7 Cara Bertahan Puasa Meski Tidak Sahur, tetap Kuat ya!

#RamadanMasaKini Semoga puasanya kuat!

Salah satu hal yang tidak disukai dan dihindari oleh orang yang berpuasa di bulan Ramadan adalah tidak bangun pada jam sahur sehingga ia tidak makan sahur. Bahkan, jika faktanya tidak sempat sahur, hal ini sering jadi alasan bagi setiap orang untuk sengaja membatalkan puasanya. Padahal, itu bukan alasan yang dibolehkan agama.

Yang kemudian sadar bahwa ia tetap harus puasa, ya harus bertahan. Nah, bagaimana caranya untuk bisa bertahan puasa meski tidak sempat makan sahur?

1. Jangan menyesal dan tersenyumlah

7 Cara Bertahan Puasa Meski Tidak Sahur, tetap Kuat ya!pixabay/sreza24595

Bila sudah terjadi, semisal bangun setelah azan subuh berkumandang atau bangun tapi 2 menit lagi azan subuh, hal yang pertama-tama harus dilakukan adalah tidak menyesalinya. Menyesalinya hanya akan memulai sebuah beban dan persepsi bahwa hari ini akan terasa berat jika dilalui dengan berpuasa.

Kadang, menyesal memang suatu ekspresi yang alamiah terjadi, tapi jangan dilanjutkan. Alihkan penyesalan itu dengan senyuman dan anggap ini adalah tantangan.

2. Jangan mengeluh karena berbuka puasa hari ini akan jauh lebih nikmat

7 Cara Bertahan Puasa Meski Tidak Sahur, tetap Kuat ya!pixabay/geralt

Kalau sudah tidak makan sahur dan harus berpuasa, rasanya hari itu terasa lama karena kita menunggu-nunggu datangnya waktu berbuka. Boleh menunggu, tapi jangan mengeluhkan kenyataan bahwa waktunya masih lama. Apalagi kalau mengeluhkan kondisi tubuh yang dipersepsikan terus melemah akibat tidak makan sahur.

Kembali lagi, jadikan ini tantangan. Kalau perutmu keroncongan di waktu yang dini, senyumin aja, dan ingatlah berbuka puasa hari ini akan terasa jauh lebih nikmat.

Baca Juga: 5 Tips Puasa yang Nyaman Bagi Penderita Maag, Gak Perlu Khawatir Lagi

3. Cari kegiatan ringan yang membunuh waktu

7 Cara Bertahan Puasa Meski Tidak Sahur, tetap Kuat ya!pexels.com/destiawan nur agustra

Segera pikirkan hal yang harus diselesaikan dalam waktu dekat, dan bertekad untuk menyelesaikannya pada hari itu. Lakukan pekerjaan atau kegiatan itu secara terencana dan prioritaskan mana yang harus dituntaskan terlebih dahulu. Kerjakan hal selanjutnya bila yang satunya sudah selesai. Insyaallah, persepsi akan beratnya puasa di hari itu akan hilang karena waktumu telah terbunuh secara produktif.

4. Jaga stamina tubuh

7 Cara Bertahan Puasa Meski Tidak Sahur, tetap Kuat ya!pixabay/Free-Photos

Salah satu hal yang membuat puasa terasa berat karena tidak makan sahur adalah stamina tubuh yang terasa terus menurun akibat berkegiatan yang butuh tenaga. Solusinya, lakukan segala sesuatu dengan tenang, jangan terburu-buru karena akan membuat organ tubuh bekerja lebih keras terutama jantung dan paru-paru. Hal itu bisa membuat otot terasa capek, begitu juga dengan organ-organ vital tadi.

5. Jangan sampai berkeringat terlalu banyak

7 Cara Bertahan Puasa Meski Tidak Sahur, tetap Kuat ya!pixabay/skeeze

Berkeringat banyak artinya mengeluarkan banyak ion tubuh yang dibutuhkan untuk metabolisme dan menghasilkan tenaga. Jika keringat dikeluarkan terlalu banyak saat berpuasa sementara pasokannya sangat kurang bahkan tidak ada, tentu akan membuat tubuh menjadi letih sehingga memunculkan dorongan untuk membatalkannya.

Padahal, dengan mengelolanya secara baik, seperti menghindari panas-panasan di bawah sinar matahari, atau bergerak terlalu banyak, semangat puasa bisa dikembalikan lagi hingga nanti datangnya waktu berbuka.

6. Tidur berkala untuk mendapatkan pahala dan mendulang tenaga

7 Cara Bertahan Puasa Meski Tidak Sahur, tetap Kuat ya!pixabay/Olichel

Tidur akan menjadi pahala bila dilakukan tidak berlebihan dan seperlunya. Kalau berlebihan, akan banyak mudarat yang datang. Nah, salah satu tidur yang menjadi pahala adalah tidur yang dimanfaatkan untuk mengatur stamina tubuh agar lebih kuat berpuasa sampai magrib. Apalagi, jika kita tidak sempat menikmati makan sahur sebagai bekal tenaga saat puasa.

7. Keyakinan bahwa kamu akan mendapatkan nikmat di akhir puasa nanti

7 Cara Bertahan Puasa Meski Tidak Sahur, tetap Kuat ya!more.halaldiningclub.com

Apa pun yang terjadi pada hari itu, yakinlah bahwa waktu berbuka puasa hari itu akan jauh lebih nikmat. Seberapa besar ujian yang datang hari itu, dengan tubuh yang sangat minim bekal tenaga, peliharalah keyakinan tersebut. Kemudian, keyakinan itu pulalah yang akan memelihara diri dari sikap pesimis dalam menjalankan puasa, dan sebaliknya akan selalu optimis menikmati detik demi detiknya.

Gak sahur bukan berarti gak puasa lho, ya. Tetaplah kuat! Insyaallah puasamu jauh lebih berkah dan berpahala. Semangat, ya!

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Afif Permana Photo Community Writer Afif Permana

Hobi menulis, Menggambar, dan Desain Grafis.Twitter: @afif_permana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You