Comscore Tracker

5 Akibatnya Kalau Kamu Berteman Dekat dengan Orang yang Malas Kerja

#IDNTimesLife Kamu bisa-bisa ikutan malas lho!

Nasihat soal pentingnya memilih teman memang benar adanya, kita memang harus sangat hati-hati memilih teman yang dekat dengan kita karena seperti apa temanmu bisa mempengaruhimu juga. Dengan kata lain, jika temanmu orang yang ambisius maka kamu pun bisa jadi terbawa ambisiusnya seperti dia. Apalagi jika temanmu tipe orang yang malas, maka dekat-dekat dengannya bisa membuatmu jadi seperti dirinya pula.

Lalu apakah akibatnya kalau kamu berteman dekat dengan orang yang malas kerja? Lima akibatnya dibahas di bawah ini.

1. Kamu jadi ikut-ikutan santai dan malas

5 Akibatnya Kalau Kamu Berteman Dekat dengan Orang yang Malas KerjaIlustrasi malas(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seperti apa lingkungan sekitar dan orang-orang di dekat kita sebenarnya sangat berpengaruh pada diri kita, lho. Karena kalau kamu sering bersama dengannya yang suka bermalas-malasan, menganggap sepele pekerjaan, bisa-bisa ia mempengaruhi pola pikirmu kalau hidup gak perlu dianggap serius dan mau ikutan malas seperti dia.

2. Dia jadi parasit di dalam pertemanan

5 Akibatnya Kalau Kamu Berteman Dekat dengan Orang yang Malas KerjaIlustrasi bicara(pexels.con/Budgeron Bach)

Berteman dekat dengan orang yang malas kerja juga bisa merugikanmu, yaitu dengan dirinya yang sering menggantungkan diri padamu. Orang yang malas kerja tentu tak memiliki power apa-apa dalam hidupnya, bahkan mungkin sering kesulitan disebabkan oleh kemalasannya sendiri. Akibatnya dia pun menjadi parasit di dalam pertemanan yang selalu memanfaatkan dan bergantung pada orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan yang Akan Bangkitkan Semangat Kerjamu, Jangan Malas-Malasan!

3. Sering ngutang dengan berbagai alasan

5 Akibatnya Kalau Kamu Berteman Dekat dengan Orang yang Malas KerjaIlustrasi beri uang(pexels.com/Karolina Grabowska)

Kerja adalah satu-satunya cara bagi orang dewasa untuk bisa menghidupi dirinya sendiri dan memenuhi kebutuhan, kalau kerja saja malas tentu tak berpenghasilan yang cukup. Akibatnya, temanmu yang malas kerja itu malah sering ngutang, salah satunya padamu. Yakin hidupmu bakal nyaman kalau selalu diutangi teman? Yang ada malah harta dan hasil kerja kerasmu sendiri habis karena memberi pinjaman ke dia.

4. Meremehkan mimpimu dan menghilangkan motivasimu untuk kerja keras

5 Akibatnya Kalau Kamu Berteman Dekat dengan Orang yang Malas KerjaIlustrasi bicara(pexels.com/Cliff Booth)

Kalau memang dasar pribadinya pemalas maka mau kamu nasehati seperti apapun tak akan merubahnya, malahan bisa jadi kamulah yang terkena dampaknya. Ketika kamu mempunyai mimpi atau ambisi terhadap sesuatu, dia malah menurunkan semangatmu dan menghilangkan motivasimu untuk berjuang. Karena ya pola pikirnya adalah pola pikir orang malas dan gak bakal bisa supportive.

5. Dia bukan orang yang bisa membantumu atau sama-sama maju dalam karier

5 Akibatnya Kalau Kamu Berteman Dekat dengan Orang yang Malas KerjaIlustrasi stres(pexels.com/Yan Krukov)

Sesulit apapun kamu dalam pekerjaan dia gak bakal bisa bantu, karena untuk dirinya sendiri saja dia malas bekerja, kan. Selain itu tipe orang yang seperti ini juga bukanlah orang yang bisa kamu ajak sukses sama-sama. 

Itulah tadi beberapa akibatnya kalau kamu berteman dekat dengan orang yang malas kerja. Intinya, pilih-pilih lagi teman dekat dalam hidupmu, ya. Karena seperti apa sosok temanmu sedikit banyaknya juga akan membawa dampak pada dirimu.

Baca Juga: 5 Tanda Sifat Malas Telah Berakar dalam Dirimu, Yuk Segera Sadar!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya