ketenangan bukan berarti tidak adanya sebuah kekacauan dan masalah yang harus dihadapi. Tetapi ketenangan dapat ditemukan di antara masalah-masalah yang perlu diselesaikan untuk menyeimbangkan kehidupan dari perspektif intelektual, emosional, dan praktis.

Berbagai masalah dalam kehidupan tidak akan berhenti, namun cara kamu memandang suatu masalah itu sendiri akan menentukan besar-kecilnya masalah itu. Karena ketenangan jiwamu ditentukan oleh dirimu sendiri dari apa yang kamu jadikan prinsip.

4. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan apa pun

5 Prinsip Efektif yang Bisa buat Kamu Lebih Menghargai Hidupilustrasi bekerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Ingatlah bahwa tidak ada kata terlambat jika ingin melakukan apa pun. Jika saat ini kamu berada di tempat yang tepat, kamu tidak akan mundur dan melewatkan kesempatan. Kamu tidak akan merasa tersaingi jika berada di lingkungan orang-orang yang memliki prinsip yang sehat dan bersahabat.

Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan diri sendiri hanya karena merasa sudah terlambat. Orang-orang mungkin saling berkompetisi karena usia mereka tak terpaut jauh, namun kamu bisa menghargai hidupmu dengan menyadari bahwa setiap orang punya prinsip yang berbeda. Oleh karena itu, kamu bisa memulai atau melanjutkan perjalananmu tanpa bersaing dengan siapa pun.

5. Kamu tidak bisa mengubah masa lalu, namun kamu bisa mengubah masa depan

5 Prinsip Efektif yang Bisa buat Kamu Lebih Menghargai Hidupilustrasi bersiap lari (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mungkin kamu tidak bertanggungjawab atas suatu kesalahanmu di masa kecil. Tapi kamu memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki kesalahan itu di masa dewasamu, serta pola pikir yang telah terbentuk.

Jangan salahkan masa lalumu atas kejadian yang memilukan sebagai penyebab hidupmu di masa sekarang. Itu tidak akan mengubah apa-apa. Namun kamu bisa mengubah masa depanmu menjadi lebih baik dengan cara mengubah keadaan di hari ini.

Dengan demikian, setiap orang punya dunianya sendiri, termasuk kita yang tidak bisa mengubah diri orang lain. Karena keadaan setiap orang hanya ditentukan oleh dirinya sendiri. Namun yang pasti, kamu perlu memiliki prinsip terlebih dahulu untuk menghargai setiap kejadian dalam hidupmu, dan belajarlah dari pengalaman itu.

Baca Juga: 5 Cara agar Kamu Bisa Menghargai Pencapaian Sederhana dalam Hidup

Ali Akbar Mhd Photo Verified Writer Ali Akbar Mhd

Menyukai Kesibukan Walau Tak Lupa Rebahan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya