Comscore Tracker

5 Keuntungan Bisa Kamu Dapatkan dari Rajin Menulis 

Personalmu akan berubah ketika memulai

Menulis memang bukan perkara yang mudah. Menulis juga gak langsung yang berat-berat kok, yang penting kamu mau dan menulis apa pun. Mulai menulis dari yang gak penting sekalipun bisa saja.

Perspektif menulis di zaman sekarang itu agak berbeda dari zaman dulu. Zaman sekarang menulis biar terlihat estetik dan produktif. Tidak salah memang, tetapi sebaiknya kamu juga harus merasakan manfaat dari menulis yang sebenarnya. Emang apa aja, sih manfaatnya? Jangan-jangan kita sudah merasakan, tetapi tidak menyadarinya? Nah, simak pembahasan berikut, ya!

1. Hidup lebih tertata

5 Keuntungan Bisa Kamu Dapatkan dari Rajin Menulis Ilustrasi wanita sedang bekerja dan tersenyum (Pexels/Ketut Subiyanto)

Menulis adalah menyampaikan pesan, perasaan kita. Nah, ketika kita menulis perasaan yang positif maka, kita juga akan bertindak positif pula. Menulis bisa menjadi acuan kita dalam melakukan sesuatu. 

Apa hubungannya dengan hidup teratur? Ada. Dari menulis sesuatu tentang apa yang kamu hadapi, kamu bisa jadi introspeksi diri dan memperbaiki hidup agar lebih tertata. Bisa juga menulis rangkaian kegiatan yang akan kamu lakukan di hari itu. Maka kegiatanmu akan terstruktur dan waktumu tidak terbuang sia-sia.

2. Meningkatkan daya ingat

5 Keuntungan Bisa Kamu Dapatkan dari Rajin Menulis ilustrasi pria sedang berpikir (Pexels/Vanessa Garcia)

Menulis bisa membuat daya ingat kita semakin kuat. Menulis sama dengan menghafal. Bedanya menghafal itu melalui angan dan mulut, tetapi menulis itu kita menulis kembali. Jadi ketika kamu mempelajari sesuatu, kamu bisa menulis apa yang kamu ingat dari pelajaran  tadi.

Ini sangat bermanfaat untuk menghafal dan memahami materi. Di mana saat kita menuliskan apa yang telah dipelajari, kita juga akan berpikir apa yang kota tulis. Sehingga ini cocok dijadikan sebagai gaya belajar.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah bagi Kamu yang Ingin Belajar Menulis Artikel dari Nol

3. Meningkatkan kepercayaan diri dalam beropini

5 Keuntungan Bisa Kamu Dapatkan dari Rajin Menulis ilustrasi pria tersenyum lebar dengan mengangkat jempol (Pexels/Andrea Piacquadio)

Sering kali kita tidak berani menyampaikan pendapat. Takut akan salah ucap atau pemikiran tidak sama dengan dominan. Ingat, namanya beropini berbeda itu bukan masalah. Menulis bisa menjadi alternatif ketika tidak berani menyampaikan secara langsung.

Menyampaikan pendapat melalui tulisan ini juga memiliki kekurangan. Akan terjadi salah penafsiran pesan. Beropini melalui tulisan juga bisa mengasah kemampuan kita untuk menyusun kalimat yang mudah dipahami masyarakat.

4. Meredakan stres

5 Keuntungan Bisa Kamu Dapatkan dari Rajin Menulis Pexels/Nathan Cowley

Menulis bisa menjadi teman curhat. Mengeluarkan unek-unek ke dalam tulisan, sehingga kita bisa sedikit meredakan pikiran. Sama halnya dengan saat curhat dengan teman. Anggap saja pena atau laptopmu adalah temanmu. Tulis apa yang kamu hadapi.

Gak percaya? Coba praktikkan dulu. Saya jamin kamu bisa melepas overthinking-mu. Kamu bisa menganalisis apa yang bikin overthinking. Ketika sudah kamu analisis, kamu bisa memperbaiki diri dan memilah mana yang perlu dipikirkan.

5. Menjadi karya dan pundi rupiah

5 Keuntungan Bisa Kamu Dapatkan dari Rajin Menulis Pexels/Alexander Mils

Siapa sangka menulis bisa menjadi rupiah? Berbagai pengalamanmu mungkin diperlukan oleh orang lain. Contoh saja Fiersa Besari. Awalnya ia hanya mengunggah cuitan pada platform Twitter, mengenai kisah asmara dan kehidupan. Kata-kata yang diunggahnya selalu sesuai dengan perasaan anak milenial, sehingga ia dikenal oleh sebagai penulis yang puitis. 

Langkah yang bisa kamu ambil, mungkin dengan menulis pada blog pribadi terlebih dahulu. Bisa juga menulis pada akun sosial media pribadi. Menulis di akun sosial media pribadi lebih efektif menurut saya, karena teman-teman sudah pasti akan membacanya.

Nah, gimana menulis sangat bermanfaat bukan? Kegiatanmu menjadi lebih terstruktur, kamu bisa bercerita apa saja tanpa ada yang tersinggung, bisa berpendapat, dan bisa menjadi penghasilan. Pasti yang paling menarik yang nomor lima, kan? Tidak apa kok, yang penting mau berusaha berlatih, karena menulis yang menghasilkan uang itu harus ada syarat dan ketentuannya.

Baca Juga: 7 Tips Mendapatkan Inspirasi Menulis saat Kamu Sudah Kehabisan Ide

Aditya Ratna Aji Photo Writer Aditya Ratna Aji

Aditya Ratna Aji

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya