Comscore Tracker

10 Pemikiran Ini Pasti Dialami saat Fase Berduka, Wajar Kok!

Meski begitu, hidup harus terus berjalan

Psikiatris asal Swiss, Elisabeth Kübler-Ross yang pertama kali merumuskan tahapan berduka. Mulai dari respon pertama, hingga penerimaan diri. Setiap orang merespon fase berduka dengan cara yang berbeda. Ada yang menangis, ada yang tidak menangis.

Semuanya wajar terjadi, kehilangan seseorang memang bukanlah hal yang mudah untuk dihadapi dan diterima. Ada beberapa pemikiran yang sering kita alami saat sedang berduka. Bagaimana meresponnya, ya? Simak ulasannya berikut ini!

1. "Apa yang sudah terjadi"

10 Pemikiran Ini Pasti Dialami saat Fase Berduka, Wajar Kok!hancinema.net

Siapa yang gak kaget ketika mendengar bahwa keluarga atau kerabat meninggalkan kita selamanya? Respon ini pertama kali terjadi ketika kita mendengar kabar yang tak pernah terduga sebelumnya. Terlebih, kabar itu bukanlah kabar yang menyenangkan.

Semua hal yang kita alami saat berduka wajar terjadi, biarkan saja mengalir dan tak perlu ditolak. Kita pasti bertanya-tanya mengapa terjadi, apa yang sudah terjadi. Bertanyalah, kita perlu untuk tahu apa sebabnya.

2. "Kalau aku tidak menangis. Apakah itu tandanya aku tidak berduka?"

10 Pemikiran Ini Pasti Dialami saat Fase Berduka, Wajar Kok!dramabeans.com

Semua orang pasti pernah mengalami duka. Hanya saja, tidak semua orang mampu mengekspresikan hal yang sama. Sehingga responnya juga berbeda, ada yang menangis dan ada juga yang tidak menangis. Kita tidak bisa kemudian menyalahkan orang lain ketika dia tidak menangis saat berduka.

Ketika tidak mengungkapkan kesedihan, bukan berarti tidak berduka. Emosi yang dimiliki manusia gak hanya sedih, lho. Bisa saja kita terlalu marah hingga menangis pun rasanya sudah tak sanggup.

3. "Ah bohong, gak mungkin itu terjadi"

10 Pemikiran Ini Pasti Dialami saat Fase Berduka, Wajar Kok!hancinema.net

Seperti halnya seorang pasangan yang sudah bertahun-tahun menjalin hubungan. Orang lain akan beranggapan bahwa mereka pasti menikah. Nyatanya belum tentu, hubungan mereka kandas. Kebanyakan orang pasti bertanya, "lho, kok bisa sih, gak mungkin ah".

Itu adalah salah satu bentuk penyangkalan. Hal ini pun terjadi pada kita saat mengalami duka. Kita lantas menganggap bahwa semua adalah kebohongan. Memang butuh waktu, karena terkadang dengan menyangkal kita merasa terhibur.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Terlalu Sedih dan Kecewa saat First Date-mu Gagal

4. "Aku gak bisa terima, kenapa bukan aku aja"

10 Pemikiran Ini Pasti Dialami saat Fase Berduka, Wajar Kok!hancinema.net

Fase ini disebut dengan marah. Semula telah denial atau menyangkal kenyataan yang ada. Terlalu sakit untuk dirasakan, sehingga kita melampiaskannya dengan kemarahan. Diperbolehkan kok untuk marah, namun ada saatnya kita harus sadar bahwa semua tidak baik-baik saja. 

Jika mungkin ini terjadi juga pada keluarga, teman, atau pasanganmu maka maklumilah. Justru dengan kemarahan, emosi negatif yang selama ini terpendam berhasil dikeluarkan. Daripada dipendam, berbahaya untuk kesehatan mental.

5. "Seandainya aku bisa lebih baik, mungkin sekarang gak akan seperti ini"

10 Pemikiran Ini Pasti Dialami saat Fase Berduka, Wajar Kok!hancinema.net

Pemikiran ini adalah self defense untuk diri sendiri. Membentuk pertahanan diri karena tak terima dengan kenyataan. Kita pun makin berandai jika ada sesuatu yang bisa dirubah, mungkin kita gak akan merasakan sakit.

Tak hanya kehilangan seseorang, kehilangan pekerjaan juga bisa membuatmu mengalami hal ini. Yang paling penting, kita gak boleh menyalahkan diri sendiri. Entah kematian atau kehilangan secara materi, semua terjadi bukan karena salah kita. Dengan menyalahkan diri sendiri, keadaan gak akan membuat hidupmu makin membaik.

6. "Aku sendirian"

10 Pemikiran Ini Pasti Dialami saat Fase Berduka, Wajar Kok!hancinema.net

Untuk beberapa saat, tidak apa-apa untuk merasa sendiri dan butuh waktu sendirian. Izinkan mereka yang berduka untuk punya waktu sendiri juga. Yang bisa menentukan seberapa lama kita mau terkekang oleh kesedihan adalah diri sendiri.

Setiap orang mungkin pernah memiliki pemikiran seperti ini. Wajar kok, emosi dan pikiran mereka terguncang dan proses ini adalah puncak kesedihan seseorang. Bukan menyalahkan, justru sediakan waktu. Sebagai teman atau keluarga dari mereka yang berduka, bantuan sekecil apapun akan sangat meringkankan mereka untuk melalui kedukaan.

7. "Aku baik baik saja, hidupku harus terus berjalan"

10 Pemikiran Ini Pasti Dialami saat Fase Berduka, Wajar Kok!hancinema.net

Kalau kita punya pemikiran ini, tandanya kita sudah berhasil melewati tahap krisis kedukaan. Jadikan rasa kehilangan sebagai proses untuk membentuk diri. Boleh untuk sedih, asal kita mampu untuk melihat kesedihan sebagai peluang pendewasaan diri. 

Tidak semua orang bisa sampai tahap penerimaan diri, lho. Perlu untuk sadar bahwa kematian bisa terjadi pada siapapun dan kapanpun. Ambil hikmahnya, belajar untuk self acceptance

Jadi, itulah beberapa pemikiran yang mungkin, atau sudah kita alami. Hidup ini memang tidak selalu berjalan dengan mulus, justru saat-saat seperti inilah kita diuji untuk belajar dewasa. Tetap semangat menjalani hari, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Orang Suka Mendengar Lagu Galau Saat Sedang Sedih, Kamu Juga?

Topic:

  • Adyaning Raras Anggita Kumara
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya