Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Gengsi Mengadakan Pernikahan yang Sederhana

Pernikahan seharusnya membuat kalian senang bukan terbebani

Pernikahan adalah idaman setiap manusia, apalagi mereka yang sudah lama bersama-sama menjalin sebuah komitmen. Sayangnya pernikahan sering kali menjadi sebuah permasalahan karena banyak hal, mulai dari restu hingga urusan budget yang bikin sesak nafas. Padahal pernikahan sendiri diadakan untuk menjadi penyempurna hubungan, bukan maksud lain yang berususan dengan materi. 

Karenanya kamu dan pasangan gak perlu gengsi untuk mengadakan pernikahan secara sederhana, hal tersebut gak salah kok untuk dilakukan.

Berikut 5 alasan yang membuat pernikahan sederhana itu sah-sah saja untuk dilaksanakan!

1. Pernikahan bukan ajang unjuk gigi untuk pamer kekayaan

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Gengsi Mengadakan Pernikahan yang Sederhanaunsplash.com/jianrui

Menikah itu tidak mahal tapi yang membuatnya jadi mahal adalah rasa gengsi yang mati-matian dipertaruhkan. Sederhana bukan berarti kalian tidak mampu untuk menyusun acara yang megah, namun kesederhanaan dijunjung karena pernikahan sendiri adalah momen sakral yang harus diabadikan secara bermakna. 

2. Momen sekali seumur hidup ini seharusnya kamu nikmati tanpa ada banyak tekanan

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Gengsi Mengadakan Pernikahan yang Sederhanaunsplash.com/touzu

Gak mungkin rasanya budget tidak menjadi tekanan yang bikin calon pengantin jadi keteteran. Ya, dari pada kamu terbebani akan itu lebih baik gak perlu repot-repot mengadakan pesta mewah. Kamu memiliki hak untuk menikmati momen sekali seumur hidup yang seharusnya bikin kalian bahagia. Beri pengertian terhadap keluarga dan pasangan tentang makna pernikahan tanpa harus mengahambur-hamburkan uang. 

Baca Juga: Gak Perlu Sewa Gedung, 7 Tips Merancang Pernikahan Elegan di Rumah

3. Kesederhanaan membuat perayaan semakin hangat dan berkesan

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Gengsi Mengadakan Pernikahan yang Sederhanaunsplash.com/mitchorr

Selain memangkas cost, kamu juga akan menikmati acara yang lebih intim lho dengan tamu undangan yang terbatas. Perayaan pernikahan sederhana membuat keluarga dan kerabat terdekat saja yang datang sehingga kamu bisa bercengkrama oleh setiap tamu undangan dan menikmati rangkaian pesta kalian, bukan hanya diam di pelaminan dan menyalami tamu yang tak kunjung selesai. 

4. Kalian bisa memangkas budget dan membuat banyak hal diuntungkan

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Gengsi Mengadakan Pernikahan yang Sederhanaunsplash.com/domenika

Kesederhanaan tidak berarti membuat perayaan jadi tidak spesial. Dengan acara yang biasa saja banyak hal yang bisa kamu manfaatkan. Misalnya dengan kerja sama antar keluarga dalam bergotong royong menyiapkan momen pernikahan kalian. Rangkaian acara bakal terasa makin istimewa berkat campur tangan orang yang kamu kenal, bukan orang lain yang cuma menjalaninya karena bayaran. 

5. Lebih baik apa adanya daripada membuat kalian tersika di kemudian hari

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Gengsi Mengadakan Pernikahan yang Sederhanaunsplash.com/nicolehoneywill

Ini adalah alasan paling penting yang mesti kamu dan pasangan ketahui bahwa menghabiskan banyak uang untuk mengadakan pesta pernikahan akan membuat kalian tersiksa di kemudian hari.

Jika acara itu dipaksakan dengan budget yang kelewat batas, kehidupan setelah menikah terasa gak lagi menyenangkan. Awal dari perjalanan baru kamu dan dia akan dihiasi pikiran suntuk tentang bagaimana menyelesaikan hutang piutang yang ditinggalkan. 

Pernikahan sederhana yang diadakan sesuai kemampuan budget kalian akan membuat pernikahan itu menjadi acara yang sakral dan bermakna tanpa ada embel-embel menyusahkan. Untuk itu, kamu dan pasangan lebih baik berterus terang agar semuanya bisa berjalan lancar dan menyenangkan. 

Baca Juga: Lucu dan Unik, Ini 6 Inspirasi Souvenir Pernikahan Anti Mainstream!

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You