Comscore Tracker

5 Pemikiran yang Membuat Orang Kurang Percaya Diri, Segera Hentikan!

Saatnya menjadi lebih baik

Kurang percaya diri sering menjadi pengganjal orang untuk sukses. Karena perasaan minder itu bisa mengganggu saat kita akan membuat keputusan. Sehingga bisa menyebabkan kesempatan bagus hilang dari depan mata karena banyak berpikir.

Biasanya rasa minder datang karena trauma, tapi lima mindset seperti di bawah ini juga bisa membuat orang menjadi kurang percaya diri.

1. Ingin selalu terlihat keren dan sempurna di mata banyak orang

5 Pemikiran yang Membuat Orang Kurang Percaya Diri, Segera Hentikan!pexels.com/The Lazy Artist Gallery

Ingin terlihat keren dan sempurna itu memang hal yang sangat wajar. Tapi, jika pemikiran seperti itu sudah membuatmu menjadi orang yang kurang aksi dan tidak melakukan keputusan apapun sebab takut salah dan ditertawakan orang lain, ini sudah tidak benar. Sadari saja kalau semua orang di dunia ini tidak bisa sempurna dalam segala hal. Sehingga tak masalah kalau kamu melakukannya dengan tidak benar.

Kalau ditertawakan orang, anggap saja mereka itu sebagai pengingat kalau yang kamu lakukan ini salah dan kamu masih perlu belajar lagi. Tak perlu dimasukkan ke hati yang paling dalam. Dengan pikiran begitu kamu akan bisa lebih leluasa dan menikmati kegiatanmu tanpa memikirkan ucapan orang lain.

2. Tidak mencintai diri sendiri

5 Pemikiran yang Membuat Orang Kurang Percaya Diri, Segera Hentikan!pexels.com/Hassan OUAJBIR

Jika kamu masih sering memandang rendah dirimu dan membandingkannya dengan orang lain, berarti kamu tidak mencintai dirimu sendiri. Hentikan ini, kawan. Sebab hanya akan semakin membuatmu rendah diri.

Ya, memang ada kalanya melihat orang lain itu perlu, untuk menjadi pengingat agar kita tak sombong. Tapi, hentikan saat pikiranmu mulai membanding-bandingkan. Ingat kamu dan dia punya cara sendiri untuk sukses dan bahagia. Jadi, hentikan itu. Cukup orang lain saja yang menghakimimu, kamu tak boleh ikut menyalahkan diri sendiri, oke?

3. Terlalu mengikuti omongan orang lain

5 Pemikiran yang Membuat Orang Kurang Percaya Diri, Segera Hentikan!pexels.com/bruce mars

Kawan, omongan orang itu sering kali berubah. Kamu akan capek kalau mengikuti satu per satu. Cukup terima masukan yang kamu anggap sesuai dengan prinsip dan gaya hidupmu. Lebihnya abaikan, kalau perlu katakan pada mereka; itu tidak sesuai dengan prinsipku.

Cukup jadi diri sendiri dan teguhkan prinsipmu. Anggap omongan orang itu teguran yang bila baik okelah untuk diterapkan, tapi jika toxic anggap saja suara angin. Ini akan membuatmu menjadi orang yang lebih percaya diri dan memiliki prinsip hidup yang kuat. Tentunya juga membuatmu lebih terlihat punya gaya tersendiri.

Baca Juga: 5 Cara Yakinkan Diri untuk Memaafkan Kesalahan Orang & Kembali Percaya

4. Berprasangka buruk dengan orang lain

5 Pemikiran yang Membuat Orang Kurang Percaya Diri, Segera Hentikan!dramabeans.com

Kurang percaya diri juga bisa dikarenakan seringnya berprasangka buruk pada orang lain. Apalagi kalau kamu tipe orang yang sensitive, dipandang orang saja mikirnya langsung ke hal-hal negatif, misalnya merendahkanmu dengan tatapannya.

Mindset seperti ini benar-benar harus kamu kurangi. Selain gak baik, hal ini bisa membuatmu kesulitan untuk interaksi dengan orang lain. Sebab kamu akan sangat hati-hati dan cenderung diam saat ditanya orang serta menjadi orang yang mudah tersinggung.

5. Belum punya tujuan utama atau impian dalam hidup

5 Pemikiran yang Membuat Orang Kurang Percaya Diri, Segera Hentikan!pexels.com/Jaxson Bryden

Impian adalah mindset yang mempengaruhi semangat orang dalam hidup. Setiap orang pasti akan bekerja keras untuk meraih tujuan utamanya. Mereka bisa melakukan apapun meski itu di luar zona nyamanya, misal seorang introver yang keluar dari zona aman untuk bisa meraih impiannya menjadi seorang travel vlogger.

Maka dari itu kamu sangat perlu untuk punya impian dalam hidup. Karena ini bisa membuat cara berpikirmu berubah demi bisa mewujudkannya. Tentunya hal ini juga mempengaruhi tingkah lakumu, dari yang semula pemalu bisa akan lebih percaya diri. Selain itu, jika kamu tidak punya tujuan hidup yang jelas tentu hari-harimu akan menjadi tak bermakna dan bisa tambah sepi, lalu semakin mengurung diri di kamar. Jangan sampai begitu, ya.

Oke, itulah lima pemikiran yang bisa membuat orang kurang percaya diri. Coba hentikan dan ubah, sebab menjadi orang yang percaya diri itu banyak keuntungannya.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Percaya Diri Meski dalam Lingkungan Baru

Arsya Naira Photo Verified Writer Arsya Naira

Hanya manusia ciptaan Tuhan yang suka menulis sambil minum kopi. Instagram-ku @_adhesa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya