Comscore Tracker

Bukan Meringankan, 5 Alasan Berutang Justru Memperberat Beban Hidupmu

Hidupmu gak bakal tenang kalau masih terlilit utang

Hidup tentunya gak bakal berisi senang-senang saja dan terkadang harus mengalami kesusahan, termasuk dalam segi finansial dan ekonomi. Meski cara terbaik untuk mengatasi kesulitan finansial ialah dengan bekerja lebih keras, namun tak dapat dipungkiri pula kalau ada sebagian orang yang mengatasinya dengan cara instan yaitu meminjam uang.

Padahal kalau dipikir-pikir, bukannya meringankan tapi berutang justru memperberat beban hidup. Kenapa seperti itu? Berikut ini adalah lima alasannya.

1. Kamu harus rutin membayar setiap tanggal perjanjian 

Bukan Meringankan, 5 Alasan Berutang Justru Memperberat Beban HidupmuPexels.com/Karolina Grabowska

Pertama-tama, alasannya kenapa berutang justru malah memperberat beban hidupmu ialah karena jika sudah berutang dengan seseorang, maka kamu pun harus membayar pada tanggal perjanjian, atau bahkan menyicilnya hingga lunas.

Bukankah jadinya membebani? Kamu yang tadinya mungkin bisa santai dan membelanjakan uangmu, malah tidak bisa karena harus membayar utang. Lebih membebani lagi kalau pinjamanmu berbunga dan harus menyicilnya dalam jangka waktu lama.

2. Hari-harimu gak tenang karena selalu memikirkan utang 

Bukan Meringankan, 5 Alasan Berutang Justru Memperberat Beban HidupmuPexels.com/Yan Krukov

Kemudian alasannya yang kedua kenapa berutang justru memperberat beban hidupmu ialah, karena setelah berutang maka hari-harimu pun gak bakal tenang karena selalu memikirkan utang.

Bekerja keras untuk membayar utang, pokoknya gak bisa sepenuhnya lega dalam menjalani hidup selama masih ada utang yang ditanggung. Bahkan selain membebani diri sendiri, utang juga membuatmu tertekan.

Baca Juga: Pertimbangkan dan Ketahui Bedanya: Utang Baik dan Utang Buruk

3. Gak bebas kemana-mana selama utang belum lunas 

Bukan Meringankan, 5 Alasan Berutang Justru Memperberat Beban HidupmuPexels.com/Austin Guevara

Gak bisa bebas kemana-mana dan berbahagia juga merupakan alasan lainnya kenapa berutang akan membebani hidupmu. Selama masih ada utang maka pola pikir pun jadi seperti ini, lebih baik uangnya digunakan untuk melunasi daripada bersenang-senang. Sehingga kebahagiaan dan momen liburanmu pun jadi terhalangi gara-gara utang.

4. Dililit utang membuatmu jadi sulit menabung 

Bukan Meringankan, 5 Alasan Berutang Justru Memperberat Beban HidupmuPexels.com/Andrea Piacquadio

Dililit utang juga akan menyulitkanmu menabung, dan ini merupakan alasannya yang keempat mengapa berutang justru membuat hidupmu terbebani. Meminjam uang mungkin bisa melegakan keadaanmu sementara, namun tidak untuk masa dimana utang tersebut belum lunas.

Bahkan sulit bagimu untuk menabung karena harus memenuhi kebutuhan dan juga membayar utang. Dari sini saja sudah bisa dilihat kalau utang malah mempersulit hidup.

5. Orang-orang yang tadinya dekat malah menjauh karena gak mau diutangi olehmu 

Bukan Meringankan, 5 Alasan Berutang Justru Memperberat Beban HidupmuPexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Dan alasannya yang terakhir mengapa berutang malah memperberat beban hidupmu ialah, karena orang-orang yang tadinya dekat bisa saja jadi menjadi sebab tidak mau diutangi olehmu. Gak semua orang itu tulus, dan siapa saja pasti risi kalau dipinjami uang berkali-kali. Sehingga tindakanmu yang mungkin suka berutang justru malah menyusahkan hidupmu sendiri, akibatnya kamu tidak punya siapa-siapa untuk dimintai tolong lagi.

Meminjam uang mungkin bisa melegakan hidupmu sementara, namun percayalah bahwa ke depannya justru bakal mempersulit hidupmu sendiri. Bahkan menambah-nambah beban hidup yang mestinya tak ada. Jadi jangan suka berutang, ya!

Baca Juga: 5 Tips Cegah Utang Pinjaman Online Tak Membengkak

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya