Comscore Tracker

6 Cara Sederhana untuk Meluapkan Emosi Tanpa Harus Marah-marah

Jangan menyakiti orang lain dengan perkataanmu saat emosi!

Emosi yang muncul memang tidak boleh kamu simpan dan telan seorang diri. Emosi yang muncul perlu kamu luapkan. Kebanyakan orang meluapkan emosi dengan cara marah-marah kepada orang di sekitanya.

Namun, meluapkan emosi dengan cara marah-marah tidak akan membuat diri kamu menjadi lebih baik. Kamu justru dapat menyakiti hati orang lain yang mendengarkan amarahmu. Terkadang, perkataan kamu saat sedang emosi dapat sangat menyakitkan untuk orang lain.

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk meluapkan emosimu tanpa harus marah-marah. Berikut 6 cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk meluapkan emosi tanpa harus marah-marah.

1. Menuliskan isi hati di buku diary

6 Cara Sederhana untuk Meluapkan Emosi Tanpa Harus Marah-marahpexels.com/Negative space

Tanpa harus marah-marah, kamu bisa meluapkan emosimu dengan cara menuliskannya di buku diary. Mungkin terdengar kekanakan, namun ternyata menulis diary banyak manfaatnya lho, bahkan untuk kamu yang sudah berumur dewasa.

Dengan menuliskan isi hati di buku diary, perasaanmu akan lebih tenang dan damai, sehingga emosimu pun akan hilang dengan sendirinya karena sudah kamu luapkan dalam bentuk tulisan. Selain itu, menulis diary juga dapat menambah skill menulismu lho!

2. Berteriak di tempat sepi

6 Cara Sederhana untuk Meluapkan Emosi Tanpa Harus Marah-marahpexels.com/Danya Gutan

Berteriak ternyata dapat membuat hati kamu jauh lebih tenang dan kamu akan merasa lebih rileks. Namun, jangan berteriak di sembarang tempat ya!

Saat kamu sedang ingin meluapkan emosi, pergi lah ke tempat sepi seperti daerah pinggiran kota. Kamu juga bisa pergi ke ruangan yang kedap suara berisikan hanya kamu seorang. Nah, di sana kamu bisa meluapkan emosimu dengan cara berteriak sekencang-kencangnya. Dijamin emosimu akan hilang dan perasaanmu akan menjadi lebih nyaman.

Baca Juga: 5 Cara Keliru dalam Mengelola Emosi Ini Malah Bisa Bikin Kamu Tertekan

3. Tidur sejenak

6 Cara Sederhana untuk Meluapkan Emosi Tanpa Harus Marah-marahpexels.com/Andrea piacquadio

Saat diri kamu sedang dikuasai oleh emosi yang tak tertahankan, kamu tidak harus meluapkannya dengan amarah. Kamu bisa meluapkan emosimu dengan cara tidur sejenak. 

Saat emosi, pikiranmu tentu menjadi lelah. Oleh karena itu, penting untuk kamu agar mendinginkan emosimu terlebih dahulu dengan cara mengistirahatkan pikiranmu sejenak. Nah, pikiranmu dapat beristirahat jika kamu meluangkan waktu untuk tidur sejenak melupakan emosi yang sedang kamu rasakan.

4. Pergi mengelilingi kota seorang diri

6 Cara Sederhana untuk Meluapkan Emosi Tanpa Harus Marah-marahpexels.com/Andrea Piacquadio

Mengelilingi kota seorang diri ternyata dapat membuatmu meluapkan emosi tanpa harus marah-marah, lho. Melihat jalanan dan pemandangan kota dapat membuat hati dan pikiranmu jauh lebih tenang. Emosimu pun akan ikut stabil dengan sendirinya.

Hal ini akan lebih efektif jika kamu melakukannya di malam hari. Saat malam hari, kamu dapat melihat terangnya lampu jalanan dan menikmati angin malam yang akan membuat dirimu jauh lebih merasa tenang.

5. Makan makanan kesukaan

6 Cara Sederhana untuk Meluapkan Emosi Tanpa Harus Marah-marahpexels.com/Andrea Piacquadio

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan metode meluapkan emosi yang satu ini. Makan makanan kesukaan dapat membantumu mengalihkan perasaan emosi yang sudah menumpuk dalam diri kamu.

Makan makanan kesukaan akan memberikan rasa senang tersendiri untuk kamu. Akibat rasa senang tersebut, kamu pun akan melupakan emosi yang sempat membebanimu.

6. Mendengarkan musik bahagia

6 Cara Sederhana untuk Meluapkan Emosi Tanpa Harus Marah-marahpexels.com/Andrea Piacquadio

Meluapkan emosi bisa kamu lakukan dengan mendengarkan musik, lho. Namun, musik yang kamu dengarkan harus yang bahagia, ya. 

Dengan mendengarkan musik bahagia, hati kamu juga akan ikut bahagia dan pikiranmu pun dapat menjadi lebih ringan. Emosi yang tadinya menguasai dirimu dapat sirna karena perasaan bahagia  yang kamu rasakan akibat mendengarkan musik.

Meluapkan emosi tanpa marah-marah ternyata sangat mudah, ya. Tanpa harus menyakiti hati orang lain akibat perkataanmu saat sedang emosi, kamu ternyata bisa meluapkan emosimu dengan 6 cara sederhana tadi!

Baca Juga: Jangan Suka Marah-marah, Ini 5 Sisi Negatif yang Akan Kamu Rasakan

Adena Riskivia Trinanda Photo Verified Writer Adena Riskivia Trinanda

Anak koas yang suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya