Comscore Tracker

5 Tips Menata Koleksi Sepatu Biar Tersusun Rapi dan Gak Menumpuk

Jadi lebih awet dan mudah ditemukan saat ingin dipakai

Mengoleksi barang bisa menjadi hobi yang sangat mengasyikan dan juga bikin ruangan sempit. Barang-barang berukuran kecil pun bisa memadati tempat penyimpanan bila jumlahnya sudah tak terhitung. Apalagi kalau barang yang dikoleksi berupa sepatu, perlu perawatan dan ruangan khusus biar kondisinya tetap terjaga.

Nah, kalau kamu kebingungan mengatur koleksi sepatu yang mulai gak terhitung, yuk simak tips biar semua koleksi sepatu tersusun rapi dan gak menumpuk!

1. Pertahankan sepatu yang sering dipakai

5 Tips Menata Koleksi Sepatu Biar Tersusun Rapi dan Gak Menumpukunsplash.com/@jelizabm

Sepatu banyak dibeli pasti bukan hanya karena butuh, tapi lapar mata dan akhirnya gak pernah terpakai hingga ada cacat di bagian tertentunya. Meskipun berat namun kamu harus bisa mempertahankan sepatu yang hanya sering dipakai dan masih dalam kondisi bagus. Kalau sudah tidak memenuhi dua syarat tadi lebih baik dikasih ke orang atau dijual secara preloved.

Sebab hal pertama yang harus dilakukan saat ingin menyusun sepatu adalah menentukan berapa banyak jumlah koleksi yang masih layak dan pantas disimpan.

2. Kategorikan sepatu dari yang ternyaman hingga ter-gak nyaman

5 Tips Menata Koleksi Sepatu Biar Tersusun Rapi dan Gak Menumpukunsplash.com/@hermez777

Dari sekian banyak koleksi sepatu yang dimiliki, cara gampang yang bisa dilakukan saat ingin menyusunnya secara rapi adalah dengan mengkategorikan sepatu dari yang ternyaman hingga ter-gak nyaman. Jadi nantinya gak akan kerepotan saat buru-buru mau pergi dan mencari sepatu yang gak terlalu ribet dan asal nyaman dipakai.

3. Tempatkan secara khusus koleksi yang unik atau limited edition

5 Tips Menata Koleksi Sepatu Biar Tersusun Rapi dan Gak Menumpukunsplash.com/@dzgnzr

Selain kategori tadi, pisahkan juga koleksi sepatu yang unik atau limited edition. Kategori ini sangat penting karena saat acara  tertentu pasti ada keinginan menggunakan sepatu yang gak biasa. Nah, kalau sudah ditempatkan secara khusus kaya gini jadi lebih gampang dan gak pusing atau harus mencari-cari.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Brand Lokal yang Tawarkan Koleksi Sepatu Pernikahan

4. Gunakan rak gantung untuk ruangan sempit

5 Tips Menata Koleksi Sepatu Biar Tersusun Rapi dan Gak Menumpukcollectionsetc.com

Tidak memiliki ruangan yang cukup luas untuk menaruh koleksi sepatu kalian? Gunakan rak gantung sebagai solusinya. Rak gantung bisa menghemat tempat dan menyusun sepatu lebih rapi sesuai kategorinya. Agar memudahkanmu memilih, pilih rak gantung transparan saat membeli.

5. Kendalikan keinginan untuk membeli sepatu baru

5 Tips Menata Koleksi Sepatu Biar Tersusun Rapi dan Gak Menumpukunsplash.com/@charissek

Tips-tips di atas tadi gak akan berhasil kalau secara berkala kamu terus menambah koleksi sepatu kalian. Kendalikan keinginan untuk membeli sepatu baru demi menghemat pengeluaran dan pengaturan yang mudah. Setidaknya setiap ada sepatu yang baru maka kamu harus mengeluarkan satu sepatu lama milik kalian, entah itu preloved atau diberi secara cuma-cuma ke orang yang membutuhkan. 

Sebelum memutuskan untuk mengoleksi suatu barang pastikan kamu tahu bagaimana cara menyimpan dan menyusunnya secara tepat. Karena jika tidak koleksi yang kamu kumpulkan bisa terbuang sia-sia karena rusak dan gak dirawat dengan benar.

Baca Juga: 7 DIY Termudah Sulap Sepatu Lama Jadi Sepatu Nikah Cantik nan Glamor

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya