Comscore Tracker

Doa Mohon 7 Karunia Roh Kudus pada Sang Penolong dan Penuntun

#IDNTimesLife Tercurah setelah Sakramen Baptis

Dalam ajaran Katolik, banyak sekali doa yang diajarkan. Salah satunya Doa Mohon 7 Karunia Roh Kudus yang terdapat dalam Puji Syukur Nomor 93. Doa ini dilakukan 9 hari berturut-turut sebelum hari Pentakosta.

Pencurahan Roh Kudus merupakan janji Tuhan Yesus yang digenapi setelah kenaikan-Nya. Dengan karunia Roh Kudus ini, semoga kita dapat melakukan setiap kehendak Tuhan. Pelajari doa Mohon 7 Karunia Roh Kudus dan maknanya di bawah ini!

1. Bunyi Doa Mohon 7 Karunia Roh Kudus

Doa Mohon 7 Karunia Roh Kudus pada Sang Penolong dan Penuntunilustrasi berdoa (pexels.com/MART PRODUCTION)

Datanglah, ya Roh Hikmat, turunlah atas diri kami, ajarlah kami menjadi orang bijak, terutama agar kami dapat menghargai, mencintai, dan mengutamakan cita-cita surgawi. Semoga kami Kau lepaskan dari belenggu dosa dunia ini.

Datanglah, ya Roh Pengertian, turunlah atas diri kami. Terangilah budi kami, agar dapat memahami ajaran Yesus, Sang Putra, dan melaksanakannya dalam hidup sehari-hari.

Datanglah, ya Roh Nasihat, dampingilah kami dalam perjalanan hidup yang penuh gejolak ini. Semoga kami melakukan yang baik dan menjauhi yang jahat.

Datanglah, ya Roh Keperkasaan, kuatkanlah hamba-Mu yang lemah ini, agar tabah menghadapi segala kesulitan dan derita. Semoga kami Kau kuatkan dengan memegang tangan-Mu yang senantiasa menuntun kami.

Datanglah, ya Roh Pengenalan akan Allah. Ajarlah kami mengetahui bahwa semua yang ada di dunia ini sifatnya sementara saja. Bimbinglah kami agar dapat menggunakan hal-hal duniawi untuk kemulian-Mu.

Datanglah, ya Roh Kesalehan, bimbinglah kami untuk terus berbakti kepada-Mu. Ajarlah kami untuk menjadi orang yang tahu berterima kasih atas segala kebaikan-Mu dan berani menjadi teladan kesalehan bagi orang-orang di sekitar kami.

Datanglah, ya Roh Takut akan Allah, ajarlah kami untuk takut dan tunduk kepada-Mu dimana pun kami berada. Tegakkanlah kami agar selalu berusaha melakukan hal-hal yang berkenan kepada-Mu. Amin.

Baca Juga: Ayat Alkitab Doa Bapa Kami dan Perbedaannya

2. Apa itu 7 karunia Roh Kudus?

Doa Mohon 7 Karunia Roh Kudus pada Sang Penolong dan Penuntunilustrasi wanita pegang rosario (pexels.com/RODNAE Production)

"Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN; ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja
atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang." - Yesaya 11:2-3

Dalam ajaran Kristen dan Katolik, kita mengenal Hari Pentakosta, yaitu perayaan tercurahnya Roh Kudus atas para rasul pada hari ke-50 setelah Kenaikan Yesus. Diberikan juga kepada kita, 7 karunia Roh Kudus saat sakramen baptisan.

"Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu." - Yohanes 14:16-17

Roh Kudus merupakan pribadi Tuhan yang dinyatakan dalam konsep Allah Tritunggal (Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus). Dalam Yohanes 14:16-17, dikatakan bahwa Roh Kudus merupakan penolong.

Dilansir Katolisitas, ketujuh karunia Roh Kudus ini bertujuan untuk menyempurnakan akal budi, kehendak, dan indra. Karunia Roh Kudus inilah yang akan membantu kita untuk memahami kebenaran firman Tuhan.

3. Macam 7 karunia Roh Kudus

Doa Mohon 7 Karunia Roh Kudus pada Sang Penolong dan Penuntunilustrasi rosario dan alkitab (pexels.com/pixabay)

“Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN” - Amsal 9:10

Berdasarkan ayat tersebut maka karunia yang paling dasar adalah takut akan Tuhan, sementara karunia tertinggi ialah kebijakan. Jika diurutkan dari yang tetinggi maka ada kebijaksanaan, pengertian, pengenalan akan Tuhan, nasihat, kesalehan, keperkasaan dan takut akan Tuhan.

  • Karunia takut akan Tuhan = karunia yang melepaskan kita dari dosa karena kita paham bahwa Tuhan adalah segala-Nya. Konteks takut di sini menjelaskan ketakutan menyakiti atau menyedihkan hati Tuhan atas perbuatan yang tidak Ia kehendaki.
  • Karunia keperkasaan = karunia yang memampukan kita menghadapi berbagai kesulitan bukan dengan kekuatan pribadi, tetapi bersandar pada kekuatan Tuhan. Melalui karunia ini, Roh Kudus memberi kekuatan pada kita yang terbatas untuk memuliakan-Nya.
  • Karunia kesalehan = karunia yang menyempurnakan hubungan kita dengan Allah dan sesama. Karunia ini mengajarkan kita untuk percaya sepenuhnya kepada Dia, serta menuntun kita untuk melaksanakan kehendak Tuhan karena paham bahwa Ia baik.
  • Karunia nasihat = karunia yang memberikan kita petunjuk dalam menjalani hidup. Karunia nasihat yang menuntun kita untuk bisa mengambil keputusan bahkan di saat sulit sekalipun.
  • Karunia pengenalan akan Tuhan = karunia yang memampukan kita memberi makna pada apa pun yang dilakukan dan pengertian yang selalu mengacu pada Sang Pencipta.
  • Karunia pengertian = karunia ini menolong dan memampukan kita untuk mengerti apa yang diajarkan Kristus. Karunia pengertian menguasai pikiran dan perbuatan kita untuk mengenal, memahami, melaksanakan perintah Tuhan.
  • Karunia kebijaksanaan = karunia yang erat dengan konsep kasih. Kita bisa menjalani hari sebagai cerminan Kristus. Karunia kebijaksanaan memampukanmu melihat segala sesuatu dari perspektif Tuhan. Kita sudah menempatkan Tuhan di atas semuanya.

Itulah Doa Mohon 7 Karunia Roh Kudus. Dalam doa, mintalah hikmat dan penyertaan Roh Kudus untuk memimpinmu setiap hari agar selalu berada di jalan Tuhan yang benar.

Baca Juga: Doa Bapa Kami dalam Bahasa Inggris, Setiap Kalimatnya Luar Biasa!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya