Comscore Tracker

5 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Meredam Rasa Iri Hati

#PanjatPoin Iri hati itu buang-buang waktu!

Tak jarang, dalam hidup, kita merasa kurang dengan apa yang kita miliki dan menginginkan kehidupan orang lain yang sekilas lebih baik. Sifat iri hati ini merupakan sifat tercela yang menghambat seseorang untuk merasa bahagia. Oleh karena itu, jika kamu sedang iri hati kepada temanmu atau tetanggamu yang sedang bernasib mujur, kamu dapat melakukan 5 tips berikut untuk meredam rasa iri hati itu.

1. Bersyukur

5 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Meredam Rasa Iri HatiPixabay.com/JillWellington

Jangan pernah lupa bahwa Tuhan selalu baik kepada kita. Meskipun kamu merasa kurang beruntung, ingat bahwa kita masih mendapatkan hal-hal baik dan sudah kewajiban manusia untuk selalu bersyukur. Dengan bersyukur, hati akan lebih tenang dan Tuhan akan melipat gandakan nikmatnya.

2. Berhenti banding-bandingin dirimu dengan orang lain

5 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Meredam Rasa Iri HatiInstagram.com/hobbsandshaw

Ingat ya, semua orang diciptakan berbeda. Bahkan, jalan hidup manusia juga berbeda. Kita tak akan pernah merasa puas jika terus-terusan banding-bandingin hidup kita dengan orang lain. Mulailah percaya diri dengan kehidupan yang kamu miliki saat ini. Hal tersebut akan membuatmu lebih semangat dalam menatap masa depan.

3. Melihat ke bawah

5 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Meredam Rasa Iri HatiPixabay.com/Free-Photos

Jangan pernah lupa, di luar sana banyak orang yang memimpikan hidup seperti yang kamu miliki. Banyak hal yang kamu dapatkan tapi tidak mereka dapatkan. Belajarlah untuk bersyukur atas semua itu.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menghadapi Rasa Iri Hati, Biar Gak Rugi Sendiri

4. Jangan sok tahu

5 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Meredam Rasa Iri Hatipixabay.com/5688709

Jangan sok tahu tentang hidup orang lain. Boleh jadi kamu melihat hidup orang lain yang serba sempurna. Namun, percayalah bahwa kamu belum mengetahui apa saja yang pernah diambil Tuhan dari mereka. Bisa saja, temanmu dapat membeli apa yang dia suka, tetapi dia tidak merasakan kasih sayang orang tuanya.

Intinya, setiap orang punya masalah masing-masing, termasuk juga orang yang hidupnya kelihatan sempurna. Jadi, jangan iri hati terhadap hidup orang lain karena kamu baru melihat dari luarnya saja.

5. Melihat hal baik dari kejadian kurang beruntung

5 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Meredam Rasa Iri HatiImdb.com

Mencari hikmah dari setiap kejadian merupakan cara ampuh untuk tetap bersyukur. Setiap kejadian, bahkan kejadian buruk sekalipun pasti memiliki sisi baik. Contoh yang paling sering terjadi yaitu ketika seseorang ketinggalan pesawat. Padahal ia sedang diselamatkan dari pesawat yang nantinya akan mengalami kecelakaan. Banyak sekali hikmah yang bisa kita petik dalam hidup ini. Seseorang lebih mudah bahagia ketika dia bisa melihat sisi baik dari hidupnya dan tidak mengeluh.

Jadi, banyak cara untuk meredam rasa iri dalam hati. Rasa iri membuat hidup kita tidak akam merasa puas apalagi bahagia. Cobalah untuk lebih bersyukur dan menikmati hidup karena kebahagiaan merupakan hasil dari persepsi kita tentang kondisi saat ini, baik itu menyenangkan maupun tidak.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Dendam Bagi Kesehatan, Cobalah untuk Memaafkan

Aditya Reza Photo Community Writer Aditya Reza

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You