Comscore Tracker

5 Cara Mudah Mengelola Sampah untuk Menjaga Lingkungan Tetap Sehat

Jika bukan sekarang kapan lagi, jika bukan kita siapa lagi!

Dalam kehidupan kita sehari-hari pastinya selalu ada sampah yang turut kita hasilkan khususnya di area tempat tinggal kita. Meski banyak yang sadar akan bahayanya sampah, namun kita seolah acuh dengan semuanya. Nah, daripada kian hari terus kita berkontribusi dalam memproduksi sampah, lebih baik mari kita lawan dengan menumbuhkan kesadaran lewat lima hal berikut ini ya! Mau tahu apa saja itu?

Berikut adalah lima cara mudah mengelola sampah untuk menjaga lingkungan tetap sehat. Simak dan pahami baik-baik ya!

1. Pilah dan pisahkan sampah sesuai dengan jenisnya

5 Cara Mudah Mengelola Sampah untuk Menjaga Lingkungan Tetap Sehatpedestrian.tv

Secara umum kita mengetahui bahwa sampah digolongkan menjadi dua jenis yaitu sampah organik yang berasal dari alam seperti dedaunan dan bahan alami lainnya serta yang mudah terurai yang kedua adalah jenis sampah anorganik yang terdiri dari plastik, kaca dan lainnya yang susah untuk terurai. Nah, kalian bisa memisahkannya dengan menyediakan dua tempat pembuangan sampah dilingkungan ya.

2. Manfaatkan sampah organik

5 Cara Mudah Mengelola Sampah untuk Menjaga Lingkungan Tetap Sehatinstagram.com/kebonibon

Sampah organik memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk membantu menyuburkan tanaman lho. Salah satu cara yang baik untuk bisa mengelola sampah organik adalah dengan dimanfaatkan sebagai pupuk kompos. Cara ini sangat cocok untuk kamu yang hobi berkebun, dengan begitu maka selain lingkungan yang sehat, tanaman pun semakin subur dan terawat.

Baca Juga: Terapkan 5 Tips Kurangi Jumlah Sampah Saat Berkemah, Save Our Earth!

3. Manfaatkan sampah anorganik

5 Cara Mudah Mengelola Sampah untuk Menjaga Lingkungan Tetap Sehatinstagram.com/wilis.palupi

Selain pemanfaatan sampah organik, kalian juga bisa memanfaatkan sampah anorganik. Jika sampah organik bermanfaat untuk menyuburkan tanaman maka sampah anorganik bisa kalian gunakan sebagai wadah untuk tanaman kalian. Bahkan kalian juga bisa memanfaatkannya untuk membuat aneka kerajinan tangan yang cantik dan bernilai jual lho.

4. Gunakan konsep 3R (reduce, reuse and recycle!)

5 Cara Mudah Mengelola Sampah untuk Menjaga Lingkungan Tetap Sehatoccupancyheroes.com

Jika kalian melihat logo seperti di atas maka itu adalah logo konsep 3R merupakan konsep yang sangat baik untuk dipakai dalam mengelola sampah yang ada di lingkungan kalian. Dengan reduce berarti mengurangi kuota pemakaian sampah yang berbahaya seperti sampah plastik dengan menggunakan wadah yang lebih ramah lingkungan seperti tas yang berbahan kain, reuse berarti penggunaan kembali seperti botol yang dijadikan wadah tanaman sedangkan recycle berarti didaur ulang.

5. Pilah sampah yang berbahaya

5 Cara Mudah Mengelola Sampah untuk Menjaga Lingkungan Tetap Sehatvox.com

Langkah yang terakhir adalah memilah sampah yang mengandung bahan yang berbahaya bagi lingkungan seperti barang-barang elektronik yang sudah tidak terpakai. Kalian bisa membawanya kembali ke tempat-tempat yang menyediakan layanan pembelian barang bekas untuk di daur ulang seperti toko barang bekas ataupun tempat onderdil barang bekas.

Nah, itulah lima cara mudah mengelola sampah untuk menjaga lingkungan tetap sehat. Ayo sadar buang sampah pada tempatnya karena jika bukan sekarang kapan lagi, jika bukan kita siapa lagi?

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengolah Sampah Kosmetik, Gak Sulit Kok!

Abdi Mauninho Photo Verified Writer Abdi Mauninho

Menulis dan membaca adalah cara terbaik untuk melihat dunia dari sisi yang berbeda. - fb: Abdi Mauninho - ig: @abdimauninho - Youtube: TMore Pictures

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya