Comscore Tracker

5 Teknik Meditasi yang Efektif agar Tetap Terjaga

Teknik meditasi bisa dicoba dengan berbagai cara

Meditasi merupakan aktivitas menenangkan tubuh dan pikiran. Meditasi dianggap sebagai cara yang efektif untuk menghilangkan stres dan menetralisasi pikiran dari perasaan negatif. Banyak teknik meditasi yang efektif agar tetap terjaga.

Para peneliti juga telah menunjukkan bahwa meditasi sangat membantu dalam mengendalikan kecemasan dan menambah kesehatan emosional. Selain itu, sikap tubuh saat bermeditasi biasanya duduk bersila dengan punggung tegak dan meletakkan kedua tangan di atas masing-masing lutut, lalu memejamkan mata.

Namun, teknik meditasi tidak hanya yang biasanya kita lakukan seperti yang di atas, lho. Berikut lima teknik meditasi yang efektif agar tetap terjaga. Simak, ya! 

1. Meditasi dengan mata terbuka

5 Teknik Meditasi yang Efektif agar Tetap Terjagailustrasi meditasi dengan mata terbuka (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Teknik meditasi ini masih duduk dengan bersila, menegakkan punggung, dan kedua tangan di atas lutut. Namun, yang membedakannya yaitu dengan posisi mata terbuka. Jika menutup mata, kemungkinan malah tertidur, apalagi jika masih pemula.

Teknik meditasi dengan mata terbuka akan mentransfer sinyal pada otak kamu bahwa kamu harus tetap terjaga. Arahkan fokus mata pada satu titik atau objek di depan kamu. Tujuannya agar pandangan mata tidak berkeliaran dan terganggu oleh hal lain.

2. Meditasi sebelum makan

5 Teknik Meditasi yang Efektif agar Tetap Terjagailustrasi sebelum makan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Menurut para ahli, waktu yang paling cocok untuk melakukan meditasi adalah pagi dan malam hari. Namun sebelum melakukan meditasi, disarankan agar tidak makan terlebih dahulu. Karena akan membuatmu mudah mengantuk dan tertidur saat tengah melakukan meditasi, apalagi jika memakan makanan yang mengandung banyak karbohidrat.

Namun, jika kamu sudah terlanjur lapar sebelum melakukan meditasi, kamu bisa makan makanan lain seperti buah-buahan dan sayur, protein, dan juga lemak. Tetapi yang jelas, pastikan kondisi perutmu tidak boleh mengganggumu untuk meminta makanan dan membuatmu ngantuk setelah dipenuhi.

Baca Juga: 5 Aktivitas Pagi Hari untuk Tingkatkan Kualitas Hidupmu, Coba Meditasi

3. Meditasi di ruang terbuka

5 Teknik Meditasi yang Efektif agar Tetap Terjagailustrasi meditasi di alam terbuka (pexels.com/Maik Kleinert)

Meditasi di ruang terbuka memungkinkan kamu akan tetap terjaga. Jika melakukannya di luar ruangan seperti taman atau alam bebas, maka udara alami, suara kicauan burung, dan sinar matahari pagi yang menyinari kamu, semuanya akan memberikan banyak manfaat. Seperti menjaga indera kamu tetap terstimulasi dan mendapatkan asupan vitamin D dari cahaya matahari pagi.

Hasil penelitian juga menyatakan bahwa dengan meluangkan waktu berada di tengah alam akan sangat baik bagi kesehatan mental. Maka dari itu, sekarang kamu sudah memiliki niat yang kuat untuk melakukan meditasi di ruang terbuka.

4. Meditasi di bangku atau kursi

5 Teknik Meditasi yang Efektif agar Tetap Terjagailustrasi meditasi di bangku (pexels.com/Engin Akyurt)

Bermeditasi dengan duduk di bangku juga bisa membuatmu tetap terjaga. Bangku biasanya keras karena terbuat dari kayu, di mana ini tidak akan membuat kamu mengantuk di tengah-tengah waktu meditasi.

Selain itu, bangku atau kursi akan membuat pikiranmu tetap berkonsentrasi, posisi meditasimu tetap bekerja keras, dan mencegah pikiranmu tertidur. Kamu juga bisa membeli bangku atau kursi meditasi di toko-toko online.

5. Meditasi berjalan

5 Teknik Meditasi yang Efektif agar Tetap Terjagailustrasi meditasi berjalan (pexels.com/Wouter de Jong)

Meditasi berjalan atau jalan sadar juga merupakan salah satu teknik terbaik untuk memastikan pikiranmu tetap terjaga. Meditasi ini artinya berjalan dengan hati-hati dengan setiap langkah yang diambil, juga menyadari setiap nafas yang dihirup dan dihembuskan.

Penerapannya dengan cara berjalan lambat dan dikoordikasikan dengan setiap nafas untuk mencapai konsenstrasi penuh. Manfaat teknik ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan kimia otak yang memberikan energi. Berjalan lambat dengan konsentrasi penuh tentu saja tidak akan tertidur karena seluruh anggota tubuh memainkan fungsinya.

Kemudian salah satu hal yang harus diingat adalah latihan teknik meditasi berjalan ini memerlukan waktu berminggu-minggu. Supaya dapat membiasakan diri dengan berjalan yang memerlukan atensi penuh.

Nah, membiasakan diri dalam aktivitas meditasi memerlukan latihan yang tidak instan. Oleh karena itu, dibutuhkan latihan secara berulang, mengetahui sikap posisi meditasi, dan olah pernafasan.

Baca Juga: 5 Manfaat Gerakan Meditasi Qigong untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Ali Akbar Mhd Photo Verified Writer Ali Akbar Mhd

Menyukai Kesibukan Walau Tak Lupa Rebahan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya