Comscore Tracker

5 Tips Bikin Materi Stand Up Comedy ala Komika Ridwan Remin

Yang mau jadi Stand Up Comedian, silakan....

Sebenarnya, belajar melucu di jalur stand up comedian itu susah-susah gampang. Susah, karena harus tampil sendirian dan harus siap dengan materi lucu serta mental panggung yang mantap. Gampang, karena ada teori-teori yang bisa dipelajari, meskipun setiap orangnya punya acara pemahaman sendiri-sendiri serta proses untuk bisa jadi lucu.

Oleh karena itu, butuh latihan dan belajar gigih untuk mendapatkan predikat lucu bagi seorang stand up comedian. Karena, mereka yang sudah profesional pun telah melalui banyak hal dan butuh waktu untuk bisa seperti itu.

5 Tips Bikin Materi Stand Up Comedy ala Komika Ridwan Remininstagram/@ridwanremin

Mengenai hal itu, beberapa stand up comedian profesional membagikan tipsnya dalam penampilan lucunya untuk kamu yang sedang belajar. Salah satunya Ridwan Remin, juara kompetisi Stand Up Comedy Indosiar 2017, yang kini sudah melanglang buana di dunia hiburan televisi dan layar lebar, serta masih terus berkomedi tunggal.

Berikut ini adalah beberapa poin tips praktis membuat materi lucu yang ia sampaikan  sendiri dalam channel YouTube-nya, yang mudah dipahami oleh siapa pun yang sedang belajar stand up comedy.

1. Tentukan dulu tema dan sudut pandang

5 Tips Bikin Materi Stand Up Comedy ala Komika Ridwan Reminunsplash/JESHOOTS.COM

Hal pertama yang dibutuhkan untuk menulis materi stand up comedy adalah menentukan tema yang berasal dari sebuah keresahan. Keresahan ini bisa dipahami sebagai segala sesuatu yang memancing sebuah respon aneh di pikiran kita, bisa jadi hal negatif atau pun positif. Dari keresahan itu, pahami temanya apa, lalu kuatkan dengan sudut pandang tertentu yang lebih memperjelas bagian yang akan dibuat lucu nantinya.

Contohnya adalah keresahan akan kemacetan di sebuah ruas jalan yang sering kita lalui. Hal itu bisa diangkat kepada tema kemacetan lalu lintas. Lalu diperkuat dengan sudut pandang kelakuan para pengendara sepeda motor.

2. Berikan sikap dalam materi stand up comedy-mu

5 Tips Bikin Materi Stand Up Comedy ala Komika Ridwan Remininstagram.com/cokipardedereza

Setelah sudut pandangnya didapatkan, yang diperlukan selanjutnya adalah sikap atas sudut pandang itu. Sikap itu bisa berupa kesal, sedih, takut, heran, senang, dan lain-lain. Jadi, untuk sudut pandang kelakuan pengendara sepeda motor di sebuah kemacetan lalu lintas, kita bisa mencoba mengambil sikap heran atau merasa aneh.

Baca Juga: Bahas Pemilu, Ini 5 Video Stand Up Comedy yang Bikin Ngakak

3. Perkuat alasan atas sikap yang diberikan

5 Tips Bikin Materi Stand Up Comedy ala Komika Ridwan Reminunsplash/@andrewtneel

Perkuatlah sikap tersebut dengan alasan kenapa kita bersikap demikian. Contohnya merasa heran karena pengendara sepeda motor di kemacetan lalu lintas itu berkelakuan semaunya, terus mengelakson, dan tidak ada yang mau mengalah sehingga terus berdesakan hingga amarah memuncak.

4. Turunan dari alasan atas sikap

5 Tips Bikin Materi Stand Up Comedy ala Komika Ridwan ReminUnsplash.com/@benchaccounting

Bagian ini adalah kelanjutan dari alasan yang menggiring materi kepada hal yang lucu pada bagian akhir. Di sinilah berbagai teori bisa dioptimalkan, terutama teori-teori dalam seni kebahasaan seperti majas. Di antara majas yang sering dia pakai adalah hiperbola, ironi, personifikasi (perumpamaan) dan lain-lain.

Contohnya, pengendara sepeda motor yang berkelakuan semaunya, terus mengelakson, dan tidak mau mengalah di sebuah kemacetan lalu lintas, seolah-olah di belakangnya ada gerombolan hewan buas lepas dan mengejar mereka.

5. Yang terpenting: Twist/Punch line

5 Tips Bikin Materi Stand Up Comedy ala Komika Ridwan Remininstagram.com/rigensih

Inilah sebuah final dari sebuah materi yang ditulis. Lucu atau tidaknya dilihat dari bagian ini, yaitu bagian plot. Sehingga, plot yang twist atau diputar maka akan menjadi sesuatu yang lucu.

Umumnya, punch line atau sesuai istilahnya, twist, akan menjadi lucu ketika ada pengalihan alur cerita ke sesuatu yang tidak tertebak sebelumnya. Bisa berupa kebalikan dari yang diharapkan atau diprediksi netizen, bisa pula mengambil pecahan alur cerita orag lain. Bisa juga dengan ‘act out’ atau tingkah laku yang membahasakan materi.

Contohnya, pengendara sepeda motor yang berkelakuan semaunya, terus mengelakson, dan tidak mau mengalah di sebuah kemacetan lalu lintas, seolah-olah di belakangnya ada gerombolan hewan buas lepas dan mengejar mereka pake motor juga.

Frase “pake motor juga” merupakan salah satu contoh twist atau punch line yang bisa diucapkan dengan jeda di awalnya serta penekanan agar jelas. Untuk menambah kelucuannya bisa dilanjutkan dengan detil seperti “gajah pake motor matic, kelinci pake skuter, dan kecoa pake moge”.

Bisa lebih lucu lagi ditambah dengan act out atau aksi yang menjelaskan setiap detil tersebut.

Nah, semua poin tersebut bisa dicoba oleh kamu yang sedang belajar menulis materi stand up comedy, biar terstruktur dan lucu.

Siapkan materi selucu mungkin dan banyak-banyak latihan. Kata Ridwan Remin, tips ini berguna bagi komika baru, karena belum punya persona seperti komika senior yang penulisan materinya sudah berbeda-beda sesuai karakter masing-masing.

Baca Juga: Bikin Ketawa Ngakak, 10 Komika yang Paling Pecah di Local Stand Up Day

Afif Permana Photo Community Writer Afif Permana

Hobi menulis, Menggambar, dan Desain Grafis.Twitter: @afif_permana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You