Comscore Tracker

Sukses di Usia Muda, Ini 6 Amalan Pengundang Rezeki dari Wirda Mansur

Rezeki bukan hanya berupa uang #IDNTimesLife

Wirda Mansur ialah seorang hafizah, pengusaha, sekaligus influencer kelahiran 29 November 2001. Di usianya yang bahkan belum genap 20 tahun, ia sudah menggeluti berbagai bidang bisnis dan menjadi pembicara motivasi di dalam maupun luar negeri.

Setiap ada yang bertanya tentang "rahasia" suksesnya, Wirda selalu berkata bahwa semua yang ia dapatkan tak lain adalah atas pertolongan Allah SWT. Doa-doa yang konsisten ia panjatkan dari usia belia, satu per satu terkabul seiring berjalannya waktu dengan beragam cara yang kebanyakan tak pernah terlintas di benaknya.

Wirda percaya masing-masing dari kita sudah dijamin rezekinya, tapi tetap harus dijemput dengan berusaha dan berdoa. Selain itu, ia juga melakukan beberapa amalan untuk menunjang doa-doanya. Istilahnya, itu adalah upaya lebih yang ia lakukan untuk mengimbangi sekian banyak permintaannya.

Kira-kira amalan apa saja, ya, yang telah Wirda kerjakan? Lalu apa keutamannya di sisi Allah SWT? Jawabannya ada pada ulasan berikut ini.

1. Membaca surat Yasin dan salawat Syifa

Sukses di Usia Muda, Ini 6 Amalan Pengundang Rezeki dari Wirda Mansurbacaan salawat syifa (instagram.com/santiyuliantihamid)

Surat Yasin dikenal sebagai surat yang memiliki banyak keutamaan. Beberapa di antaranya yaitu diampuni dosa-dosa, dikabulkan hajat, dan dimudahkan sakaratul maut.

Saat ustaz Yusuf Mansur terpapar Covid-19 pada akhir tahun 2020 lalu, Wirda Mansur membagikan amalan yang ia lakukan sebagai ikhtiar untuk kesembuhan sang ayah. Dirinya membaca surat Yasin dibarengi dengan salawat Syifa seperti yang tercantum pada gambar di atas.

"Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad SAW, sebagai penyembuh hati sekaligus obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, dan semoga salawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta sahabat-sahabat Beliau."

Sesuai namanya, salawat Syifa sendiri dapat menjadi penyejuk hati dan obat dari berbagai macam penyakit. Wirda membacanya setiap selesai satu ayat surat Yasin, diselang-seling terus sampai ayat terakhir.

2. Bersedekah

Sukses di Usia Muda, Ini 6 Amalan Pengundang Rezeki dari Wirda Mansurilustrasi bersedekah (pexels.com/RODNAE Productions)

Wirda juga tak bosan-bosan mengajak followers-nya untuk suka bersedekah. Ia menerangkan bahwa jalan pintas menuju kekayaan, salah satunya adalah dengan melakukan amalan ini.

Kebaikan sedekah itu nantinya akan kembali pada si pemberi. Allah telah menjamin siapa yang memberikan hartanya di jalan Allah SWT, maka Dia akan mengembalikan harta tersebut berkali-kali lipat sampai tak terhingga.

Bukti nyatanya telah banyak dialami oleh Wirda. Di antaranya, ia pernah mendapat mobil BMW secara gratis setelah bersedekah kepada kedua orangtuanya. Harga mobil tersebut tujuh kali lipat harta yang ia sedekahkan.

Baca Juga: Mengenal Abu Bakar, Sahabat Nabi yang Jujur dan Getol Sedekah

3. Membaca Asmaul Husna

Sukses di Usia Muda, Ini 6 Amalan Pengundang Rezeki dari Wirda Mansurpotret Wirda Mansur (instagram.com/wirda_mansur)

Dalam konteks rezeki, Asmaul Husna yang paling sesuai ialah Ya Fattah (Yang Maha Membukakan) dan Ya Razzaq (Yang Maha Memberi Rezeki). Wirda membaca kedua nama Allah ini minimal seratus kali dalam sehari.

Menilik makna dari kedua bacaan tersebut, tentunya sangat banyak kebaikan yang bisa kita peroleh. Allah Ya Fattah berarti Allah maha membukakan segala pintu yang tertutup, mulai dari pintu hati, pintu rezeki, pintu kebaikan, hingga pintu tobat.

Allah Ya Razzaq maksudnya Allah maha memberi rezeki dalam berbagai macam bentuk. Bukan hanya berupa uang, melainkan juga kesehatan, perlindungan, kebahagiaan, juga ketenteraman jiwa.

4. Membaca surat Al-Waqiah

Sukses di Usia Muda, Ini 6 Amalan Pengundang Rezeki dari Wirda Mansurilustrasi membaca Al-Quran (pexels.com/Abdullah Ghatasheh)

Di akun Instagramnya, Wirda membentuk sebuah gerakan bernama W30H, yaitu gerakan membaca surat Al-Waqiah konsisten selama tiga puluh hari. Tujuan diadakannya program ini ialah melatih keistikamahan untuk membaca Al-Qur'an setiap hari dan Wirda berharap siapa pun yang menjalankan W30H akan terus membaca surat ini bahkan setelah melewati hari ke-30.

Selain itu, Al-Waqiah dikenal sebagai surat pembawa rezeki. Nyatanya, peserta W30H telah banyak yang membagikan testimoni mengenai rezeki dadakan yang sering mereka dapatkan. Ada yang lolos PTN idaman, dapat rezeki untuk beli mobil, berhasil melunasi utang, dll.

5. Melaksanakan salat sunah

Sukses di Usia Muda, Ini 6 Amalan Pengundang Rezeki dari Wirda Mansurilustrasi salat (pexels.com/Monstera)

Menurut Wirda, ketika kita ingin mendapatkan tambahan rezeki dari Allah, maka kita juga harus menambah usaha kita, salah satunya dengan memperbanyak salat sunah. Ada sekian banyak salat sunah yang dapat dikerjakan, yang paling terkenal ialah salat Tahajud, salat Duha, dan salat Sunah Rawatib.

Beberapa keutamaan salat Tahajud di antaranya, yaitu tidak ada hijab atau penghalang antara Allah dan orang yang menunaikannya. Dengan begitu, doa-doanya terijabah, Allah akan membukakan hatinya, memurahkan rezekinya, memudahkan sakaratul maut, dan memeliharanya dari bahaya.

Terdapat sebuah hadis Rasulullah SAW yang artinya, "Dengan mengerjakan salat Duha walaupun hanya dua rakaat, dosa-dosa kecil diampuni dan dipenuhi sedekah untuk 360 sendi tubuh." (Hr. Muslim).

Hadis lain meriwayatkan, "Dengan mengerjakan empat rakaat salat Duha, Allah SWT akan memenuhi semua keperluan harian dengan cara yang mudah." (Hr. Ahmad).

Yang disebutkan di atas hanyalah beberapa keutamaan. Masih banyak lagi dalil lain yang membicarakan fadilah-fadilah dari salat sunah.

6. Bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Sukses di Usia Muda, Ini 6 Amalan Pengundang Rezeki dari Wirda Mansurpotret Wirda Mansur (instagram.com/wirda_mansur)

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Barangsiapa yang bersalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim no. 408).

Keutamaan seperti ini tentunya tak diabaikan begitu saja oleh Wirda. Dirinya selalu membawa salawat pada setiap yang menjadi impiannya. Dulu, saat Wirda ingin jalan-jalan ke luar negeri, ia menempelkan peta dunia di dinding kamarnya, menggaris bagian-bagian negara yang hendak ia kunjungi, dan setiap melihat peta tersebut ia selalu bersalawat. Alhasil, hari ini, Wirda telah mengunjungi nyaris semua negara tersebut.

Dengan bersalawat, kita terkoneksi kepada Allah dan Rasul. Sama halnya seperti jika di dunia kita memiliki koneksi kepada orang-orang yang berpengaruh, maka jika kita terkoneksi langsung kepada Allah dan Rasul-Nya, tentu itu akan mempermudah segala urusan kita.

Pada dasarnya, rezeki tidak hanya berupa uang, tapi juga kesehatan, kebahagiaan, memiliki organ tubuh yang lengkap, hingga sesederhana memiliki kemampuan untuk membaca artikel ini. Ada sekian banyak amalan lain yang dapat mengundang kebaikan dan rezeki. Beberapa di atas adalah yang terbilang mudah dan ringan untuk bisa diamalkan setiap hari. Tak perlu langsung sekaligus, kamu bisa mencobanya perlahan, satu per satu.

Baca Juga: 6 Tuntunan Al-Quran agar Lancar Dapat Kerja dan Rezeki

Addini Safitri Photo Verified Writer Addini Safitri

Hope what I share can be useful for you. Be my friend on Instagram: @addini_sft

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya