Comscore Tracker

5 Sifat Perempuan Tangguh ala Kinan Layangan Putus, Layak jadi Panutan

Karakter ini diidolakan pria, kamu punya gak?

Bagi penikmat web series "Layangan Putus", serial ini sudah menyentuh penghujung episode. Sejak awal, emosi penonton sudah teraduk-aduk dengan perilaku Aris kepada Kinan. Namun, ada satu hal yang menarik perhatian, yaitu sikap tangguh Kinan.

Putri Marino yang memerankan karakter Kinan ini sukses menyampaikan pesan untuk bisa menjadi perempuan yang berdaya dalam keadaan apa pun. Terlihat dari bagaimana caranya menyikapi perselingkuhan Aris (Reza Rahadinan). Layak banget jadi panutan kamu, ini dia beberapa sifat perempuan tangguh ala Kinan.

1. Perempuan yang melek teknologi dan pintar menganalisis masalah

5 Sifat Perempuan Tangguh ala Kinan Layangan Putus, Layak jadi Panutanserial Layangan Putus (instagram.com/wetvindonesia)

Kisah cinta terlarang antara Aris dan Lydia memang gak heran membuat emosi penonton tersulut. Demi memenuhi egonya, Aris mencari pelarian ke Lydia meskipun sudah memiliki istri dan anak. Namun, kamu bisa belajar dari sikap cerdas Kinan untuk mengungkapkan kasus perselingkuhan Aris. 

Bak detektif, Kinan menggunakan berbagai cara untuk menelusuri identitas Lydia dan bukti chatting Aris dan Lydia. Di sini, Kinan terlihat sebagai perempuan yang melek teknologi. Ia memanfaatkan beberapa aplikasi guna mempermudah upaya penelusurannya.

Alih-alih melabrak Lydia secara langsung, Kinan justru bersikap tenang dan penuk taktik. Ia berusaha menganalisis keadaan, menghubungkan semua kejadian atau perilaku aneh Aris dengan bukti yang sudah ia miliki. Skill berpikir kritis dan kepekaan diri inilah yang dibutuhkan setiap orang. 

2. Sosok yang lemah lembut dan tetap memilih setia walau dihantam kenyataan pahit

5 Sifat Perempuan Tangguh ala Kinan Layangan Putus, Layak jadi PanutanReza Rahadian dan Putri Marino (dok.WeTV/Layangan Putus)

Sekiranya, tangguh merupakan kata yang tepat mewakili karakter Kinan dalam serial ini. Dalam keadaan sulit pun, ia tetap bertahan dan tidak sedikit pun berniat membalas kejahatan dengan kejahatan. Kinan memilih setia berada di dekat Aris, selagi mencari bukti perselingkuhan.

Karakter lemah lembut selaras dengan perhatian yang ia berikan pada orang-orang terdekatnya. Sebagai seorang ibu muda, Kinan berusaha untuk tetap memberikan perhatian dan pengertian kepada Raya, anaknya.

Hal ini juga terlihat ketika ia mendapati kenyataan bahwa Miranda telah berpisah dengan pasangannya. Kinan justru menaruh empati dan menawarkan kehadirannya sebagai teman berkeluh kesah, meski dia tahu Miranda melakukan hal yang sama seperti Aris.

3. Perempuan yang berdaya itu punya kendali atas hidupnya dan menghargai diri sendiri

5 Sifat Perempuan Tangguh ala Kinan Layangan Putus, Layak jadi PanutanLayangan Putus (instagram.com/layanganputus.md)

Salah satu sifat perempuan tangguh yang wajib kamu miliki adalah kemampuan memberdayakan diri sendiri dalam situasi apa pun. Psikolog Klinis Inez Kristanti dalam webinar MyndfulAct 'Your Future is Created NOW' dalam sesi 2022: Stop Ngebucin!, menjelaskan bahwa kamu harus bisa menolong diri sendiri ketika berhadapan dengan berbagai tantangan dalam hubungan. Nahkoda dalam hidup adalah dirimu sendiri.

"Di sini pentingnya memprioritaskan diri sendiri, bukan orang lain. Bukan nge-bucin atau jadi budak cinta. Kalau budak kan ibaratnya udah kehilangan kendali atas keinginan sendiri. Di sini kita mampu membantu diri sendiri sehingga ketika ada di situasi yang sepertinya gak benar, coba sadari dan kenali. Coba refleksikan apa yang terjadi," jelas Inez.

Hal inilah yang dilakukan Kinan ketika ia berhadapan dengan perilaku suami yang mendua. Ia berusaha memberdayakan diri dengan bersikap tegas, jujur, menyusun strategi. Di balik karakter lemah lembut, ternyata Kinan bermental baja dan mampu bersikap tegas terhadap Aris.

Kinan tegas memberikan pilihan kepada Aris untuk meninggalkan Lydia atau melanjutkan kasus tersebut ke jalur hukum. Saat bertemu dengan Lydia, Kinan menjelaskan bahwa ia sedang mempertahankan harga diri. Artinya, Kinan tahu bagaimana caranya menghargai diri sendiri hingga berakhir mengambil keputusan yang tepat untuk masa depannya.

Baca Juga: 7 Trik Elegan Hadapi Suami yang Selingkuh ala Kinan Layangan Putus

4. Menyayangi keluarga dan diri sendiri dalam kondisi apa pun, prioritas nomor satu!

5 Sifat Perempuan Tangguh ala Kinan Layangan Putus, Layak jadi PanutanLayangan Putus (instagram.com/layanganputus.md)

Siapa sih yang gak tersakiti ketika tahu bahwa ia dikhianati oleh orang yang dicintai? Kemampuan akting Putri Marino gak mungkin diragukan lagi. Ia bisa memberikan rasa yang tepat, sesuai dengan kondisi. Walau tersakiti, Kinan membuktikan bahwa keluarga tetap prioritasnya.

Kinan berusaha menjaga keutuhan keluarganya semaksimal mungkin. Ia tetap menjaga Raya dengan penuh perhatian. Sosok perempuan mandiri terlihat dari cara Kinan mengerjakan tugasnya sebagai ibu rumah tangga.

Selain itu, Kinan juga merupakan pribadi yang penuh kasih kepada sahabatnya. Walau kondisi psikologisnya terguncang, pada akhirnya Kinan sadar bahwa ia juga berhak bahagia. Apa pun yang menjadi pilihannya, Kinan memilih ikhlas demi kesehatan mental dirinya dan Raya, serta masa depan yang lebih cerah.

5. Mampu menempatkan diri

5 Sifat Perempuan Tangguh ala Kinan Layangan Putus, Layak jadi PanutanLayangan Putus (instagram.com/layanganputus.md)

Sebagai seorang perempuan yang sudah berkeluarga, karakter Kinan yang satu ini patut diacungi jempol. Di balik kisah pahit rumah tangganya, Kinan mampu menempatkan diri dengan baik. Kinan berusaha untuk tidak membocorkan perilaku buruk pasangan kepada orang lain sebelum ada bukti yang valid.

Di depan sahabat dan orangtuanya, Kinan memilih menyembunyikan perilaku Aris. Saat bertemu dengan Lydia, Kinan juga bisa menjaga wibawanya sebagai istri sah Aris. Milikilah karakter perempuan yang bersahaja, intelektual, dan elegan dalam menyikapi persoalan yang rumit. 

Terkadang, kamu memang perlu tempat untuk berkeluh kesah agar kesehatan mental tetap terjaga. Namun, pastikan bahwa apa yang kamu lakukan itu tetap berada dalam batasan. Kalau memang persoalan rumah tangga tidak bisa diselesaikan sendiri, ada baiknya kamu meminta bantuan orang lain.

Itu dia beberapa sifat tangguh ala Kinan yang patut kamu contoh. Jadilah sosok perempuan yang berdaya dalam situasi apa pun. Sudahkah kamu memiliki karakter di atas?

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi si Manipulatif ala Kinan Layangan Putus

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya